Perbedaan Sony Docomo, Au, Softbank dan Global

 

Perbedaan Sony Docomo, AU, Softbank dan Global

gadgetmiaw.com - Perbedaan Sony Docomo, Au, Softbank dan Global - Para pengguna smartphone Sony pasti tidak asing dengan istilah Docomo, Au, Softbank maupun Global. Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita mengapa sebuah smartphone khususnya Sony yang kita bahas kali ini begitu banyak pilihan yang demikian. 

Docomo, Au, Softbank merupakan nama perusahaan operator seluler yang ada di jepang. Contohnya seperti Telkomsel. Inodosat, XL dan Smartfren yang ada di Indonesia. Namun, dari ketiga perusahaan yang disebutkan tadi, yang paling populer adalah Docomo, yang seolah mewakili ponel-ponsel versi jepang lainnya.

Lah, kok versi Jepang? 

Iya benar, smartophone dengan label Docomo, Au, dan Softbank sebenarnya susah ditanamkan operator versi Jepang yang dijual dengan sistem kredit, dan sudah berlangganan operator yang sesuai dengan bundlingnya. 

Masyarakat Jepang yang akan membeli smartphone disana harus mendaftarkan oeprator selulernya terdahulu, sebelum membeli smartphone yang mereka inginkan. Setelah memilih dan menentukan pilihan tagihan pascabayar maupun prabayar pada operator yang diinginkan, barulah mereka dapat membeli smartphone nya. Logo perusahaan operator di Jepang seperti Docomo, Au, maupun Softbank yang ada diluar (casing) maupun didalam sistemnya, merupakan tanda bahwa smartphone itu divendori oleh perusahaan operator Jepang seperti yang disebutkan. Jadi sederhananya, smartphone Docomo hanya bisa menggunakan kartu Docomo, begitu juga dengan Au dan Softbank. 

Nah, pasti kamu muncul pertanyaan kenapa hp Docomo, Au dan Softbank bisa dipakai di Indonesia dengan menggunakan kartu-kartu operator di Indonesia. 

Pada saat Seller di Indonesia mengorder smartphone Docomo, Au dan Softbank. Mereka meminta kode Unlock SIM atau aktivasi perangkat SIM masing-masing dari vendor perusahaan operator Jepang itu. Maka dari itu, jangan di herankan lagi jika smartphone dengan embel-embel Docomo, Au dan Softbank dapat menggunakan kartu operator di Indonesia. 

Nah, setelah membaca penjelasan mengenai Docomo, Au dan Softbank, mari simak perbedaannya dengan versi global. 

Perbedaan Sony Docomo, Au, Softbank (Versi Jepang) dengan Versi Global

Perbedaan Fisik

Dari bentuk Sony versi Jepang dan Global memiliki bentuk yang sama dari segala sudut, nyaris tida ada yang beda. Hanya saja, untuk Sony versi Jepang biasanya memiliki logo atau embel-embel khusus seperti Docomo, Au maupun Softbank dibelakang cover. Sedangkan versi Global, hanya bertiskan Sony saja. 

Perbedaan ROM 

Yang membedakan antara hp Sony versi Jepang dan versi Global adalah ROM nya. Sony versi Jepang menggunakan ROM versi jepang, begitu juga Sony versi Global. Untuk mengecek ROM apa yang digunakan oleh hp Sony kamu, kamu dapat membuka kartu, kemudian dibelakang papan kartu tersedia semacam label khusus dengan kode yang sesuai dengan ROM. Misalnya 501SO, E6553, SO-03G dan sebagainya. Untuk melihat di sistem, kamu dapat melihatnya di Setting kemudian pilih Tentang Ponsel atau About Phone, disana tertera Nomor Model nya yang merupakan kode ROM. 

Jumlah SIM

Perbedaan yang paling mencolok yang membedakan hp Sony versi Jepang dan Global adalah, dengan melihat jumlah slot SIM yang disediakan. Hp Sony versi Jepang hanya menyediakan Single SIM, sedangkan versi Global menyediakan Dual SIM. 

Sinyal

Di Indonesia, sinyal hp Sony versi Jepang lebih lemah dibandingkan dengan versi Global. 

NFC

Sony versi Global tidak dapat menggunakan fitur NFC, sedangkan Sony versi Jepang sudah support NFC. Maka dari itu, jika Sony versi Jepang menggunakan ROM Global, maka tidak dapat lagi menggunakan fitur NFC seperti pada saat menggunakan ROM versi aslinya. 

Harga

Kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas harga. FYI Harga Sony versi Jepang memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga hp Sony versi Global. Hp Sony versi Jepang yang masuk ke Indonesia rata-rata dalam keadaan bekas atau Second, maka tak heran jika harganya lebih murah. Apalagi para seller  dari Indonesia mengimpor hp Sony versi Jepang secara  grosir besar-besaran, maka jangan heran harganya jauh lebih murah dibandingkan versi Global. 

Nah guys, itulah beberapa perbedaan antara Sony Docomoi, Au, Softbank dan Global. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah informasi untuk teman-teman semua, khususnya dapat membedakan antara hp Sony versi Jepang dan Versi Global. 

Iska Maulana
Iska Maulana A Content Creator, Designer CAD 3D & Mechanical Engineering. I like technology!