Bisa Mempercepat Startup, Begini Cara Mematikan Program Pada StartUp Windows 7

gadgetmiaw.com - Program startup adalah program yang akan berjalan secara otomatis ketika komputer dinyalakan. Program berjalan dimulai dari program bawaan Windows, maupun program dari aplikasi pihak ketiga seperti Antivirus, Internet Download Manager, Google Chrome dan lain sebagainya. 

Porgram yang berjalan saat startup terkadang akan memberatkan laptop saat pertama kali dihidupkan. Biasanya hal ini disebabkan karena laptop memiliki spesifikasi yang rendah, apalagi progra startup yang berjalan cukup berat. 

Tentu hal ini akan mejadi hal yang menjengkelkan bagi pengguna, apalagi pengguna sedang dalam situasi genting seperti ingin melakukan presentasi atau akan mengadakan rapat. 

Untung Windows sendiri sudah menyediakan fitur untuk memilih program apa saja yang dapat berjalan  maupun program apa saja yang tidak diinginkan berjalan saat startup. Hal ini dapat kamu lakukan tanpa bantuan aplikasi / software tambahan untuk mematikan program yang berjalan pada saat pertama kali komputer dihidupkan. 

Cara Mematikan Program Pada Start Up Windows 7

  • Ketik "msconfig" tanpa tanda petik pada kolom pencarian di Start
  • Lalu tekan Enter
  • Kamu akan melihat System Configuration seperti dibawah ini, lalu klik Startup pada tab atas

Cara Mematikan Program Pada Start Up Windows 7
Source : Dokumen pribadi

  • Secara default, semua progaram yang ada disini dalam keadaan on yang artinya semua program disini akan berjalan saat laptop dinyalakan, disni kamu dapat menghapus centang program pihak ketiga apa saja. 
  • Setelah selesai, kamu cukup klik Apply lalu Close dan kamu akan menerima pesan untuk merestart komputer kamu dan kamu dapat klik Restart

Jangan mematikan program startup bawaan Operasi Sistem seperti Microsoft dan Intel. Coba perhatikan pada kolom Manufacturer.


Akhir kata, itulah cara mematikan program startup pada Windows 7 dengan mudah, tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dengan mematikan aplikasi-aplikasi startup yang berat, maka akan membuat proses startup laptop kamu akan lebih cepat dari biasanya. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu kamu ya!