Kenapa Google Pixel Tidak Masuk Indonesia secara Resmi? Ini Alasannya

Kenapa Google Pixel Tidak Masuk Indonesia secara Resmi?

gadgetmiaw.com - Sebagai pemiliki sistem operasi Android seperti yang kita gunakan sehati-hari, tentuya Google juga membuat ponsel pintar sendiri yang bernama Google Pixel. Smartphone andalan Google ini cukup memiliki daya tarik tersendiri khususnya dengan adanya Google Camera / GCam yang dapat menangkap foto dengan kualitas terbaik. Mungkin kamu sendiri tidak asing lagi dengan namanya, namun penasaran gak sih kenapa Google Pixel tidak masuk Indonesia secara resmi? 


Kenapa Google Pixel Tidak Masuk Indonesia Secara Resmi? 

Google Pixel merupakan salah satu smartphone yang cukup diminati khsususnya masyarakat Indonesia karena memiliki keunggulan pada kameranya. Namun sayangnya, Google Pixel tidak dipasarkan secara resmi di Indonesia. 

Menurut data yang kami dapatkan di situs Dataindonesia.id, Indonesia masuk kedalam 8 negara dengan pengguna smartphone terbanyak di dunia yang menempati posisi ke empat pada tahun 2022. 


Kenapa Google Pixel Tidak Masuk Indonesia secara Resmi?
Source : Dataindonesia.id

Mengingat Indonesia merupakan salah satu negara pengguna smartphone dunia, kenapa Google tidak memasarkan ponsel andalan mereka ke Indonesia? 

Ternyata Google memiliki alasan sendiri kenapa beberapa negara termasuk negara kita tidak termasuk target pasar untuk ponsel canggih ini. Alasannya karena Google Pixel memiliki fitur yang bernama Motion Sense.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengendalikan ponsel dengan gerakan tangan dan menggunakan teknologi radar Soli yang terintegrasi di dalamnya.

Dengan Motion Sense, pengguna dapat menyalakan atau mematikan musik, menjawab panggilan, atau menolak panggilan hanya dengan gerakan tangan tanpa harus menyentuh ponsel. Pengguna juga dapat melompati trek musik dengan menggerakkan tangan ke kiri atau kanan, atau mengatur alarm dengan menggerakkan tangan di atas ponsel.

Fitur ini dianggap alasan kenapa Google Pixel kurang diterima oleh beberapa negara yang memiliki keterkaitan lisensi Spektrum yang bekerja melalui frekuensi 60Hz. Untuk menggunakan fitur tersebut, produsen harus memiliki izin dari negara tujuan. 

Hal ini menjadi alasan kenapa Google Pixel tidak dijual di Indonesia secara resmi, selain Indonesia juga ada India dan Jepang yang tidak mengizinkan fitur itu ada pada ponsel yang dijual ke negaranya. 

Walaupun begitu, Google juga berupaya menjual smartphone mereka ke beberapa negara tujuan seperti India dan Jepang dengan cara mematikan fitur tersebut. Smartphone yang berhasil mereka jual ke negara-negara tersebut adalah Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL. Belum ada alasan dari Google kenapa produknya tidak dijual resmi di Indonesia walaupun tanpa fitur tersebut seperti yang dipasarkan di India dan Jepang. 


Penutup

Itulah alasan kenapa Google Pixel tidak masuk Indonesia secara resmi. Ternyata ini terkait dengan sebuah fitur, sehingga beberapa negara termasuk Indonesia tidak mengizinkan fitur tersebut ada pada smartphone yang dijual ke negaranya. Namun mengingat smartphone ini memiliki keunggulan dan memiliki ketertarikan tersendiri, kamu dapat membelinya melalui toko online atau E-Commerce yang ada di Indonesia maupun luar negeri.