Cara Mengatasi Shutdown Lama Pada Laptop Windows 10

 

Cara Mengatasi Shutdown Lama Pada Laptop Windows 10

gadgetmiaw.com - Bagi kamu yang mengalami masalah saat melakukan shudown pada laptop yang menggunakan Windows 10, kamu tidak sendirian karena banyak pula pengguna mengalami hal menjengkelkan yang demikian. 

Penyebab proses shutdown yang lama pada Windows 10 karena Windows membutuhkan waktu beberapa saat untuk mematikan segala proses program atau sistem yang berjalan sekaligus membersihkan RAM serta penyimpanan data. 

Maka dari itu, ketika laptop kamu mengalami masalah saat shutdown yang cukup lama, permaslahannya ada pada proses yang disebutkan diatas. Untuk meminimalisirnya, kamu dapat mengubah kebiasaan yang selalu shutdown laptop padahal masih ada program yang masih berjalan. 

Berikut adalah beberapa cara mengatasi shutdown lama pada laptop Windows 10 : 

#Cara 1. Mengandalkan Power Troubleshoot

Windows sendiri telah menyediakan sebuah fitur atau tool yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan perbaikan sistem dari beberapa masalah umum, contohnya seperti Power Troubleshoot yang berfungsi untuk mengatasi masalah power pada laptop. 

  • Untuk menggunakan tool ini, kamu dapat mengetik Troubleshoot lalu klik Troubleshoot (System settings) seperti pada gambar dibawah ini

Cara Mengatasi Shutdown Lama Pada Laptop Windows 10

  • Lalu klik Additional troubleshoot 
  • Pilih Power, lalu klik Run the troubleshooter

Cara Mengatasi Shutdown Lama Pada Laptop Windows 10


  • Klik Apply this fix 

Cara Mengatasi Shutdown Lama Pada Laptop Windows 10



Dan tunggu hingga proses troubleshooting selesai, dan pastikan semua status dalam keadaan Fixed, yang menandakan Troubleshooting berhasil. 



#Cara 2. Mematikan Fast Startup

Fast Startup berfungsi untuk mempercepat proses startup, walaupun akan mempercepat proses startup namun banyak pengguna yang mengalami dampak negatif dari fitur ini yakni memperlambat proses shutdown. Berikut langkah-langkah mematikan  Fast Startup : 

  • Tekan tombol Windows + R secara bersamaan untuk membuka Run, setelahjendela terbuka kamu dapat mengetik powercfg.cpl lalu enter
  • Kemudian kamu akan melihat beberapa menu yang ditampilkan dalam jendela pengaturan. kamu dapat memilih Choose what the power buttons do
  • Kemudian kamu akan diarhkan ke jendela lainnya, pilih Change settings that currently unavailable
  • Terakhir,kamu dapat menghilangkan centang Turn on fast startup pada Shutdown settings, lalu Save changes

Cara Mengatasi Shutdown Lama Pada Laptop Windows 10



Itulah cara mudah mengatasi shutdown lama pada laptop Windows 10 yang sering dialami banyak user. Sebelum melakukan shutdown, pastikan semua program diakhiri terlebih dahulu, dan pastikan tidak ada perangkat yang terhubung di laptop seperti kabel USB yang terhubung ke hp, flashdisk, atau perangkat eksternal lainnya. Karena bisa jadi driver pada perangkat yang masih terhubung merupakan salah satu penyebab mengapa proses shutdown menjadi lebih lama dari biasanya.