Cara Merekam Layar Laptop Di Windows 10 dan 11 Tanpa Aplikasi

Cara Merekam Layar Di Windows 10 dan 11 Tanpa Aplikasi

gadgetmiaw.com - Pagi pengguna laptop sewaktu-waktu membutuhkan rekaman layar pada laptop. Misalnya untuk membuat sebuah tutorial, merekam video livestreaming, dan lain sebagainya. 

Untuk merekam layar atau istilahnya Screen Recorder ini sebenarnya cukup mudah dilakukan di Windows 10 dan 11 bahkan tanpa aplikasi. Dengan begitu kamu tidak perlu repot-repot mendownload aplikasi perekam layar, karena Windows telah menyediakan perekam layar bawaan. 

Berikut ini adalah cara merekam layar laptop di Windows 10 dan 11 tanpa aplikasi. 

Baca juga : Cara Mematikan Efek Animasi Pada Windows 10 Supaya Lebih Ringan

Cara Merekam Layar Laptop Di Windows 10 dan 11 Tanpa Aplikasi

  • Buka aplikasi yang ingin direkam
  • Buka X-Box Game Bar, kamu dapat mengaksesnya dengan Shortcut CTRL + G
  • Kemudian klik pada Start Recording seperti dibawah ini : 

Setelah itu perekam layar sudah aktif dan mulai merekam segala kegiatan komputasi kamu


  • Untuk menghentikanya, kamu cukup klik tombol Stop, dan kamu dapat menemukan hasil rekamannya dalam folder Video pada Subfolder Captures. 



Sebelum merekam video, kamu juga dapat mengatur pada pengaturan audio, juga dapat membuat timer kapan waktu untuk merekam, dan mengatur microphone yang cukup berguna saat kamu bermain game.

Tidak seperti aplikasi perekam video lainnya, perekam layar bawaan dari Windows ini tidak kaya akan fitur. Namun cukup berguna untuk kamu yang hanya sekedar merekam layar saja. 

Akhir kata, itulah cara merekam layar  laptop di Windows 10 dan 11 tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Semoga artikel ini bermanfaat ya!