Cara Mencegah Dan Mengatasi Laptop Cepat Panas Tanpa Pendingin External (Cooling Pad)

 

Cara Mencegah Dan Mengatasi Laptop Cepat Panas

Para pengguna laptop pasti pernah merasakan kesal diakibatkan laptop tiba-tiba panas (Overheat), yang membuat kinerja laptop kurang optimal. Ini juga akan berdampak pada produktivitas, apalagi saat sedang mengejar deadline hal ini sangat mengesalkan. 

Jika dibandingkan dengan PC / Komputer, laptop memiliki ruang yang sempit dan penempatan seluruh komponennya sangat padat. Selain itu biasanya PC / Komputer dapat diaplikasikan beberapa fan atau kipas pending, yang dapat menstabilkan sirkulasi udara.

Laptop cepat panas juga bukan dikarenakan sistem atau perancangan desain yang kurang efisien, bisa jadi laptop cepat panas juga diakibatkan kebiasaan penggunanya.

Baiklah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mencegah dan mengatasi laptop cepat panas dengan mudah, tanpa memerlukan pendingin eksternal (Cooling Pad). 


1. Menjaga Kebersihan Laptop

Laptop merupakan perangkat elektronik yang akan dibawa kemana saja, bisa jadi dikamar dan disimpan selama beberapa hari yang membuatnya kotor karena debu. Ini akan membuat sirkulasi udara laptop menjadi tidak lancar dan dapat menyebabkan laptop cepat panas. Untuk membersihkannya, kamu dapat membersihkan dengan peralatan seadanya dan untuk hasil yang optimal kamu dapat mengguanakan penyedot debu khusus laptop. 


2. Jangan Meletakkan Laptop Di Kasur Atau Bantal

Biasanya saat sedang santai, pengguna laptop akan mencari tempat yang nyaman seperti tempat tidur. Untuk marathon film seru seperti drama korea atau anime, lebih nyaman di kasur sambil tidruan. Hal ini sebenarnya tidak salah, yang salahnya adalah ketika meletakkan laptop diatas kasur atau bantal. 

Permukaan yang tidak rata dan teksturnya seperti kasur atau bantal, akan menyebabkan sirkulasi udara pada laptop tidak lancar yang akan melambatkan kinerjanya. Jika kamu ingin menggunakan laptop ditempat tidur, pastikan laptop diletakkan ditempat dengan alas yang rata. 


3. Berikan Laptop Untuk Beristirahat

Perangkat elektronik khususnya laptop membutuhkan waktu untuk beristirahat. Jika kamu biasa menggunakan laptop selama seharian penuh, maka kebiasaan seperti ini dapat kamu hilangkan dan memberikan jeda penggunaan laptop. Hal ini akan menyebabkan kenaikan suhu pada laptop dan akan membuat laptop menjadi lambat karena terlalu panas. 


4.  Menginstall Program Ringan 

Laptop cepat panas bisa disebabkan oleh program berat, yang melebihi kemampuan laptop. Misalnya seeprti program animasi yang digunakan pada laptop yang memiliki spesifikasi yang rendah. Maka dari itu, cobalah untuk menggunakan program yang ringan, dan jangan memberatkan laptop dengan program-program yang berat. 


5. Pastikan Kipas Laptop Dalam keadaan Baik

Laptop memiliki kipas pendingin didalamnya, maka dari itu pastikan pendingin laptop bekerja dengan baik. Kamu dapat mendengarnya melalui lubang vetilasi udara pada bagian samping ataupun belakang laptop. Jika suara kipas terdengar lebih redam dari biasanya, atau tidak terdengar sama sekali bisa jadi kipas dalam keadaan kurang baik dan butuh bantuan teknisi untuk memperbaiki atau mengganti dengan kipas yang baru.


Akhir kata, itulah cara mencegah dan mengatasi laptop cepat panas tanpa harus menggunakan pendingin eksternal (Cooling Pad). Menggunakan pendingin eksternal juga tidak ada salahnya, namun ini akan merepotkan kamu ketika membawanya kemana-mana. Jika kamu hanya menggunakan laptop dirumah saja, kamu dapat menggunakan pendingin eksternal untuk dapat menjaga suhu laptop supaya tidak cepat panas. 

Maria Agustina

Writer & Accountant

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama