Cara Mengatasi Kursor Tidak Tampil Di Layar Laptop atau PC Untuk Windows

Cara Mengatasi Kursor Tidak Tampil Di Layar Laptop

Cara mengatasi kursor tidak tampil di layar laptop atau PC sangat mudah dilakukan, pada artikel ini kami akan memberikan beberapa langkah mengatasinyaKomputer merupakan perangkat elektronik yang sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan sehari-hari, mulai dari berlajar, bekerja, atau sekedar mencari hiburan. 

Komputer Jinjing seperti Laptop sangat mendukung mobilitas, dapat digunakan kapan dan dimana saja asalkan memilki daya baterai dan koneksi internet jika dibutuhkan. Selain itu, Laptop tidak memiliki ketergantungan dengan Mouse untuk melakukan navigasi karena memiliki Touchpad. 

Beda dengan komputer atau dikenal dengan PC, yang memiliki ketergantungan dengan Mouse untuk melakukan navgiasi saat melakukan segala kegiatan komputasi. 

Namun, para pengguna Laptop atau PC ternyata kerap memiliki masalah dimana kursor tidak mucul di layar atau tiba-tiba menghilang. Jika masalah seperti ini sedang kamu alami, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips atau cara mengatasi kursor Mouse tidak tampil di layar. 


Cara Mengatasi Kursor Tidak Tampil Dilayar Laptop

Berikut adalah beberapa cara mengatasi kursor yang tidak tampil di layar Laptop atau PC kamu : 

1. Restart Laptop / PC

Dengan merestart PC maka masalah-masalah sederhana seperti kursor yang menghilang akan kembali muncul. Namun biasanya hal ini bisa berhasil jika memang masalahnya ada pada Softwarenya saja. Namun jika sekiranya setelah melakukan Restart PC namun tidak memiliki perubahan, coba lakukan beberapa langkah pada point-point berikutnya. 

2. Coba Menggunakan Mouse Pada Port USB Lain

Komputer memiliki beberapa Port USB. Jika kamu mengalami masalah dimana kursor tidak tampil di layar komputer, kamu dapat mencoba menggunakan Mouse pada Port USB yang lain. 

3. Pastikan Mouse Dalam Keadaan Baik

Langkah berikutnya adalah pastikan Mouse dalam keadaan baik dan masih dapat digunakan dengan memeriksa kabelnya. Khusus yang menggunakan Mouse Wireless, kamu dapat memastikan apakah baterainya sudah habis atau belum. 

Tips point ini khusus untuk perangkat komputer yang memiliki ketergantungan dengan Mouse, seperti PC maupun Laptop yang memilik masalah pada Hardware (Touchpad). 

4. Pastikan Touchpad Dalam Keadaan Aktif

Khusus untuk point 4 berlaku untuk Laptop. Laptop biasanya memiliki tombol khusus diantara F1 hingga F12 atau dikombinasikan dengan tombol FN untuk mengunci Touchpad. Untuk memastikannya kamu cukup menekan tombol Touchpad (tombol yang memiliki icon Touchpad), dan cobalah untuk menggerakkan Mouse. Beberapa laptop memiliki lampu indikator khusus untuk mengetahui status Tiuchpad apakah Aktf maupun Nonaktif. 

5. Update Driver

Jika langkah-langkah diatas tidak membuahkan hasil, langakah selanjutnya adalah mengupdate Driver atau instal ulang Driver. Berikut adalah langkah-langkahnya : 

  • Buka menu "Run" dengan menekan tombol Windows + R
  • Kemudian ketik devmgmt.msc kemudian Enter untuk membuka menu Device Manager
  • Kemudian gunakan tombol navigasi (bawah) dan cari "Mice and other pointing Devices",
  • Lalu tekan tombol navigasi (kanan) untuk Expand Menu
  • Kemudian pilih Sub menu (HID-complicant mouse) lalu tekan Enter
  • Setelah itu buka Tab Menu "Driver", lalu klik tombol Tab dan pilih "Update Driver" lalu tekan Enter
  • Tunggu beberapa saat, lalu kamu dapat merestart Laptop / PC

6. Instal Ulang

Setelah mencoba beberapa tips diatas dan tidak juga berhasil, maka cara terakhir adalah menginstal ulang Laptop / PC. Instal ulang akan mereset sistem yang bermasalah khususnya pada kursor. Setelah install ulang kursor akan kembali muncul seperti semula. 


Dengan megikuti langkah-langkah diatas, kamu berhasil mengatasi kursor yang tidak tampil di layar laptop atau PC. Dengan begitu kamu dapat menggunakan laptop atau PC dengan normal kembali. 

Itulah beberapa langkah atau cara mengatasi kursor yang tidak tampil di layar laptop atau PC. Semoga informasi ini bermanfaat ya sob.