5 Fitur Tersembunyi Pada Hp Xiaomi, Kamu Sudah Tau Ada Fitur Canggih Ini?

5 Fitur Tersembunyi Pada Hp Xiaomi, Kamu Sudah Tau Ada Fitur Canggih Ini?

gadgetmiaw.com - Pengguna Hp Xiaomi pasti sangat familiar dengan MIUI, yang merupakan User Interface bawaan Xiaomi. Pada awal tahun 2022 yang lalu, MIUI 13 telah hadir dam memberikan berbagai perubahan dan pembaruan.

Antarmuka pada hp Xiaomi ini ternyata memiliki sejumlah fitur tersembunyi, yang mungkin masih banyak pengguna yang tidak mengetahuinya. Misalnya seperti adanya fitur Scan dokumen, memutar video YouTube di belakang layar, dan lain sebagainya. 

Bagi kamu pengguna hp Xiaomi wajib banget tau beberapa fitur tersembunyi di hp Xiaomi yang mungkin tidak kamu sadari. 


1. Menghilangkan Garis Hrizontal Tanda Navigasi Gestur

Kamu pasti melihat adamya garis putih horizontal yang ada pada sisi bagian bawah hp Xiaomi. Garis tersebut akan muncul ketika penggina menggunakan mode kendali Gesture. Bagi kamu yang risih dengan adanya garis ini, kamu dapat menghilangkannya dengan cara :
  • Buka menu "Settings"
  • Pilih "Home Screen"
  • Pilih "System Navigation"
  • Terakhir pilih "Hide Full Screen Indicator" untuk menghilangkan garis pitih tersebut


2. Memutar Video YouTube Walau Layar Terkunci

Hp Xiaomi yang menggunakan antarmuka MIUI 12 atau diatasnya, memiliki fitur unggulan dimana pengguna dapat memutar musik di YouTube diloatar belakang walaupun hp dalam keadaan terkunci (Lockscreen). 

  • Untuk mengaktifkan fitur ini sangat mudah, caranya : 
  • Buka menu "Settings"
  • Pilih "Spesial Feature"
  • Pilih "Sidebar"

Kemudian, kamu dapat mencobanya dengan memutar video YouTube. Lalu untuk menggunakan fitur ini kamu cukup geser bar putih disamping layar, kemudian pilih "Play Video With Screen Off"

Dengan bergitu kamu dapat menikmati musik di YouTube walaupun hp kamu dalam keadaan terkunci. 


3. Floating Window

Fitur hp Xiaomi selanjutnya adalah Floating Window, dimana pengguna dapat membuka dua aplikasi sekaligus. Salah satu aplikasi nantinya akan muncul sebagai jendela Pop-up yang melayang dilayar. Sementara aplikasi utama dibuka dalam satu jendela penuh (normal). 

Bagi kamu yang ingin mengaktifkan Floating Windows, kamu cukup menahan dan menggeser kebawah notifikasi yang muncul (pada status bar). Setelah itu aplikasi akan terbuka secara otomatis dalam jendela kecil dengan ukuran dapat disesuaikan. 


4. Scan Dokumen

Bagi kamu yang belum tau, ternyata di hp Xiaomi memiliki fitur Scan dokumen bawaan loh!

Kamu dapat mengakses fitur ini melalui status bar di Hp Xiaomi. Fitur Scanned tak hanya dapat digunakan untuk memindai kode QR, bahkan fitur Scanner ini juga dapat memindai dokumen. 

Cara menggunakan fitur Scanner ini sangat mudah, pengguna dapat mengakses Scanner kemudian pilih ikon Dokumen jika ingin Scan Dokumen. Kemudian Scan teks sesuai kebutihan dan tekan opsi OCR yang nantinya kamu dapat mengubah tulisan yang ada pada gambar menjadi kedalam bentuk teks. 


5. Second Space

Fitur ini memungkinkan penggunanya dapat membuat profil baru secara terpisah. Saat fitur ini diaktifkan pengguna dapat mengkustomisasi tampilan, pengatura, dan berbagai hal layaknya menggunakan hp yang berbeda. 

Pengguna dapat membuat profil baru yang dikhususkan untuk bekerja, dan satunya untuk keluarga. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu dapat ikuti langkah-langkah berikut : 
  • Buka menu "Settings"
  • Pilih "Spesial Features"
  • Kemudian pilih "Second Space"
Setelah itu kamu akan dimintai membuat Password baru yang digunakan saat kamu ingin mengganti profil. 


Nah, itulah 5 fitur tersembunyi hp Xiaomi yang belum banyak diketahui oleh penggunanya. Semoga informasi ini bermangaat ya!