9 Rekomendasi Laptop Untuk Mahasiswa Teknik Mesin Dengan Harga Terjangkau

 Rekomendasi Laptop Untuk Mahasiswa Teknik Mesin Dengan Harga Terjangkau


gadgetmiaw.com - Laptop merupakan komputer jinjing yang akan memberikan manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Tak hanya digunakan untuk bekerja, laptop juga dapat digunakan untuk proses belajar misalnya untuk pelajar atau mahasiswa Teknik Mesin. 

Untuk menentukan laptop yang akan dibeli tentunya harus memilik pertimbangan dan dan pengetahuan mencakup kebutuhan dan spesifikasi yang mendukung. Misalnya jika Anda ingin membeli laptop Gaming, tentunya Anda harus memilih laptop dengan spesifikasi yang tingg yang akan memberikan performa yang lebih baik untuk menjalankan sebuah game. Begitu juga dalam menentukan laptop untuk mahasiswa teknik Mesin. 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli laptop untuk Mahasiswa Teknik Mesin:

  • Prosesor - Prosesor yang kuat sangat penting untuk memenuhi kebutuhan komputasi dan analisis data pada bidang teknik mesin. Pilih prosesor yang paling kuat dan terbaru yang dapat Anda beli, seperti prosesor Intel Core i7 atau i9 atau prosesor AMD Ryzen 7 atau 9.
  •  RAM - Kebutuhan RAM pada laptop mahasiswa teknik mesin minimal 8 GB, namun sebaiknya pilih laptop dengan RAM 16GB atau lebih, terutama jika perangkat lunak yang digunakan memerlukan penggunaan memori yang besar.
  •  Penyimpanan - Pilih laptop dengan penyimpanan SSD, karena penyimpanan jenis ini jauh lebih cepat dan dapat membantu dalam melakukan pekerjaan dengan lebih efisien. Kapasitas penyimpanan minimal 512GB, namun sebaiknya pilih laptop dengan penyimpanan minimal 1TB.
  • Kartu Grafis - Kebutuhan kartu grafis tergantung pada jenis perangkat lunak yang digunakan. Pilih laptop dengan kartu grafis terbaru seperti NVIDIA GeForce atau NVIDIA Quadro untuk memastikan kinerja yang baik dan mengurangi waktu proses.
  • Kualitas Layar - Sebaiknya pilih laptop dengan layar resolusi Full HD atau lebih baik lagi layar dengan resolusi 4K untuk memudahkan dalam menampilkan desain teknik atau model 3D.
  • Ketahanan Baterai - Pilih laptop yang memiliki daya tahan baterai yang baik, terutama jika mahasiswa teknik mesin Anda sering bekerja di luar ruangan atau tidak dapat mengisi daya baterai dalam waktu yang lama.
  • Portabilitas - Mahasiswa teknik mesin sering bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya, sebaiknya pilih laptop yang ringan dan mudah dibawa, namun tetap dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan.

Pastikan untuk mempertimbangkan semua faktor tersebut sebelum membeli laptop untuk mahasiswa teknik mesin, sehingga dapat memenuhi kebutuhan studi mereka dengan baik. 


Rekomendasi Laptop Untuk Mahasiswa Teknik Mesin

Berikut adalah beberapa rekomendasi laptop yang cocok untuk mahasiswa teknik mesin dengan harga yang terjangkau:


1. Acer Nitro 5

Rekomendasi Laptop Untuk Mahasiswa Teknik Mesin Dengan Harga Terjangkau


Laptop ini juga sangat cocok untuk mahasiswa teknik mesin yang juga menyukai gaming. Laptop ini memiliki spesifikasi yang baik, termasuk prosesor Intel Core i5 atau i7, RAM 8GB, 16GB, 24GB, 32GB penyimpanan internal SSD hingga 1TB, dan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3050 4GB. Layarnya cukup besar yaitu 15,6 inci dan resolusi layar Full HD.


2. Dell Inspiron 5410 2-in-1

Rekomendasi Laptop Untuk Mahasiswa Teknik Mesin Dengan Harga Terjangkau


Laptop ini memiliki spesifikasi yang sangat baik, termasuk prosesor Intel Core i5, RAM 8GB , penyimpanan SSD hingga 512GB, dan kartu grafis NVIDIA GeForce MX 350 2GB GDDR5. Laptop ini memiliki layar seperti ukuran layar laptop pada umumnya yaitu 14 inci yang sudah Full HD. Ini merupakan laptop Touch Screen 2 in 1. Sangat cocok bagi kamu yang merupakan mahasiswa aktif yang sering memiliki ide cemerlang, laptop ini akan memudahkan kamu dalam mempresentasikan ide-ide kamu. 


