Cara Cek BIOS atau UEFI di Laptop atau PC Degan Mudah

 


gadgetmiaw.com - BIOS (Basic Input/Output System) dan UEFI (Unified Extensible Firmware Interface) adalah program firmware yang digunakan untuk menginisialisasi dan mengontrol perangkat keras di komputer saat pertama kali dihidupkan. Namun, UEFI adalah versi yang lebih baru dan canggih dan mendapatkan beberapa peningkatan dari BIOS.

UEFI dirancang untuk meningkatkan kemampuan pengaturan dan keamanan pada sistem komputer, serta meningkatkan kemampuan sistem operasi untuk mengakses dan mengelola perangkat keras. Beberapa fitur UEFI meliputi:
  • Dukungan untuk partisi hard disk yang lebih besar dari 2 TB.
  • Boot yang lebih cepat dan dapat diatur melalui antarmuka pengguna grafis (GUI).
  • Dukungan untuk mengakses jaringan dan melakukan boot melalui jaringan.
  • Secure Boot, yang memastikan hanya perangkat lunak yang sah dan telah diberi tanda tangan digital yang dapat di-boot pada sistem.
  • Mode Legacy BIOS, yang memungkinkan sistem operasi lama yang hanya mendukung BIOS untuk tetap diinstal pada hardware modern yang menggunakan UEFI.


Perbedaan BIOS dan UEFI

Berikut adalah perbedaan antara BIOS dan UEFI:

  • UEFI lebih modern daripada BIOS dan memiliki banyak fitur tambahan seperti dukungan untuk drive hard disk berukuran besar, kemampuan boot yang lebih cepat, dan kemampuan mengakses jaringan sebelum sistem operasi dimuat.
  • UEFI memiliki antarmuka pengguna yang lebih mudah digunakan dan dapat disesuaikan dengan pengaturan firmware komputer yang lebih baik daripada BIOS.
  • UEFI memiliki mode Legacy BIOS yang memungkinkan sistem operasi lama yang hanya mendukung BIOS untuk tetap diinstal dan berjalan pada hardware modern yang menggunakan UEFI.
  • UEFI memiliki keamanan yang lebih baik daripada BIOS, seperti Secure Boot, yang memungkinkan komputer hanya boot dengan perangkat lunak yang telah diberi tanda tangan digital.

Cara Cek BIOS atau UEFI Di Laptop atau PC

Untuk mengecek BIOS atau UEFI di Laptop maupun PC sangat mudah sob, berikut adalah langkah-langkahnya : 

1. Buka Run 

Supaya lebih muda, kamu cukup dengan menekan tombol Shortcut Windows + R untuk membuka jendela Run

2. Ketik Perintah

Kemudian ketik perintah msinfo32, kemudian kamu akan tampil jendela baru yang berisi informasi 




3. Cek Informasi BIOS atau UEFI

Setelah itu kamu dapat mendapatkan informasi apakah laptop kamu menggunakan BIOS atau UEFI seperti pada gambar diabwah ini : 

Cara Cek BIOS atau UEFI di Laptop atau PC Dengan Mudah


Sebenarnya ada beberapa cara untuk cek UEFI atau BIOS, namun menurut kami ini adalah cara paling mudah tanpa menggunakan CMD sama sekali. 


Penutup

Akhir kata, secara keseluruhan UEFI adalah versi yang lebih modern, canggih, dan memiliki lebih banyak fitur daripada BIOS. Namun, beberapa sistem lama mungkin masih menggunakan BIOS karena perangkat keras mereka tidak kompatibel dengan UEFI. 

Sekian artikel yang membahas cara cek BIOS atau UEFI di laptop atau PC, dengan mengikuti langkah-langkah diatas kamu jadi tau cara memeriksa apakah laptop menggunakan BIOS atau UEFI. semoga informasi ini bermanfaat ya sob!