Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tanda-Tanda IC Power Hp Android Rusak, Kenali Penyebabnya dan Biaya Perbaikinya

 

Tanda IC Power Hp Android Rusak, Kenali Penyebabnya

gadgetmiaw.com - Setiap smartphone memiliki berbagai komponen yang terpasang, dan memiliki fungsi yang berbeda-beda. IC Power merupakan salah satu komponen penting yang ada pada hp Android. 

Apa Itu IC Power?

IC Power merupakan salah satu komponen Inti di gadget seperti Smartphone, yang berfungsi untuk membagikan tegangan daya ke komponen lain seperti layar dan sinyal. Maka dari itu, ketika hp mati total sering kali disebabkan karena adanya kerusakan pada IC Power. 


Tanda- Tanda IC Power Hp Android Rusak

Ada beberapa tanda yang menunjukan bahwa IC Power hp rusak, diantara lain adalah : 
  • Hp mati total, bahkan tidak ada getar ketika tombol power ditekan
  • Hp tidak bisa di Charge / Cas, bahkan tidak menampilkan informasi pada layar sedang mengisi daya
  • Saat di Charge, hp terasa panas
  • Masalah pada sinyal yang tidak stabil, sering hilang, dan terkadang kartu SIM tidak terbaca
  • Hp sering mati sendiri tanpa sebab
  • Baterai tidak dapat terisi penuh, walaupun telah di Charge selama apapun
  • Sering gagal melakukan panggilan telepon, dan mendadak mati saat melakukan panggilan baik pada saat ingin menelepon orang lain maupun menerima telepon
  • IC Power tidak memiliki tegangan, aau IC Power tidak bekerja dengan semestinya


Penyebab IC Power Rusak

Ada beberap kemungkinan yang menyebabkan IC Power hp rusak, walaupun beberapa waktu lalu kamu dapat menggunakan hp dengan normal. Beberapa penyebab IC Power hp rusak diantara lain adalah : 
  • Sering Charge hp dalam waktu yang lama
  • Hp sering panas karena kegiatan-kegiatan berat seperti memaksa bermain game atau sebagainya
  • Komponen hp sering erkena air, yang menyebabkan korosi pada komponen dalam
  • Hp sudah terlalu tua yang membuat komponen ikut melemah
  • Keseringan menghubungkan hp ke perangkat seeprti Speaker

Apakah IC Power Hp Bisa Diperbaiki? 

IC Power tidak bisa diperbaiki, namun dapat diganti dengan yang baru. Kamu dapat membawa hp kamu ke service center tedekat di kota kamu. Biaya ganti IC Power tergantung dari tipe hp yang digunakan dan tingkat kesulitannya. 

Namun jika hp kamu masih memiliki masa garansi, lebih baik bawa ke service center resmi dan kemungkinan akan diberikan dengan unit yang baru. 

Biaya ganti IC Power hp biasanya antara Rp.200.000 hingga Rp.300.000. Namun jika Motherboardnya juga harus diganti, maka harganya akan lebih mahal yaitu Rp.500.000 hingga Rp.600.000.


Kesimpulan

Jadi IC Power ini dapat diganti dengan IC Power yang baru, namun biaya yang dikenakan akan berbeda berdasarkan dengan tipe hp dan tingkat kesulitannya. IC Power bukan hanya rusak dikarenakan umur hp yang sudah tua, namun juga kesalahan dalam penggunaannya. 

Misalnya seperti melakukan Charge terlalu lama, memaksa hp untuk melakukan kegiatan yang berat hingga keseringan panas, atau kesalahan yang tidak disengaja seperti terkena air yang menyebabkan masuk kedalam komponen dalam hp. Untuk mecegah rusaknya IC Power, kamu dapat mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk dalam menggunakan hp dan taruhlah hp ditempat yang jauh dari air. Semoga informasi ini bermanfaat ya!
M.A
M.A Writer & Accountant
close