6 Tips Merawat Hard Disk Eksternal Supaya Lebih Awet

Tips Merawat Hard Disk Eksternal Supaya Lebih Awet


gadgetmiaw.com - Selain Flashdisk, Hard Disk eksternal juga merupakan media penyimpanan yang cukup populer. Bebeda dengan Flashdisk, Hard Disk eksternal memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dan dapat memuat lebih banyak data pengguna. 

Hard Disk eksternal sama dengan Hard Disk intenal yang ada didalam perangkat komputer. Dengan begitu keduanya menggunakan piringan berputar untuk penyimpanan data dalam berbagai bentuk file. 

Dengan begitu Hard Disk eksternal lebih rentan rusak dikerenakan sensitif saat terjadinya benturan maupun terjatuh. Berbeda dengan alat penyimpanan komputer lainnya seperti SSD yang tidak menggunakan piringan berputar seperti Hard Disk. 

Karena Hard Disk cukup sensitif, maka dari itu penggunanya harus dapat menjaga dan merawat Hard Disk eksternal supaya lebih awet dan dapat digunakan untuk jangka panjang. Coba simak beberapa tips merawat Hard Disk eksternal sebagai berikut : 


1. Menghindari Kerusakan Fisik

Mengingat fisik Hard Disk ekstrnal cukup sensitif dengan benturan, maka kamu sebaiknya bertindak untuk meminimalisir benturan seperti tidak menaruh Hard Disk yang berpotensi jatuh kelantai, atau tertimpa dengan benda yang lebih berat, atau kamu juga dapat menggunakan case tambahan sebagai upaya untuk meminalisir benturan jika hal itu terjadi. 


2. Pastikan Hard Disk Selalu Berada Ditempat Yang Kering

Karena ini merupakan komponen elektronik, Hard Disk ekstenal juga sensitif dengan air. Jika ada air yang mengenai Hard Disk dan menyusup walaupun hanya sedikit, ini akan membuat komponen didalam Hard Disk rusak. Maka dari itu, usahakan Hard Disk berada ditempat yang kering, dan jauhi menempatkan Hard Disk diatas meja didekat minuman yang berpotensi tumpah yang akan menyebabkan Hard Disk rusak. 


3. Hindari Terlalu Sering Mencabut dan Pasang Kabel USB

Untuk memasang dan melepas kabel USB harus hati-hati, namun kabel USB yang dilepas dan pasang secara terus menerus ke perangkat komputer dapat merusak konektor USB karena mengalami keausan. Apalagi jika kamu menarik USB secara tiba-tiba, ini akan membauat konektor lebih cepat rusak. Hindari menggunakan kabel konektor yang rusak, karena ini juga akan berdampak buruk pada komponen didalam Hard Disk. 


4. Mencabut Hard Disk Dengan Benar Setelah Digunakan

Setelah Hard Disk selesai digunakan, jangan mencabut koneksi Hard Disk asal-asalan. Untuk mencabut koneksi Hard Disk yang lebih aman, kamu dapat menggunakan fitur "Safely Remove Hardware and Eject Media" yang ada di pojokan kanan bawah Windows. Cara ini untuk memastikan data-data yang tersimpan di cache telah terhapus, sehingga mencegah rusaknya data-data yang ada didalam Hard Disk. 


5. Jauhi Hard Disk Dari Benda Magnetik

Medan magnet dari benda-benda yang memiliki sifat magnetik, dapat merusak komponen mekanik yang ada didalam Hard Disk. Ini disebabkan adanya gerakan tarik menarik antara komponen mekanik karena medan magnet. 


6. Menggunakan Kabel "Y"

Menggunakan kabel Y memang lebih ribet dibandingkan dengan kabel biasa. Pasokan listrik yang tidak stabil akan membuat Hard Disk rentan rusak, menggunakan kabel Y dapat membantu menstabilkan pasokan listrik pada Hard Disk ekstenal sehingga dapat meminimalisir kerusakan


Akhir kata, itulah beberapa tips merawat Hard Disk ekstenal supaya tidak cepat rusak supaya lebih awet. Untuk merawat Hard Disk merupakan hal yang cukup mudah, kamu cukup menjaganya dari potensi benturan, dan cobalah untuk menggunakan Hard Disk lebih hati-hati sepetri tidak melepas pasang Hard Disk secara terus menerus dan mencabut koneksi Hard Disk dengan fitur Safely Remove Hardware and Eject Media.