Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Penyebab Laptop Tidak Bisa Di Cas, Apalagi Saat Laptop Mati Total

6 Penyebab Laptop Tidak Bisa Di Cas, Apalagi Saat Laptop Mati Total

gadgetmiaw.com - Cas laptop adalah proses mengisi daya baterai laptop agar bisa digunakan kembali. Laptop bisa di-charge dengan menggunakan kabel charger yang terhubung ke sumber listrik atau dengan menggunakan power bank yang memiliki port untuk mengisi daya laptop. 

Proses pengisian daya baterai laptop dapat memakan waktu yang berbeda-beda tergantung pada kondisi baterai dan kapasitas daya charger. Namun, terkadang pengguna mengalami masalah dimana laptop tidak bisa di cas. 

Untuk menjaga baterai laptop tetap awet dan tahan lama, disarankan untuk melakukan charge baterai laptop ketika dayanya sudah mencapai 20-30%, dan sebaiknya tidak terlalu sering melakukan pengecasan dengan penuh karena hal tersebut dapat memperpendek masa pakai baterai.

Namun, ada masalah umum yang terjadi dimana laptop tidak bisa di cas atau tidak bisa di charge (saat mati). Masalah laptop tidak bisa di cas ini berlaku untuk semua merk laptop, seperti Lenovo, Asus, Dell, Hp dan Acer. 

Masalah ini tentu merupakan masalah yang cukup krusial karena ini berhubungan dengan daya yang akan menghambat produktifitas kita. Ada beberapa penyebab laptop tidak bisa di cas yang sebaiknya kamu ketahui. 


Penyebab Laptop Tidak Bisa Di Cas

Beberapa penyebab laptop tidak bisa di cas adalah sebagai berikut:

1. Kerusakan pada charger

Salah satu penyebab laptop tidak bisa di cas adalah kerusakan pada charger. Charger yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan laptop tidak bisa di cas. Cobalah untuk memeriksa kabel dan colokan charger, atau mencoba charger yang berbeda untuk melihat apakah masalahnya ada pada charger.

2. Kabel charger rusak

Jika kabel charger rusak atau terputus, laptop tidak akan bisa di cas. Coba periksa kabel charger untuk melihat apakah ada kerusakan atau tanda-tanda patah. Jika ditemukan kerusakan pada kabel, sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

3. Baterai laptop rusak

Jika baterai laptop rusak atau tidak berfungsi dengan baik, laptop tidak akan bisa di cas. Cobalah untuk memeriksa kondisi baterai laptop, dan jika baterai rusak, sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

4. Port charger rusak

Jika port charger pada laptop rusak, laptop tidak akan bisa di cas. Cobalah untuk memeriksa port charger pada laptop, dan jika port rusak, sebaiknya dibawa ke tempat servis atau diperbaiki oleh teknisi ahli.

5. Overheat

Overheat pada laptop dapat menyebabkan laptop tidak bisa di cas karena suhu yang terlalu tinggi dapat merusak baterai atau komponen lainnya. Cobalah untuk membiarkan laptop dingin terlebih dahulu sebelum mencoba untuk mengisi daya kembali.

6. Masalah pada hardware

Jika laptop mengalami masalah pada hardware, seperti motherboard yang rusak atau kerusakan pada komponen lainnya, laptop mungkin tidak akan bisa di cas. Cobalah untuk membawa laptop ke tempat servis atau diperbaiki oleh teknisi ahli jika diperlukan.


Itulah beberapa penyebab laptop tidak bisa di cas. Jika Anda tidak dapat menemukan penyebabnya, sebaiknya bawa laptop ke tempat servis atau diperbaiki oleh teknisi ahli. Semoga artikel yang membahas penyebab laptop tidak bisa di cas ini bermanfaat ya sob!
I.M
I.M A Content Creator, Design CAD 3D, i like all about Technology.
close