Kipas Laptop Bising? Begini Cara Mengatasi Kipas Laptop Berputar Kencang

Cara Mengatasi Kipas Laptop Berputar Kencang

gadgetmiaw.com - Laptop merupakan salah satu gadget yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Laptop dapat mempermudah segala pekerjaan dan proses belajar mengajar. Namun laptop juga rentan mengalami masalah-masalah yang menjengkelkan, salah satunya adalah masalah pada hardware seperti kipas laptop berputar kencang yang membuat kebisingan. 

Tentu kondisi laptop seperti ini akan cukup mengganggu dalam melakukan kegiatan komputasi, apalagi sedang bekerja atau bahkan saat bertemu dengan dosen pembimbing skripsi atau klien. 

Bagaimana cara mengatasi kipas laptop yang berputar kencang? coba simak beberapa tips mengatasinya : 

1. Gunakan Operasi Sistem Yang Ringan

Salah satu penyebab kenapa kipas laptop berputar kencang hingga menghasilkan suara bising adalah, laptop menggunakna Operasi Sistem yang berat. Jika laptop menggunakan operasi sistem yang berat diluar dari jangkauannya, maka akan membuat prosesor bekerja lebih keras untuk dapat menjalankan operasi sistem. Dengan begitu otomatis kipas juga akan berkerja lebih keras, hingga terjadilah suara bising karena kipas berputar lebih kencang. 

Untuk itu disarankan untuk menggunakan operasi sistem yang sesuai dengan spesifikasi laptop. Miaslanya, kamu memiliki laptop lama yang masih menggunakan prosesor Intel Atom dengan RAM sebesar 2GB, untuk menjalankan Windows 10 ini sudah cukup menguras tenaga untuk menjalankan operasi sistemnya, apalagi menjalankan program yang lain. Untuk menyesuaikannya, kamu dapat menggunakan Windows 7 atau Windows 8 saja. Selain menggunakan operasi sistem Windows, kamu juga dapat menggunakan Linux yang lebih ringan. 

2. Hindari Menggunakan Banyak Aplikasi Dalam Waktu Bersamaan (Multitasking)

Terkadang ada momen dimana pengguna disibukkan dengan suatu aktivitas yang mengharuskan membuka beebrapa aplikasi secara bersamaan. Namun lebih baik lagi jika hal ini dapat dibatasi untuk mengurangi beban laptop. Kamu dapat membuka dua hingga tiga aplikasi secara bersamaan.

3. Mengubah Maximum Processor State

Cara mengatasi kipas laptop berputar kencang berikutnya adalah dengan cara mengubah nilai Maximum Processor State. Untuk mengubahnya kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut : 

  • Klik logo baterai di bagian kanan bawah Windows
  • Kemudian pilih More power options

Cara Mengatasi Kipas Laptop Berputar Kencang
  • Lalu klik Change plan settings
Cara Mengatasi Kipas Laptop Berputar Kencang
  • Klik Change advance power settings
Cara Mengatasi Kipas Laptop Berputar Kencang
  • Scroll kebawah, dan atur Maximum processor state (On battery dan Plugged in) menjadi 97%
Cara Mengatasi Kipas Laptop Berputar Kencang

Setelah seleseai klik Apply kemudian OK dan Close. Jika kamu tidak merasakan adanya perubahan, coba restart laptop kemudian lihat hasilnya. 


4. Mengganti Kipas Laptop

Seiring bertambahnya umur laptop, semua komponen didalamnya juga sudah tua dan seharusnya diganti seperti kipas laptop. Jika semua cara diatas telah kamu lakukan dan belum ada perubahan, mungkin penyebabnya ada pada kipas laptop yang rusak. 

Untuk itu kamu harus memastikan lagi bagaimana kondisi kipas laptop, apakah masih bisa diperbaiki atau harus diganti. Jika kamu tidak memahami mengenai perangkat keras komputer, kamu dapat meminta jasa servis di toko-toko komputer terdekat. 

Baca Juga : Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas Tanpa Pendingin External 

Akhir kata, itulah cara mengatasi kipas laptop yang berputar kencang. Jika laptopmu mengalami kondisi seperti ini, jangan langsung dibawa ke jasa servis dan cobalah mengikuti tiga diatas. Namun jika kamu tidak merasakan adanya perubahan, mungkin ada masalah para kipas laptop dan mungkin dianjurkan untuk digantikan dengan yang baru.