Jangan Salah, Inilah Perbedaan Google Pixel 3 dan 3A

Jangan salah beli, inilah perbedaan Google Pixel 3 dan Google Pixel 3A.
Perbedaan Google Pixel 3 dan 3A

gadgetmiaw.com - Google Pixel 3 dan 3A merupakan 2 smartphone andalan Google yang cukup populer pada masanya. Dua smartphone ini dirilis pada waktu yang berbeda, Google Pixel 3 dirilis pada November tahun 2018 sedangkan Google Pixel 3A dirilis pada Mei 2019. 

Walaupun 2 smartphone tersebut sudah dirilis beberapa tahun yang lalu, ternyata masih banyak peminatnya. Alasan utama mengapa hp ini masih banyak peminatnya karena Google Pixel memiliki kualitas kamera yang tidak mengecewakan, serta desain dan ukuran yang compact. Apalagi sekarang ini kedua smartphone tersebut dijual dengan harga yang lebih murah yang dapat dibeli di toko online (E-Commerce). 

Bagi kamu yang berencana membeli Google Pixel 3 atau Google Pixel 3A, ada baiknya mengetahui dulu perbedaan antara keduanya. 


1. Tampilan 

Perbedaan Google Pixel 3 dan 3A

Perbedaan yang paling mencolok diantara Google Pixel 3 dan Google Pixel 3A adalah tampilannya.     Google Pixel 3 menggunakan layar panel  P-OLED, sedangkan Google Pixel 3A menggunakan layar dengan panel OLED. 

Bicara soal ukuran layar, Google Pixel 3 memiliki ukuran layar 5,5 inchi dengan resolusi 1080 x 2160 pixel dan sudah di proteksi dengan Corning Gorilla Glass 5. Sedangkan Google Pixel 3A memiliki ukura layar yang sedikit lebar yaitu 5,6 inchi dengan resolusi 1080 x 2220 yang sudah diproteksi dengan Asahi Dragontrail Glass. 

Untuk ukuran dimensinya, Google Pixel 3 memiliki dimensi 145.6 X 68.2 X 7.9 mm dengan berat 148 g, sedangkan Google Pixel 3A memiliki dimensi lebih lebar yaitu 151.3 x 70.1 x 8.2 mm dengan berat 147 g. 


2. Dapur Pacu

Perbedaan diantara Google Pixel 3 dan Google Pixel 3A juga terdapat pada dapur pacunya. Google Pixel 3 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 845 (10 nm) dengan GPU Adreno 630 , sedangkan Google Pixel 3A menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 670 (10 nm) dengan GPU Adreno 615 pengolah grafis. 



3. Kamera

Perbedaan berikutnya juga terdapat pada sektor kamera depan (selfie). Google Pixel 3 memiliki 2 sensor kamera depan 8 MP (Wide) PDAF dan 8 MP (Ultrawide) no AF, yang sudah dilengkapi dengan fitur Auto-HDR. Sedangkan Google Pixel 3 A hanya dibekali dengan satu kamera 12 MP ( Wide) dengan fitur HDR. 


4. Jack Audio

Jika kamu ingin mendengarkan musik maupun mengobrol via telepon dengan mengguanan Earphone atau Headset dengan kabel, kamu hanya dapat melakukannya di Google Pixel 3A karena tersedia port Audio Jack 3,5 mm. Sedangkan untuk Google Pixel 3 tidak tersedia port Audio Jack sehingga penggunanya harus menggunakan Earphone nirkabel/wireless.


5. Memori

Perbedaan Google Pixel 3 dan Google Pixel 3 A juga terdapat pada sektor memori. Kedua ponsel Google tersebut hanya memiliki 1 varian kapasitas RAM yaitu 4 GB, yang membedakan diantara keduanya adalah Google Pixel 3 memiliki ruang penyimpanan 128 GB sedangkan Google PIxel 3A hanya memiliki ruang penyimpanan 64 GB. Untuk informasi selanjutnya, kedua ponsel ini tidak memiliki slot kartu memori tambahan.


6. Baterai

Perbedaan terakhir diantara Google Pixel 3 dan Google Pixel 3A adalah pada sektor baterai. Google Pixel 3 dibekali dengan baterai berkapasitas 2.915 mAh yang mendukung fast charging 18W dan Wireless Charging. Sedangkan Google Pixel 3A dibekali dengan kapasitas baterai yang lebih besar yaitu 3.000 mAh yang sudah mendukung fast charging  18W namun tidak mendukung Wireless Charging. 


Akhir kata, itulah beberapa perbedaan antara Google Pixel 3 dan Google Pixel 3A. Jadi dengan membaca beberapa perbedaan diatas kamu dapat mempertimbangkan kembali, ponsel mana yang lebih cocok untuk kamu beli. Sayangnya untuk memiliki ponsel ini kamu hanya dapat membelinya dalam keadaan seken di toko online, dengan harga dan kondisi yang berbeda-beda.

A Content Creator, Design CAD 3D, i like all about Technology.