Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Buka Link, Kenali Juga Penyebabnya

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Buka Link

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa buka link merupakan istilah kata kunci yang dicari oleh sebagian penggunanya. Sebagian perngguna WhatsApp atau WA mengalami masalah pada aplikasi perpesanan instan tersebut dimana sebagian pengguna tidak bisa bisa buka Link di WhatsApp. Link atau tautan memang sering dibagikan di WhatsApp, khususnya grup keluarga, kantor, pertemanan maupun grup bisnis yang akan mempermdah pengguna dalam menggali informasi. 

Tidak bisa membuka Link di WhatsApp, dimana ketika saat pengguna klik link atau tautan yang dibagikan tidak memberikan respon apapun atau melakukan redirect ke browser internet seperti sebelumnya. 

Tentu maslaah seperti ini cukup menjengkelkan, apalagi saat dalam waktu yang mepet untuk mendapatkan informasi dari teman Link yang dibagikan malah tidak dapat dibuka di WA. Sebelum mengetahui cara mengatasi WhatsApp tidak bisa membuka link, ada baiknya ketahui dulu beberapa penyebabnya sebagai berikut ini : 

Penyebab Tidak Bisa Membuka Link di WhatsApp (WA)

Sebenarnya ini merupakan masalah yang umum, dan ada beberapa penyebab kenapa tidak bisa membuka link di WhatsApp. Sebelum mengetahui cara mengatasinya, ada baiknya ketahui dulu penyebab masalah Link yang tidak bisa dibuka di WA sebagai berikut : 

1. Menggunakan Versi WhatsApp Lawas

Penyebab utama kenapa tidak bisa membuka link di WhatsApp karena menggunakan versi WhatsApp yang lawas atau lama. Untuk megatasi masalah ini, kamu cukup mengupdate WhatsApp ke versi terbaru melalui PlayStore maupun APPStore. Setelah itu cobalah untuk mencoba membuka link yang ada di aplikasi WhatsApp. 

2. Tidak Memiliki Aplikasi Browser Default

Penyebab lainnya yang memungkinkan tidak dapat membuka link di WA adalah dikarenakan tidak memiliki aplikasi browser yang Default. Kena itu, sisten tidak dapat mengarahkan atau melakukan redirect link tersebut yang ingin kamu buka. 

3. Tidak Memiliki Aplikasi Pendukung

Selain diarahkan ke browser, link yang dibagikan terkadang diarahkan ke aplikasi tertentu misalnya seperti aplikasi pembayaran. Jika tautan yan dibagikan mengarah ke aplikasi tertentu, pastinya kamu tidak dapat membukanya jika belum menginstalnya. 


Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Buka Link

Setelah mengetahui beberapa penyebab diatas, berikut adalah cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa membuka Link atau tautan : 

1. Update Aplikasi WhatsApp (WA)

Jika kamu menggunakan WhatsApp versi lawas, kamu harus mengupdatenya terlebih dahulu. Mungkin penyebabnya diekarenakan kamu menggunakan aplikasi WhastApp yang lama sehingga link tidak bisa dibuka. 

Berikut adalah cara mengupdate aplikasi WhatsApp : 
  • Buka PlayStore / AppStore
  • Kemdian ketik kata kunci "WhatsApp" atau "WA" di kolom pencarian PlayStore
  • Kemudian setelah muncul hasilnya pilih aplikasi WhatsApp
  • Ketuk Update jika sudah tersedia pembaruan aplikasi WhatsApp

2. Mengatur Browser Default nya

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab tidak dapat membuka link di WhatsApp adalah dikerenakan tidak memiliki aplikasi browser default

Untuk setting aplikasi browser Default, berikut adalah langkah-langkahnya : 
  • Buka menu Settings
  • Pilih Aplikasi / Apps
  • Buka Choose default Apps
  • Pilih Broser Apps
  • Pilih browser utama yang diinginkan (cth: Chrome,Firefox, Opera Mini, Edge, dll)

3. Download Aplikasi Pendukung

Jika kamu ingin membuka link yang diarahkan ke aplikasi tertentu, pastikan kamu telah menginstal aplikasinya terlebih dahulu. Untuk mengetahui link yang dibagikan akan diarahkan ke aplikasi apa, kamu dapat membaca nama aplikasi di aplikasi tersebut. Secara umum situs maupun nama aplikasi akan tertera pada link atau tautan. 



Akhir kata, itulah penyebab dan cara mengatasi WhatsApp atau WA tidak bisa membuka link. Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, kamu dapat kembali membuka link atau tautan seperti biasanya. Semoga informasi ini bermanfaat ya! Miaw!