3. Asus VivoBook Pro 15

Rekomendasi Laptop Untuk Mahasiswa Teknik Mesin Dengan Harga Terjangkau
Rekomendasi laptop untuk mahasiswa teknik Mesin selanjutnya adalah Asus VivoBook Pro 15 OLED. Laptop ini memiliki dapur pacu yang cukup mumpuni, menggunakan prosesor AMD Ryzen 5 5600H dan mengandalkan NVIDIA GeForce RTX 3050 sebagai kartu grafisnya. Laptop ini memiliki RAM On Board 16 GB dengan penyimpanan 512 GB SSD. Yang menariknya laptop ini memiliki layar 15.6 inci OLED yang cukup memanjakan mata dalam melakukan kegiatan komputasi apapun. 




4. Lenovo IdeaPad Slim5i Pro

Rekomendasi Laptop Untuk Mahasiswa Teknik Mesin Dengan Harga Terjangkau

Rekomendasi laptop selanjutnya datang dari brand Lenovo. Lenovo IdeaPad Slim5i Pro menggunakan prosesor Intel Core i7 1195G7, dan NVIDIA GeForce MX450 2GB sebagai pengolah grafisnya. Laptop ini memiliki RAM sebesar 16 GB (not upgradable) dengan penyimpanan internal 1 TB SSD. Laptop ini memiliki layar IPS dengan ukuran 14 inci 2.2K dan sudah Anti Glare. 



5. Lenovo IdeaPad Gaming 3


Rekomendasi Laptop Untuk Mahasiswa Teknik Mesin Dengan Harga Terjangkau



Bagi kamu mahasiswa teknik Mesin yang memiliki laptop yang tangguh untuk belajar sekaligus bermain game, mungkin Lenovo IdeaPad Gaming 3 ini adalah jawabannya. Laptop ini memiliki desain yang nyentrik dengan laptop gaming pada umumnya apalagi memiliki backlit RGB. Laptop ini menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 5800H dan menggunakan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3050 4GB. Laptop ini juga memiliki RAM 8GB hingga 16GB dan penyimpanan SSD sebesa 512GB. 


6. Hp Pavlion X360 14

Rekomendasi Laptop Untuk Mahasiswa Teknik Mesin Dengan Harga Terjangkau
Rekomendasi laptop berikutnya adalah HP Pavilion X360 14 yang memiliki desain simple namun elegan. Ini merupakan laptop 2 in 1 yang mendukung Touchscreen. Laptop ini menggunakan prosesor Intel Core i5 1235U dan pengolah grafisnya menggunakan Intel Iris X Graphics. Laptop ini memiliki RAM sebesar 8GB dan penyimpanan SSD sebesar 512GB. 



7. HP Victus 16

Rekomendasi Laptop Untuk Mahasiswa Teknik Mesin Dengan Harga Terjangkau


Rekomendasi laptop untuk mahasiswa teknik mesin selanjutnya adalah HP Victus 16. Laptop ini menggunakan prosesor AMD Ryzen 6600 dan menggunakan AMD Radeon Graphics sebagai pengolah grafisnya. Laptop ini memiliki RAM 16GB dan penyimpanan SSD 512GB. Laptop ini memiliki layar yang lebih besar yaitu dengan ukuran 16.1 inci. Sangat cocok untuk kamu yang mengedepankan layar lebar untuk membantu produktifitas.




8. MSI GF63

Rekomendasi Laptop Untuk Mahasiswa Teknik Mesin Dengan Harga Terjangkau

Rekomendasi laptop berikutnya adalah dari keluarga MSI. Bagi Anda yang menyukai laptop untuk mendukung kegiatan sehari-hari sebagai mahasiswa teknik mesin dan mampu diajak bermain game dengan harga yang terjangkau, MSI GF63 adala jawabannya. Laptop ini menggunakan prosesor Tiger Like i5 11400+HM570 dan menggunakan pengolah grafis NVIDIA GeForce GTX 1650 4GB. Laptop ini memiliki RAM sebesar 8GB dan penyimpanan 512GB. Laptop ini memiliki desain yang neyntrik seperti laptop gaming lainnya, dengan Cooler Boost akan meminimalisir panas dan memaksimalkan aliran udara untuk performa yang lebih maksimal. Bersiaplah mendapatan pengalaman bermain game yang lebih baik, namun tidak pake mahal. 




9. MSI Modern 14

Rekomendasi Laptop Untuk Mahasiswa Teknik Mesin Dengan Harga Terjangkau

Suka laptop tipis ringan dan memiliki performa yang baik? MSI Modern 14 adalah pilihan yang tepat. Laptop ini menggunakan prosesor Ryzen 7 5700U dan mengandalkan AMD Radeon Graphics sebagai pengolah grafisnya. Laptop ini memiliki RAM sebesar 8GB dan penyimpanan SSD (NVMe) sebesar 512GB. MSI mengklaim ini merupakan laptop yang super ringan karena memiliki ketebalal 16.9 mm dan berat 1,3 kg saja. Sangat cocok untuk kamu yang menyukai laptop tipis dan gak makan tempat banget. Walaupun begitu, laptop ini juga sudah memenuhi standar militer MIL-STD-810 yang sudah diakui keandalan dan ketahanannya. 






Pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan spesifik dari mahasiswa teknik mesin Anda sebelum membeli laptop dan pastikan laptop tersebut dapat menjalankan perangkat lunak yang dibutuhkan untuk studinya.