Cara Mengatasi Disk Usage 100% Di Windows Dengan Mudah

Cara Mengatasi Disk Usage 100% Di Windows Dengan Mudah


gadgetmiaw.com - Bagi para pengguna laptop dengan operasi sistem windows pasti pernah dong mengalami Disk Usage 100% dan ini sangat risih dikarenakan kinerja laptop menjadi lambat secara signifikan. 

Jika laptop atau komputer yang digunakan memiliki spesifikasi yag standar bahkan spesifikasi rendah, mungkin hal ini wajar terjadi mengingat rata-rata perangkat lunak (Software) sakarang bahkan sistem OS membutuhkan RAM yang lebih besar dan prosesor yang memadai. 

Jika Anda bingung untuk melihat status Disk yang sudah mencapai 100% Anda dapat membuka Task Manager pada komputer dengan menekan tombol CTRL + SHIFT + ESC secara bersamaan.

Masalah ini memang terbilang sangat menggangu apalagi kita sedang dalam bekerja menggunakan laptop itu sendiri maupun pada saat presentasi didepan klien. Jika komputer yang Anda gunakan masih menggunakan spesifikasi rendah dan menggunakan operasi sistem katakanlah windows 10 atau 11, maka ini adalah hal yang wajar terjadi.

Lalu bagaimana jika Anda menggunakan laptop dengan spesifikasi diatas rata-rata namun masalah ini juga terjadi?

Cara Mengatasi Disk Usage 100% Di Windows

Jika laptop atau komputer Anda mengalami masalah Disk Usage 100% seperti yang kita bahas diatas, untuk mengatasinya Anda dapat mengikuti langka-langkah berikut ini : 

1. Mengecek Kondisi Laptop

Nah sudah umum terjadi jika laptop menjadi lambat kebanyakan orang melakukan scan virus menggunakan antivirus bawaan maupun bukan dari bawaan windows, ini juga bukan tindakan yang salah. 

Sebelum memasuki cara kedua Anda harus pastikan dulu bahwa laptop Anda bebas dari malware dengan melalukan scan virus, setelahnya Anda daoat melihat Result nya. Jika ada malware yang menyerang Anda dapat mengkarantina maupun menghapusnya, setelahnya Anda dapat merestart laptop dan lihat performanya.

2. Matikan Fitur Windows search

Aktifnya Windows Search juga bisa saja menjadi penyebab laptop Anda mengalami Disk Usage 100%, jika Anda menggunakan laptop dengan spesifikasi diatas rata-rata Anda tidak perlu mematikan fitur ini. 

Untuk menonaktifkan Windows Search ikuti langkah berikut : 
  • Buka Task Manager dengan menekan tombol CTRL + SHIFT + ESC 
  • Kemudian klik Services pada bar 
  • Klik Services yang ada pada sudut kanan bawah sperti pada gambar dibawah ini


Cara Mengatasi Disk Usage 100% Di Windows Dengan Mudah



Kemdian Anda dapat mencari Windows Search dan klik 2x, lalu akan muncul jendela gambar dibawah ini : 

Cara Mengatasi Disk Usage 100% Di Windows Dengan Mudah

Pada startup type Anda dapat mengubahnya menjadi Disabled kemudian klik Apply.


3. Mematikan Automatic Update Windows

Ini merupakan beban terberat dan beban utama bagi Windows, Apalagi laptop Anda sedang terkoneksi dengan internet maka akan menimbulkan Overload Memory dalam rangka mengkoneksikan internet ke situs server Update Microsoft. 

Cara mematikan fitur ini dengan cara : 
  • Buka Control Panel
  • Kemudian Anda dapat memilih menu pada bagian System and Security
  • Lalu pilihlah menu Windows Update 
  • Ubah setelan atau Change Setting menjadi Never Check For Up-date 

Anda juga dapat mematikan Windows Search seperti cara di nomor 2, ketika muncul menu services Anda dapat mencari tulisan Windows Update dan pada startup type Anda dapat mengubahnya menjadi Disabled.


Nah, itulah 3 cara untuk mengatasi masalah Disk Usage 100% di Windows dengan mudah. Semoga informasi ini bermanfaat ya!