Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Update Atau Error Kembali Normal Lagi

Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Update

Cara mengatasi Windows 10 tidak bisa update atau error saat ingin mengupdate Windows merupakan hal yang sering dicari oleh pengguna Windows, pasalnya pengguna kerap mengeluh dengan adanya masalah Window1 10 mereka tidak bisa update. 

Windows 10 telah dirilis pada tahun 2015 yang lalu, dan hingga kini Windows 10 merupakan OS yang paling banyak digunakan diseluruh dunia. Tidak heran perusahaan teknologi ini memberikan pembaharuan / update secara berkala yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman yang lebih baik bagi penggunanya. 

Namun, update Windows 10 ini tidak selalu berhasil bahkan masih banyak kasus Windows 10 tidak bisa update karena ada alasan-alasan tertentu. Karena kegagalan update ini, tentu akan membuat Windows 10 tidak dapat berjalan secara optimal dan berpotensi terjadinya Blue Screen. 

Penyebab kenapa Windows 10 tidak bisa update adalah disebabkan oleh gangguan eksternal, seperti laptop mati mendadak karena kehabisan daya baterai dan koneksi internet yang bermasalah. 


Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Update

Nah, bagi kamu yang sedang mengalami Windows 10 tidak bisa update, coba ikuti langkah-langkah mengatasinya sebagai berikut : 

1. Restart Laptop

Langkah pertama dalam mengatasi Windows 10 tidak bisa update adalah dengan melakukan restart laptop. Ini adalah langkah paling utama karena dalam beberapa kasus, masalah Windows 10 tidak bisa update dapat diperbaiki dengan cara merestart laptop. 

2. Mengganti Koneksi Internet

Setelah merestart namun tidak ada hasilnya, langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah mengganti koneksi internet. Gunakan koneksi internet WiFi dengan jaringan yang lebih bagus. Untuk melakukan update Windows 10 tidak disarankan menggunakan jaringan dari data seluler ya!

3. Melakukan Troubleshooting Windows Update

Cara mengatasi Windows 10 tidak bisa update selanjutnya adalah dengan memperbaiki masalah pada fitur update menggunkan Troubleshoting Update. Berikut adalah langkah-langkahnya : 

  • Klik ikon Start menu
  • Pilih Settings
  • Pilih Update & Security
  • Pilih Troubleshoot dan klik Additional troubleshooters
  • Jika sudah terbuka halaman settingan baru, pilih Windows Update dan Run Troubleshooter

4. Bersihkan File Cache System pada Windows

Cache memiliki peran dalam mempercepat akses data pada komputer, ini dikarenakan cache menyimpan data maupun informasi yang telah diakses oleh suatu Buffer sehingga dapat meringkankan prosesor. Namun jika file cache yang sudah menumpuk juga tidak baik dan dapat menimbulkan berbagai masalah yang bekaitan dengan kinerja laptop. Misalnya seperti program yang error, laptop menjadi lebih lemot, hingga gagalnya menjalankan Windows Update. Berikut langkah membersihkan cache pada laptop : 

  • Tekan Windows + R secara bersamaan
  • Ketik %temp% lalu tekan Enter
  • Hapus semua file cache dalam folder tersebut, jika ada file yang tidak dapat dihapus cukup di Skip
  • Restart kembali laptop kamu dan coba jalankan Windows Update

5. Windows Update Dalam Keadaan Disable

Windows 10 tidak bisa update juga dapat disebabkan oleh disable nya service Windows Update. Mungkin hal ini dikarenakan anda lupa mengaktifkan kembali setelah sebelumnya mematikan Windows Update dengan alasan tertentu. Berikut adalah cara mengaktifkan Windows Update ikuti langkah-langkah berikut : 

  • Langkah pertama adalah buka Task Manager atau menggunakan shortcut dengan menekan CTRL + SHIFT + ESC
  • Setelah itu klik Services pada menu Bar diatasnya
  • Klik Open Services yang ada dibagian bawah sebelah kanan
  • Jika jendela baru telah terbuka, scroll kebawah hingga kamu menemukan Windows Update
  • Setekah itu kamu dapat mengklik 2 kali pada Windows Update dan pilih Automatic pada Startup Type

Akhir kata, itulah beberapa cara mengatasi Windows 10 tidak bisa update. Menjalankan Windows Update sangat penting bagi laptop, karena selain meningkatkan fitur beserta fungsionalnya, juga dapat meningkatkan sistem keamanan pada Windows 10. Jadi menjalankan Windows Update ini banyak manfaatnya, dianjurkan untuk menjalankan fitur ini secara berkala maupun dapat diaktifkan secara otomatis. 

Akhir kata, itulah cara mengatasi Windows 10 tidak bisa update atau error saat ingin melakukan pembaruan Windows. Dengan mengkuti langkah-langkah diatas diharapkan dapat mengatasi masalah ini, sehingga dapat melakukan pembaruan pada Windows 10 dengan normal kembali. Semoga informasi ini bermanfaat ya sob!