iPhone Bisa Cepat Rusak! Inilah Beberapa Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengguna iPhone

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengguna iPhone

gadgetmiaw.com - Sebagai user smartphone, seharusnya kamu mengetahui cara menggunakan dengan benar dan merawatnya. Dengan begitu maka akan memungkinkan kamu dapat menggunakan smartphonemu dalam jangka waktu yang lama dan meminimalisir kerusakan. 

Contoh menggunakan hp yang benar misalnya seperti menghindari menggunakan hp hingga baterai habis total, mematikan hp pada suhu yang terlalu panas, hingga melakukan perlindungan pada hp dengan menggunakan casing pelindung dan menggunakan anti gores pada layar. 

Namun sayangnya masih banyak pengguna yang enggan memperdulikan, dan sering kali melakukan kesalahan-kesalahan penggunaan. 

Sesuai dengan judul, artikel ini akan membahas beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna iPhone, yang seharusnya dihindari. 


1. Melakukan Charging iPhone Semalam Penuh

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengguna iPhone



Percaya atau tidak, banyak pengguna iPhone yang membiasakan mencharge baterai semalaman penuh. Ini dilakukan dengan alasan supaya keesokan harinya hp sudah siap digunakan untuk berbagai kebutuhan. 

Sebenarnya ini tidak dianjurkan, bahkan menurut beberapa ahli teknologi mengatakan sebaiknya hp di charging tidak sampai 100%. Menurut techadvisor.com , sebaiknya mengisi baterai hp diantara 30% hingga 90% , atau isi ulang baterai ketika dibawah 50% dan cabut sebelum mencapai 100%. 


2. Menggunakan Notifikasi Untuk Semua Aplikasi

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengguna iPhone


Notifikasi masuk yang terlalu banyak ternyata dapat menguras banyak daya hp kamu. Hal ini disebabkan karena hp terus bekerja dan mejaga agar tetap terkoneksi internet untuk dapat menyampaikan pemberitahuan untuk penggunanya. 

Maka dari itu, kamu dapat mengurangi notifikasi di segala aplikasi, dan hanya mengaktifkan notifikasi pada aplikasi yang sering kamu gunakan saja.

3. Tidak Mematikan GPS, WiFi Maupun Bluetooth

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengguna iPhone

Menyalakan konektifitas seperti WiFi, Bluetooth dan GPS sepanjang waktu, ternyata sangat memungkinkan baterai hp kamu cepat habis. Ini dikarenakan saat semuanya menyala, maka hp kamu akan terus menerus sibuk. 

Maka ketika kamu menyadari mengapa beberapa waktu ini bateraimu terlalu cepat habis dari biasanya, mungkin penyebabnya adalah karena kamu lupa mematikan konektivitas-konektivitas tersebut. Jika awalnya kamu memikirkan hal ini tidak memberikan dampak sama sekali, setelah mengetahui hal ini maka sebaiknya kamu menyalakan konektivitas tersebut disaat membutuhkannya saja. 

4. Menunda Ipdate iOS Terlalu Lama

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengguna iPhone


Ketika ada pemberitahuan mengupdate iOS, maka sangat dianjurkan untuk langsung mengupdatenya. Namun tentu ada kondisi dimana kamu tidak dapat mengupdate iOS dalam waktu tertentu, dan memilih untuk menunda hingga ada waktu yang tepat. 

Perlu diketahui, jika kamu sering menunda atau menunda melakukan update iOS ternyata akan menimbulkan masalah , apalagi jika kamu mengabaikan mengupdate iOS hingga muncul beberapa versi iOS terbaru, barulah kamu melakukan pengupdatean secara sekaligus. Misalnya dari iOS 12, 12.1, 12.5, dan kamu mulai mengupdatenya saat muncul versi 14. 

Hal ini akan mengakibatkan iPhone anda mengalami masalah seperti hanya menunjukan logo Apple (Stuck in logo), merusak IC, merusak Firmware, hingga Stuck DFU Mode. 

5. Menggunakan Charger Palsu (KW)

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengguna iPhone

Saat charger hpmu mengalami kerusakan, mungkin sebagian dari kamu akan berfikir untuk membeli charger dengan harga yang murah asal dapat digunakan. Karena tergiur dengan harga yang murah, kamu malah membeli charger palsu atau KW. 

Perlu diketahui, barang KW memiliki kualitas yang buruk dan biasanya menggunakan material berbeda dengan barang aslinya. Daya listrik yang diberikan pada iPhone kamu pun akan berbeda dengan charger yang asli. Maka dari itu, jangan heran iPhone kamu gampang panas dan charger KW yang kamu gunakan juga tidak bertahan lama menginggat material yang digunakan kurang bagus. 

Kerusakan terparah karena sering menggunakan charger KW adalah terjadinya kerusakan IC Charging iPhone yang memaksamu untuk melakukan perbaikan ke Service Center

6. Jarang/Tidak Pernah Merestart iPhone

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengguna iPhone

Mungkin kesalahan yang satu ini sering kamu lalukan, karena banyak pengguna iPhone sangat jarang atau bahkan tidak pernah melakukan restart. Sebenarnya hal sekecil ini perlu diperhatikan, saat merestart iPhone maka akan mengistirahatkan mesin selama beberapa detik. Setelah melakukan restart, maka akan merefresh beberapa komponen yang ada sehingga data yang ada (misalnya Battery Health) yang ditampilkan lebih akurat dari sebelumnya. Kamu tidak perlu sering melakukan restart pada iPhone kamu, cukup satu kali dalam seminggu saja. 



Akhir kata, itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna iPhone yang seharusnya dihindari. Jika kamu terbiasa melakukan kesalahan-kesalahan diatas, sebaiknya cobalah untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut karena akan mempersingkat umur pakai iPhone.