Kelebihan Dan Kekurangan Layar Super AMOLED

 

Kelebihan Dan Kekurangan Layar Super AMOLED


gadgetmiaw.com - Setiap orang pasti memiliki smartphone, setidaknya ada satu atau 2 smartphone dalam keluarga. Dewasa ini smartphone berguna untuk masyarakat dalam segala hai, baik untuk belajar, kerja, browsing, game dan hiburan lainnya. 

Produsen smartphone juga berlomba-lomba dalam dalam berinovasi, tak heran banyak teknologi yang telah disematkan dalam smartphone, seperti fast charging, baterai yang super, kamera AI, hingga menyematkan layar Super AMOLED yang sangat nyaman untuk mata penggunanya. 

Bagi kalian yang suka menngamati perkembangan teknologi di bidang gadget, pasti sudah tidak asing lagi dengan layar Super AMOLED. Benar! Ini adalah jenis layar terbaik yang disematkan di smartphone khususnya yang menggunakan OS android. 

Super AMOLED awalnya merupakan jenis layar yang premium, dengan begitu dulunya hanya smartphone mahal saja yang memiliki layar jenis ini. Namun sekarang, smartphone kelas menengah telah banyak menggunakan layar Super AMOLED tentu dengan harga yang cukup terjangkau. 

Kelebihan Layar Super AMOLED

Adapun kelebihan layar Super AMOLED yang cukup dibutuhkan oleh para pengguna smarphone adalah sebagai berikut : 


1. Irit Daya Baterai

Irit daya baterai adalah salah satu kelebihan yang sangat penting, dan mampu menarik peminat pengguna smartphone. Diklaim smartphone menggunakan layar jenis dapat menghemat baterai antara 30% - 40% jika dibandingkan dengan jenis layar lainnya, seperti layar IPS maupun TFT. Ini dikarenakan layar Super AMOLED berbeda dengan yang lain, karena tidak menggunakan Backlight Layer yang membuat penggunaan daya lebih efisien. 

2. Gambar Lebih Jernih

Smartphone yang disematkan layar Super AMOLED dapat menghasilkan gambar lebih jernih, tajam, indah dan nyaman di mata penggunanya. Apalagi warna hitam yang benar-benar hitam sempurna. 

3. Tetap Tampak Jelas Walau Terkena Sinar Matahari

Bagi smartphone yang tidak disematkan layar Super AMOLED, pastinya pernah merasakan tidak nyaman saat menggunakan smartphone diluar ruangan karena gambar yang ditampilkan tidak jelas. Berbeda dengan smartphone dengan layar Super AMOLED, tetap jelas walau dugunakan diluar ruangan yang terpapar sinar matahari. 

4. Tidak Mudah Tergores

Layar Super AMOLED tidak mudah tergores karena memiliki lapisan pelinding dibangian luar layarnya. Dengan begitu, kamu gak wajib untuk menggunakan pelindung layar (Tempered Glass). Super AMOLED tidak dapat dibandingkan dengan Gorilla Glass, karena Gorilla Glass adalah jenis pelindung layar bukan jenis layar. 



5. Always On Display

Yang menariknya dari layar Super AMOLED adalah dengan adanya fitur Always On Display. Walaupun fitur ini dapat digunakan pada tiap layar smartphone lainnya, namun Super AMOLED lebih unggul karena dapat memaksimalkan kinerjanya. Jadi penampakannya saat smartphone dalam keadaan Lock Screen, layar tetap nyala berwarna hitam, dan menunjukan waktu dan tanggal.


Kekurangan Layar Super AMOLED

Walaupun memiliki banyak kelebihan, ternyata Super AMOLED bukanlah jenis layar yang sempurna dan masih memiliki kekurangannya, andtara lain adalah : 


1. Terjadi Shadow

Beberapa tahun kebelakang banyak pengguna smartphone yang mengeluh karena adanya bayangan pada layar yang sangat mengganggu. Bayangan pada layar ini sebagian besar dialami oleh layar hp Samsung, dan ternyata layar Super AMOLED sangat sering mengalami shadow. 

2. Warna Putih Tidak Maksimal

Layar Super AMOLED memiliki warna putih yang kurang baik, karena warnanya terlihat agak kekuningan. Ini sangat berbeda dengan samrtphone yang menggunakan jenis layat seperti IPS dan TFT. Hal ini menjadi sala satu kekurangan layar Super AMOLED yang terlihat kurang nyaman dimata saat menampilkan gambar berwarna putih. Maka dari itu, tak sedikit pengguna cenderung menggunakan Dark Mode.  

3. Dead Pixel

Dead Pixel merupakan kendala atau dapat dikatakan salah satu jenis kerusakan layar, saat beberapa pixel tidak dapat berperan. Ini akan menyebabkan pengguna tidak nyaman, karena layar akan menunjukan warna seperti bintik-bintik atau bahkan bundaran besar yang sangat mengganggu dalam mengoperasikan smartphone. 


Akhir kata, itulah kelebihan dan kekurangan layar Super AMOLED yang harus kamu ketahui. Jadi sebelum memilih smartphone yang sudah disematkan layar Super AMOLED, maka seharusnya kamu dapat mempertimbangkan karena telah mengetahui kelebihan dan kekurangannya.