Tips Membeli Hp Bekas Supaya Tidak Rugi, Pehatikan Beberapa Hal Ini

Tips Membeli Hp Bekas Supaya Tidak Rugi


gadgetmiaw.com - Apakah kamu berencana membeli hp bekas? membeli hp bekas tidak dapat dilakukan dengan asal beli saja, kamu harus lebih berhati-hati karena jika tidak bijak maka akan berpotensi merugi. 

Beda hal nya dengan membeli hp baru yang lebih rendah resiko kerusakan, dan walaupun mengalami kerusakan sekalipun kamu dapat mengklaim service dengan kartu garansi yang memungkinkan akan mendapatkan hp yang baru. 

Namun, bagaimana dengan hp bekas? jika hp yang ditawarkan masih bergaransi mungkin kamu tak perlu khawatir dikala hp bekas yang telah kamu beli rusak sebelum masa garansi resmi habis. 

Namun bagaimana ceritanya jika kamu membeli hp bekas kemudian hp mengalami kerusakan, namun tidak memiliki garansi resmi? 

Untuk mencegah kerugian saat membeli hp bekas, sebelum membeli hp bekas ada baiknya mengetahui tips membeli hp bekas supaya tidak rugi, dengan mem-perhatikan beberapa hal berikut ini.


1. Cek Tempat Pembelian

Ini merupakah hal utama yang harus kamu perhatikan, kamu harus membeli hp bekad ditempat yang terpecaya. Jika kamu ingin membeli hp di situs E-Commerce, pastikan penjual telah terverifikasi oleh situs tersebut. 

Selain itu, kamu juga dapat melihat ulasan para pembeli dengan melihat komentar, maupun rating yang diberikan oleh pembeli sebelumnya. Namun jika kamu membelinya pada orang yang tinggalnya masih satu kota, cobalah melakukan COD dan lakukan pengecekan sebaik-baiknya. 


2. Cek Fisik HP

Fisik merupakan hal yang umum yang menjadi sorotan utama saat membeli hp bekas. Pastikan fisik hp yang akan kamu beli masih mulus sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh penjualnya. 

Jika Hp dalam keadaan lecet masih dalam pemakaian wajar, mungkin kamu dapat membelinya. Namun jika hp yang akan kamu beli terlihat ada sompel-sompel di sudut hp, mungkin sebaiknya kamu harus berhati-hati. 


3. Cek Fungsi

Setelah melihat fisik secara keseluruhan, maka tahap selanjutnya adalah mengecek fungsi hp. Kamu dapat mencoba fungsi Bluetooth, Wi-Fi, Slot SIM Card dan MicroSD, Microphone, Speaker, Port audio jack (colokan earphone), cek fungsi Charger, kamera depan dan belakang, sensor, dan juga mengecek layar pastikan layar tidak bergaris, white/blackspot, dan Touchscreen dalam keaadaan baik. 


4. Tes IMEI

Langkah selanjutnya adalah cek IMEI hp yang akan kamu beli, karena ini akan menunjukan bahwa hp tersebut asli atau palsu.  

Untuk mengecek IMEI, kamu dapat melihat cara cek nomor IMEI Hp dengan mudah 


5. Cek Harga

Sebelum membeli Hp bekas, ada baiknya untuk mencari tahu harga pasaranntya. Kamu dapat membandingkan harga dengan harga penjual yang lain, baik itu dari situs E-Commerce maupun perorangan. 

Pastijan harga jual merupakan harga jual yang standar, namun jika Hp dijual dengan harga yang lebih murah, cobalah untuk menanyakan riwayat kerusakannya pada penjual. 


6. Minta Garansi

Jika kamu membeli Hp di situs E-Commerce, cobalah cari penjual yang memberikan garansi. Biasanya penjual memberikan garansi dan dapat diklaim jika pembeli memvideokan produk pada saat Unboxing. Selain itu kebijakan-kebijakan garansi disetiap penjual berbeda-beda, kamu dapat menyesuaikannya saja. 

Jika kamu beli hp bekas secara COD, cobalah untuk meminta garansi selama 1 hari saja. Kenapa cuma satu hari? karena dalam satu hari itu kamu dapat melihat bagaimana kondisi Hp yang sebenarnya. Seperti ketahanan baterai, apakah Hp itu sesekali mendadak padam, dan kemungkinan-kemungkinan lainnya. 


Nah akhir kata, itulah beberapa tips membeli hp bekas yang harus kamu ketahui. Tips-tips diatas sebiaknya diterapkan, untuk menghindari kerugiaan disaat membeli Hp bekas secara COD maupun online. 

Iska Maulana
Iska Maulana A Content Creator, Designer CAD 3D & Mechanical Engineering. I like technology!