Tips Menjaga Layar Laptop Supaya Awet dan Tahan Lama

Tips Menjaga dan Merawat Layar Lapto Supaya Awet dan Tahan Lama

gadgetmiaw.com - Laptop merupakan salah satu alat elektronik yang cukup penting yang membantu segala kebutuhan seperti bekerja, belajar, hingga mencari hiburan. Laptop memiliki perangkat keras yang cukup rentan rusak, yaitu layar. 

Jumlah biaya mengganti layar laptop terbilang besar, saat menelusuri toko online atau E-Commerce layar Laptop dijual dengan harga 500 ribuan hingga 1 jutaan rupiah (belum lagi ongkos pasang di toko komputer). 

Mengingat hal itu, alangkah baiknya pengguna dapat menjaga layar laptop supaya dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama dan untuk menghindari hal yang tak diinginkan. 

Sebenarnya menjaga layar laptop untuk tetap awet dan tahan lama sangatlah mudah, Anda tak membutuhkan modal besar untuk perawatan.


Tips Menjaga Layar Laptop Supaya Awet dan Tahan Lama


Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga layar laptop agar tetap terjaga kualitasnya:

1. Hindari Menyentuh Layar

Layar laptop sangat sensitif, oleh karena itu hindari menyentuhnya dengan tangan atau benda apapun yang tidak bersih karena dapat meninggalkan noda atau goresan pada layar. Bagi Anda yang memiliki laptop Touch Screen, jangan menekan layar laptop terlalu kuat dan segera bersihkan layar laptop setelah beraktifiktas. 

2. Bersihkan Layar Secara Rutin

Bersihkan layar laptop secara rutin menggunakan kain microfiber yang lembut dan tidak kasar. Gunakan air atau cairan pembersih khusus layar laptop, atau campuran air dan alkohol isopropil untuk membersihkan layar laptop dari kotoran dan noda. Hindari penggunaan bahan pembersih kasar atau bahan kimia yang keras yang dapat merusak permukaan layar.

3. Jangan Menekan Layar atau Pastikan Layar Laptop Tidak Tertekan

Hindari menekan layar laptop dengan benda-benda keras atau memasukkan benda ke dalam layar karena dapat merusak layar. 

Jangan membiasakan menaruh benda diatas laptop, karena ini juga dapat membahayakan layar laptop sehingga mudah rusak. 

4. Lindungi Layar Saat Transportasi

Jika Anda sedang berpergian dan membawa laptop dalam tas, pastikan layar laptop tidak tertekan dengan benda-benda keras yang ada didalam tas. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, Anda dapat memasukkan laptop kedalam case khusus dengan busa lembut atau dapat membalutnya dengan kain berbahan tebal. 

5. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Hindari penggunaan laptop dalam paparan sinar matahari langsung karena dapat merusak layar. Jika sedang berada di luar (Outdoor), Anda dapat menggunakan laptop ditempat teduh untuk mencegah paparan sinar matahari yang langsung mengenai laptop. 



Akhir Kata

Dengan mengikuti tips-tips di atas, layar laptop dapat terjaga kualitasnya sehingga tetap terlihat bersih, jernih, dan bebas dari noda atau goresan. Semoga tips menjaga layar laptop ini bermanfaat ya!