Bahaya Menginstal Game Cyberpunk Bajakan, Begini Dampak Negatifnya

 


gadgetmiaw.com - Pada hari Kamis 10 Desember 2020, Game Cyberpunk 2077 resmi dirilis setelah sekian lama mengalami penundaan yang sangat lama. Sekarang game ini dapat dimainkan di PlayStation 4, XBOX One, PC dan Google Stadia. 

Tahukah kamu? ternyata menjelang tanggal rilisnya game yang telah ditunggu-tunggu oleh penggemar ini, para ahli kemananan telah memnperingatkan mengenai penipuan yang beredar di internet yang menawarkan game Cyberpunk 2077 secara "gratis". 

Para pakar siber dan antivirus telah menemukan fakta yang mengejutkan, mereka menemukan sejumlah situs website dengan desain yang serupa dan dengan bahasa yang berbeda-beda. Website ini mengklaim memiliki salinan game Cyberpunk 2077 yang akan diberikan secara cuma-cuma kepada para pengguna internet. 

Namun hal ini bukan berita menyenangkan, melainkan kabar buruk yang harus diwaspadai oleh para penggemar Cyberpunk 2077. 

Pengunjung website akan diberikan sebuah tombol untuk mendownload game Cyberpunk 2077, ketika tombol ini di klik maka akan muncul tab browser baru yang seolah menunjukan kemajuan bahwa file salinan sedang di download kemudian game akan terbuka. Namun sayangnya, ini akan mengecewakan karena situs web akan mengarahkan pengunjung untuk memasukan kunci lisensi / serial number untuk mendownload game ini. 

Jika pengunjung tidak memiliki serial numbernya, website berbahaya ini akan mengarahkan pengunjung untuk menekan tombol "Get a license key", ketika tombol ini diklik maka pengunjung akan diarahkan ke website survey yang memberikan berbagai pertanyaan menyangkut data pribadi seperti nomor telepon dan email. 

Kerspersky mengatakan, informasi sensitif ini kemungkinan dapat dijadikan target serangan, karena data-data yang diberikan oleh pengunjung akan dijadikan untuk kampanye spam dimasa yang akan datang. Kerspersky juga menjelaskan, jika pengunjung tidak mengisi survey yang telah diberikan, maka pengunjung tidak akan mendapatkan lisensi. 

Dengan kebijakan ini, banyak pengunjung yang terjebak perangkap karena sangat ingin mencoba game yang lagi ngetren ini. 

setelah pengunjung menjawab seluruh survey, situs bahaya tersebut akan memberikan kode lisensi game Cyberpunk  2077, kode lisensi ini akan berjalan seperti biasanya dan membuat pengunjung senang karena sebentar lagi dapat memainkan game Cyberpunk 2077 ini. 

Setelah penginstalan selesai, saat ingin memainkan game pengguna malah dihadapkan dengan masalah bahwa file "DLL" yang diperlukan untuk menjalankan game tersebut hilang. 


Sementara itu, Ray Walsh merupakan Ahli Privasi Digital di ProPrivacy mengatakan : 

Konsumen harus sangat waspada terhadap iklan Pop-Up, Email, atau bahkan pesan media sosial yang akan memberikan kesempatan untuk mendapatkan game Cyberpunk 2077 dengan harga yang lebih murah. Jika menerima pesan apapun maupun iklan yang mengatakan akan memberikan kesempatan untuk memenangkan salinan game Cyberpunk 2077, anda harus segera menghapus pesan tersebut. 

Mengikuti tautan (berbahaya) tersebut akan menyebabkan data anda terkena pishing, dan dapat membuat (perangkat) anda terinfeksi malware yang memungkinkan peretas mendapatkan pijakan (akses) di komputer anda. 

Peretas secara aktif membuat situs website yang berbaya yang tampak dipercaya, dan membuat seolah konsumen dapat memenangkan salinan game Cyberpunk 2077

Pada kenyataannya, ketika konsumen mengklik tombol unduhan game Cyberpun 2077 selain dari situs-situs game terpercaya seperti Steam akan menyebabkan data pribadi anda di phising, atau (perangkat) berpotensi terinveksi malware. 


Akhir kata, jika ingin memainkan game Cyberpunk 2077 dengan aman, maka sebaiknya belilah game ini di situs game terpecaya seperti Steam, GOG, dan Epic Game Store. Jangan tergiur dengan email maupun pemberitahuan lainnya yang mengatakan bahwa kamu akan memungkinkan mendapatkan salinan Cyberpunk 2077 secara cuma-cuma alias gratis. Karena setelah kamu mengikuti selurih intruksi untuk mendownload game yang diarahkan oleh situs berbahaya itu, data kamu akan terancam dan perangkatmu akan terinfeksi oleh malware.