Ini Cara Mengatasi Laptop No Bootable Device, Untuk Semua Merk Laptop


Cara Mengatasi Laptop No Bootable Device


gadgetmiaw.com - "No bootable device" adalah pesan kesalahan umum yang muncul pada layar ketika laptop Anda tidak dapat menemukan perangkat bootable seperti hard drive atau solid state drive untuk booting sistem operasi. Masalah ini merupakan masalah umum dan dapat terjadi di segala merk laptop,s seperti Acer, Asus, Dell, Lenovo, MSI, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Laptop No Bootable Device

Jika laptop Anda mendapatkan pesan No Bootable Device seperti pada gambar diatas, langkah-langkah berikut ini mungkin dapat mengatasi masalah tersebut : 

1. Periksa dan Atur Pengaturan Boot di BIOS

Pastikan hard drive atau solid state drive terdeteksi di BIOS. Masuk ke BIOS dengan menekan tombol yang ditunjukkan pada layar boot, kemudian pastikan pengaturan boot diatur ke hard drive atau solid state drive yang mengandung sistem operasi.

2. Cek Kabel Hard Drive atau SSD

Buka bagian belakang laptop dan periksa apakah kabel hard drive atau SSD Anda terhubung dengan baik. Jika tidak, pasang kembali kabel dan pastikan kencang terpasang.

3. Coba Gunakan Bootable USB drive

Buat bootable USB drive dengan sistem operasi yang sama dengan laptop Anda. Colokkan USB drive dan atur pengaturan boot di BIOS agar dapat boot dari USB drive tersebut.

4. Periksa Hard Drive atau SSD

Jalankan perangkat lunak diagnostik untuk memeriksa hard drive atau SSD Anda. Jika ditemukan kerusakan atau error, maka hard drive atau SSD perlu diganti.

5. Bawa ke tempat service

Jika tidak berhasil mengatasi masalah di atas, bawa laptop ke tempat service resmi atau teknisi yang berpengalaman untuk memperbaikinya.

Disclaimer!

Bagi Anda yang belum paham atau awam sekali dengan barang elektronik khsusunya laptop, jangan mencoba membuka laptop dan mencoba memperbaikinya sendiri. Hal ini dapat mengakibatkan laptop rusak dan yang sering terjadi adalah terdapat sompel pada casing laptop bahkan bisa mengakibatkan patah. Jika Anda tidak begitu memahami, ada baiknya bawa kepada ahlinya misalnya teman Anda yang mengerti atau bawa ke tempat service yang terpercaya agar masalah dapat diatasi dengan benar.

Akhir kata, itulah beberapa langkah atau cara mengatasi laptop No Bootable Device. Semoga artikel ini mermanfaat ya sob!