Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Hp Xiaomi Mode Fastboot Tanpa Komputer

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Mode Fastboot

gadgetmiaw.com - Bagi kamu yang sudah paham Android, pasti sudah tidak asing lagi dengan Fastboot pada hp Xiaomi. Namun sebaliknya bagi orang awam dan belum memahaminya, menganggap ketika hp Xiaomi mereka menunjukan layar hitam yang bertulisankan Fastboot, ini merupakan salah satu kerusakan sistem yang jalan keluar satu-satunya adalah membawanya ke tukang servis. 

FYI, Fastboot merupakan suatu protokol yang digunakan oleh ponsel pintar, yang berguna untuk melakukan flashing partisi untuk pembaruan Firmware, Recovery, dan untuk dapat memasukan perintah (Command Prompt) pada komputer. 

Tool Fastboot hadir dengan Android SDK ( Software Development Kit),yang tak lain adalah alternatif dari mode Recovery untuk melakukan instalasi hingga permbaruan sistem. 

Fastboot ini sangat berguna untuk menyelamatkan hp yang mengalami kegagalan saat melakukan Upgrade maupun Downgrade sistem OS Android. Fastboot dapat melakukan Splash Screen, me-Restore Android, menghapus data dan cache, melakukan wipe atau memformat sistem. 

Jadi, sebenarnya saat hp kamu mengalami kondisi seperti ini, kamu tidak perlu membawanya ke tukang servis untuk mengatasinya. Karena ada cara tersendiri untuk keluar dari Mode Fastboot, yang dapat kamu lakukan sendiri tanpa komputer. 

Untuk mengatasi hp Xiaomi Mode Fastboot, mari simak langkah-langkah berikut ini : 


  1. Saat hp  Xiaomi kamu dalam keadaan Fastboot, coba tekan tombil Power + Volume bawah
  2. Tunggu sesaaat sampai hp Restart sendiri
  3. Ketika selesai Restart dan logo Fastboot berubah menjadi logi MI, lepaskan tombol
  4. Terakhir tungglah loading sistem hingga selesai

Jika tidak berhasil dengan cara ini, cobalah menggunakan cara alternatif lainnya : 

  1. Saat hp Xiaomi dalam keadaan Fastboot, tekan tombol Power kurang lebih 10 detik
  2. Tahan sesaat, hingga hp kamu benar-benar mati
  3. Setelah itu kamu dapat menyalakan kembali
  4. Seharusnya hp kamu berhasil keluar dari mode Fastboot

Akhr kata, itulah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan, dalam mengatasi hp Xiami dalam keadaan Fastboot. Jadi, ketika hp kamu mengalami kondisi seperti ini jangan buru-buru dibawa ke tukang servis, karena mungkin jika kamu mengikuti langkah-langkah diatas masalah ini dapat kamu atasi sendiri. 

Sekiranya langkah-langkah diatas tidak berhasil, maka solusi terakhir adalah membawa hp kamu ke tukang servis untuk mengetahui inti permasalahan dan dilakukan perbaikan yang lebih mendalam.