GadgetMiaw - Blog Gadget dan Teknologi

Gadgetmiaw adalah situs yang membahas mengenai informasi, tips dan trik menarik seputar gadget.

4 Cara Menghapus Virus Kuda Troya di Hp Android

Cara Menghapus Virus Kuda Troya di Hp Android

Virus Kuda Troya atau lebih familiar Virus Trojan Horse dapat secara diam-diam menyusup ke sistem Android tanpa dirasakan oleh penggunanya. Jika sudah parah biasanya akan menghambat sistem dan membuat membuat hp Android menjadi lemot karena penurunan performa. 

Nah, yang lebih mengganggu lagi jika sampai muncul notifikasi yang memperingatkan pengguna. Tentu ini adalah masalah yang serius dan pengguna harus dapat segera mengambil tindakan. 


Bagaimana Cara Menghapus Virus Kuda Troya Di Android?

Berikut adalah beberapa cara mneghapus Virus Kuda Troya di hp Android kamu secara permanen : 

1. Mengandalkan Antivirus Bawaan

Biasanya Hp Android sudah disematkan Antivirus bawaan yang melindungi perangkat dari serangan virus manapun atau disebut dengan Security Center. Nah, dengan begitu sesekali kamu dapat  menjalankan Antivirus tersebut atau melakukan scan secara manual untuk mendeteksi Malware yang sudah bersarang di hp kamu. 

2. Menginstal Antivirus Tambahan


Selain mengandalkan Antivirus bawaan pabrikan yang sudah disematkan dalam hp Android, kamu juga dapat menginstal antivirus pihak ketiga untuk membantu menjaga keamaanan hp Android kamu. 

Kamu dapat mendownloadnya di Playstore secara gratis, Antivirus yang dapat kamu gunakan adalah Malwarebyte, Avast, dan AVG dan lain sebagainya. Setelah menginstal Antivirus tersebut, kamu dapat langsung menjalankan dengan cara memindai secara manual untuk mendeteksi virus atau malware. Setelah terdeteksi kamu diberikan  opsi untuk mengambil tindakan lanjutan. 

3. Menghapus Aplikasi Yang Mnecurigakan Melalui Safe Mode

Perlu diketahui, Virus Kuda Troya dapat menyamar sebagai aplikasi lain yang terinstal di hp kamu, aplikasi ini biasanya sangat susah untuk dihapus dan tidak bisa diuninstal dengan cara seperti biasanya. 

Untuk dapat menguninstalnya kamu harus memasuki Safe Mode dulu. Caranya adalah dengan menekan tombol Power + Volume Up (kombinasi tombol ini tergantung model hp). Selanjutnya kamu dapat menekan dan memendam tombol virtual Power Off untuk masuk ke Safe Mode.

Setelah itu kamu dapat membuka menu Apps / Apps Management di menu Settings untuk mencari aplikasi yang dianggap anomali. 

4. Factory Reset Hp Kamu

Langkah ini mungkin adalah langkah yang sangat tepat dalam kondisi-kondisi tertentu, khususnya jika semua langkah hasilnya nihil dengan melakukan Factory Reset akan mereset sistem secara menyeluruh seperti pabrikan awal. 

Namun yang perlu diingat langkah ini akan menghapus semua data di Smartphone kamu, maka dari itu sebelum melakukan langkah ini dapat melakukan Backup Data terlebih dahulu. 

Nah, setelah semua data penting sudah di backup ke perangkat yang lain, kamu dapat melakukan Factory Reset di menu settings hp kamu. Seperti yang kita bahas tadi, setelah melakukan langkah ini hp kamu akan benar-benar kereset seperti pabrikan. 



Nah, setelah melakukan langkah-langkah diatas seharusnya kamu berhasil menghapus virus kuda troya di hp Android kamu, namun jika semua langkah diatas tidak berhasil maka kamu dapat mengunjungi Service Center terdekat untuk menindaklanjuti lebih dalam. 
Author Profile

About I.M

Anak teknik yang terobsesi dengan dunia Gadget.

Bottom Ads