Jenis-Jenis Kerusakan Layar Hp Yang Harus Kamu Ketahui

 

Jenis-Jenis Kerusakan Layar Hp Yang Harus Kamu Ketahui

gadgetmiaw.com - LCD merupakan salah satu komponen penting dari hp / smartphone, dikatakan slaah satu komponen yang penting dan krusial karena jika LCD rusak maka smartphone tidak dapat digunakan dengan baik, atau malah tidak dapat digunakan sama sekali jika memang LCD smartpohone sudah mengalami kerusakan yang parah. 

Menurut orang awam, kerusakan LCD dapat dilihat jika layar smartphone terlihat retak dan pecah. Namun sebenarnya, kerusakan LCD ini memiliki beberapa jenis yang jarang diketahui oleh orang awam. 

Langsung saja, berikut adalah beberapa jenis kerusakan LCD hp yang harus kamu ketahui. 


1. LCD Bergaris

Jenis-Jenis Kerusakan Layar Hp Yang Harus Kamu Ketahui
Source : unbox.ph


LCD bergaris disebabkan oleh adanya benturan keras, akibatnya ada beberapa bagian pada LCD yang mengalami kerusakan. Walaupun hp mengalami kerusakan LCD jenis ini, kamu masih dapat menggunakan hp kamu dengan baik, walaupun tidak lebih baik dari sebelumnya. 


3. No Backlight

Jenis-Jenis Kerusakan Layar Hp Yang Harus Kamu Ketahui
Source : microsoldering.com

No Backligt merupakan kerusakan LCD hp yang menunjukan layar tanpa adanya lampu Backligt LCD. Untuk megetahui dan memastikan kerusakan LCD No Backlight ini, kamu dapat menerangi layar hp kamu dengan senter. Jika kamu masih dapat melihat menu-menu ketika kamu terangi dengan senter, maka dapat dipastikan LCD kamu mengalami kerusakan No Bcaklight alias lamu Bcaklight mati. 

Penyebab kerusakan ini biasanya disebabkan oleh korosi, konslet, dan hp terbentur dengan keras. Jika hp kamu mengalami kerusakan seperti ini, kamu dapat meminta teknisi hp terdekat untuk melakukan layanan teknis, mereka akan melakukan Jumper pada kapasitor LCD. Namun jika kamu ingin mengganti dengan LCD yang baru juga tidak masalah. 


2. No Display

Jenis-Jenis Kerusakan Layar Hp Yang Harus Kamu Ketahui
Source : cultofmac.com


Kerusakan LCD No Display ditandai dengan layar hitam saja, kamu tidak akan melihat tampilan di layar seperti menu, logo dan sebagainya walaupun menerangi layar dengan senter. Jika kamu megalami masalah ini pada LCD, maka jalan satu-satunya adalah dengan mengganti LCD yang baru. 


4. Layar Hp Retak

Jenis-Jenis Kerusakan LCD Hp Yang Harus Kamu Ketahui
Source: vesttech.com

Layar hp retak biasanya disebabkan adanya benturan keras karena jatuh maupun tertindih. Walaupun bergitu, banyak pengguina hp yang masih dapat menggunakan hp seperti biasanya walaupun tidak sebaikn sebelumnya. Hp dengan kondisi layar retak juga dapat dijual, namun harganya akan sedikit menurun. 

Tidak ada solusi yang lain untuk kerusakan layar retak selain menggantinya dengan LCD yang baru. 


5. Layar Burn In

Jenis-Jenis Kerusakan LCD Hp Yang Harus Kamu Ketahui
Source: themrphone.com

Beberpa tahun kebelakang, banyak hp keluaran baru yang mengalami kondisi kerusakan layar Burn in, khususnya pada hp yang menggunakan layar tipe AMOLED dan IPS.

Burn In ini disebabkan oleh adanya masalah pada komponen, masalah ini bukan dikarenakan oleh penggunanya melainkan masalah yang sudah dibawah dari pabrikannya. Jika kamu membeli hp baru dan hp kamu mengalami kondisi ini, maka sebaiknya cobalah untuk berkonsultasi dan servis selama garansi masih ada. 


6. Layar Tidak Dapat Disentuh

Jenis-Jenis Kerusakan LCD Hp Yang Harus Kamu Ketahui
Source: cuinsight.com

Kerusakaan ini ditandai dengan layar yang tidak merespon saat disentuh, namun ada juga kasus dimana layar smartphone yang hanya merespon saat disetuh dibeberapa bagian saja. 

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kerusakan TouchScreen, bukan LCD. Karena TouchScreen menyatu dengan LCD, kamu dapat mengganti LCD dengan yang baru. 

Namun kamu juga dapat melakukan service dengan mengganti TouchScreennya saja di toko-toko service hp yang memili peralatan yang lengkap. 


7. Black / White Spot

Jenis-Jenis Kerusakan LCD Hp Yang Harus Kamu Ketahui
Source: reddit.com

Black atau White spot merupakan kondisi adanya bintik hitam atau putih yang ada di LCD hp. Kondisi ini tidak memperngaruhi kinerja Touchscreen, pengguna dapat menggunakan hp dengan semestinya. 

Biasanya kerusakan ini disebabkan karena smartphone tertindih, jika tidak segera diperbaiki maka akan memungkinkan bintik akan menyebar dan membuat mu tidak dapat melihat beberapa bagian pada layar smartphone kamu. 


Nah, akhir kata itulah beberapa jenis kerusakan LCD yang harus kamu ketahui. Beberapa kerusakan layar dapat diperbaiki tanpa mengganti LCD, seperti kerusakan Touchscreen misalnya. Namun tidak semua toko reparasi hp yang memiliki alat untuk mengganti Touchscreen, jika kamu tidak ingin ribet dan memiliki uang yang lebih maka kamu juga dapat mengganti LCD dengan yang baru.