Alasan iPhone 12 Dijual Tanpa Charger Dan Earphone

 

Alasan iPhone 12 Dijual Tanpa Charger Dan Earphone


gadgetmiaw.com - Mungkin kamu sudah mendengar mengenai rumor negatif, bahwa iPhone 12 hadir tanpa disertai Charger dan Earphone. Rumor ini ternyata benar, iPhone 12 series akan hadir tanpa adanya 2 aksesoris yang dianggap krusial bagi para pengguna smartphone. 

Lisa Jackson yang merupakan VP Environment, Policy & Social Initiatives Apple, iPhone 12 tidak disertai Charger dan Earphone karena pihak Apple berupaya untuk mengurangi dampak lingkungan, yang disebabkan oleh kegiatan produksi produk Apple itu sendiri. 

Selain itu, Lisa juga mengatakan bahwa pengguna iPhone telah memiliki lebih dari 700 juta Lightning Headphone, dan 2 miliar Power Adapter Apple dari seluruh dunia hingga saat ini. 

Jadi, jika mereka memberikan Charger dan Earphone untuk sepaket iPhone 12, maka ini akan berdampak bertambahnya sampah baru. Pihak Apple juga mengatakan, pengguna dapat menggunakan aksesoris lama yang masih kompitabel dengan semua seri iPhone 12. 

Selain mempertimbangkan masalah lingkungan, ini berupaya untuk penghematan. Komponen 5G yang ada di semua model iPhone cukup mahal harganya. Dengan begitu, sebagai konpensasi, Apple mengorbankan Charger dan Earphone. 

Diperkirakan komponen frekuensi radio pada iPhone 12 saja biasanya sekitar 30% lebih banyak dari iPhone seri sebelumnya. Maka dari itu, Apple menekan ongkos dari aspek iPhone lainnya. 

Apple meyakini, bahwa pengguna iPhone seri sebelumnya masih memiliki Charger maupun Eraphone yang lama. Walaupun begitu, bisa jadi pengguna tetap membeli iPhone atau AirPods secara terpisah. Hal inilah yang akan menambah keuntungan Apple. 

Namun logikanya, jika pengguna membeli Charger maupun Earphone secara terpisah, baik itu resmi dari Apple maupun Vendor aksesoris lainnya, maka ini akan menambah kemasan / emisi karbon saat pengantaran barang. Ini memberikan kesan bahwa tujuan Apple untuk lebih ramah lingkungan menjadi "kurang" berhasil. 

Maka dari itu, tak heran banyak pihak yang menganggap langkah Apple yang cukup kontrovesional ini kurang efektif. 

Selain itu, penghematan biaya ini bukan hanya penghematan biasa saja. Dengan menghilangkan Charger dan Earphone pada iPhone 12 maka akan menambah laba Apple sekitar 1%. Walaupun memiliki angka yang kecil, namun angka itulah yang diperkirakan dapat membuat keuntungan dari iPhone tetap terjaga. 

Iska Maulana
Iska Maulana A Content Creator, Designer CAD 3D & Mechanical Engineering. I like technology!