Spesifikasi Google Pixel 4a 5G, Masih Worth It Untuk Tahun 2022?

Spesifikasi Google Pixel 4a 5G


gadgetmiaw.com - Google Pixel 4a 5G dirilis secara global pada 5 November tahun 2020 yang lalu. Hp ini adalah salah satu hp besutan dari Google, yang turut hadir menyempurnakan Google Pixel 4a versi sebelumnya. Tentunya produk dari Google tidak pernah mengecewakan penggunanya, dan turut menawarkan berbagai keunggulan. 

Mengingat hp ini hampir genap 2 tahun setelah perilisannya, apakah hp ini masih cocok digunakan ditahun 2022? untuk membandingkannya kamu dapat melihat spesifikasi Google Pixel 4a 5G sebagai berikut. 


Spesifikasi Google Pixel 4a 5G

Body

Google Pixel 4a 5G ini memiliki dimensi body 153.9 x 74 x 8.2 mm, dengan berat 168 gram. Untuk bulidnya, hp ini menggunakan material plastik untuk bodi belakang dan framenya. 

Layar

Hp ini dibekali dengan layar berpanel OLED, yang berukuran 6.2 inchi. Memiliki resolusi layar 1080 x 2340 pixel dengan rasio screen to body sebesar 84%. Hp ini juga dibekali dengan Corning Gorilla Glass 3 yang dipercayai untuk memproteksi layarnya. 

Dapur Pacu

Bicara soal dapur pacu, hp ini menggunakan Chipset Qualcomm Snapdragin 765G. Sedangkan untuk pengolah grafisnya hp ini mengandalkan GPU Adreno 620. 

Memori

Secara global hp ini hanya memiliki 1 varian memori saja, yaitu 6 GB / 128 GB. Sayangnya hp ini tidak menyediakan slot untuk MicroSD untuk menambah kapasitas penyimpanan sekiranya penyimpanan yang disediakan tidak mencukupi menampung data. 

Kamera

Google Pixel 4a 5G dibekali dengan dual kamera belakang yang beresolusi 12.2 MP (Wide) + 16 MP (Ultrawide). Kamera belakangnya sudah mendukuk perekaman video 4K, yang akan menghasilkan video yang lebih jernih. Kamera belakangnya sudah memiliki OIS yang merupakan fitur stabilisasi gambar yang dapat mengatasi gambar buram akibat getaran saat memotret. 

Sedangkan untuk kamera depannya dibekali dengan single camera yang beresolusi 8 MP (Wide), yang dapat memenuhi kebutuhan selfie penggunanya. Namun sayangnya untuk kamera depan tidak mendukung perekaman video 4K seperti yang ada pada kamera belakang. 

Baterai

Untuk urusan daya, Google Pixel 4a 5G ini dibekali dengan baterai lebih besar dari Google Pixel 4A sebelumnya 3140 mAh, Google Pixel 4a 5G memiliki baterai berkapasitas 3885 mAh yang sudah mendukung Fast charging 18W. Ukuran kapasitas baterai ini tergolong kecil mengingat hp jaman sekarang sudah dibekali dengan kapasitas baterai yang lebih besar. 

Fitur Lainnya

Seperti smartphone yang lain, rasanya tidak lengkap jika tidak dibekali fitur Fingerprint. Hp ini dibekali dengan Fingerprint yang terletak di bagian belakang. Selain itu juga dibekali dengan fitur Compass, Barometer, Accelerometer, Gyro dan Proximity. 


Baca juga : Jangan Salah, Inilah Perbedaan Google Pixel 3 dan 3A


Kesimpulan

Spesifikasi yang dibekali pada Google Pixel 4a 5G ini mungkin dapat bersaing dengan smartphone terbaru saat ini. Sudah menggunakan chipset yang tangguh, mendukung perekaman video hingga kualitas 4K, RAM dan penyimpanan yang besar, apalagi sudah mendukung jaringan 5G. Sayangnya, baterai yang digunakan terlalu kecil jika dibandingkan dengan smartpone terkini yang sudah memiliki kapasitas baterai hingga 5000 mAh atau lebih.