Perbedaan Headsets, Headphones, Earphones dan Handsfree Yang Banyak Orang Keliru

Perbedaan Headsets, Headphones,  Earphones dan Handsfree


gadgtemiaw.com - Headset, earphone, headphone dan handsfree adalah istilah yang sering kita dengar, seringkali kita sudah sangat familiar dengan istilah tersebut. Headset, earphone, headphone dan handsfree sekilas memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mendengarkan musik dan microphone yang berfungsi sebagai alat bantu berbicara saat telepon atau merekam suara. 

Banyak orang beranggapan bahwa headset, earphone, headphone dan handsfree yang merupakan perangkat yang dapat digunakan untuk mendengarkan musik dan melakukan panggilan suara itu sama. Ternyata banyak orang-orang pada umumnya sering salah mengucapkan istilah tersebut yang sebenarnya berbeda.

Supaya tidak salah lagi dan tahu lebih banyak tentang perbedaan headset, earphone, headphones dan handsfree, yuk simak terus artikel ini hingga selesai guys !.

1. Headset

Perbedaan Headsets, Headphones,  Earphones dan Handsfree
Headset merupakan salah satu perangkat untuk mendengarkan musik yang dilengkapi dengan microphone, mungkin anda sudah sangat familiar dengan headset ini karena rata-rata banyak youtuber gaming menggunakan headset untuk membuat konten game nya.

Dengan menggunakan headset, pengguna dapat mendengarkan musik, panggilan video menggunakan Skype, Zoom dan aplikasi lainnya. Headset sering kali dipasang pada perangkat desktop.

Selain itu, headset ini memiliki 2 kabel jack audio yaitu kabel untuk mikrofon dan kabel untuk output speaker.



2. Earphone

Perbedaan Headsets, Headphones,  Earphones dan Handsfree
Earphone adalah perangkat sederhana untuk mendengarkan musik. Dengan ukuran yang kecil earphone ini mudah dibawa kemana-mana. Biasanya earphone banyak digunakan untuk perangkat mobile yang biasa digunakan untuk mendengarkan musik dalam berbagai aktivitas.


3. Headphone

Perbedaan Headsets, Headphones,  Earphones dan Handsfree


Sepintas headphone memiliki bentuk yang sama dengan headset karena diawali dari kata "Head", namun ternyata headset dan headphone adalah 2 perangkat yang berbeda. Jika headset memiliki mikrofon yang menonjol ke depan untuk panggilan telepon dan panggilan video, headphone tidak memiliki mikrofon seperti itu. 

Jadi headphone memang khusus untuk mendengarkan saja, headphone juga banyak digunakan oleh para editor, untuk mendengarkan suara saat melakukan editing, dan juga sering digunakan saat podcasting.


4. Handsfree

Perbedaan Headsets, Headphones,  Earphones dan HandsfreePerbedaan Headsets, Headphones,  Earphones dan Handsfree

Handsfree adalah salah satu jenis perangkat earphone yang dilengkapi dengan beberapa tambahan seperti tombol yang berfungsi untuk menerima panggilan, tombol volume, tombol play atau pause dan beberapa produsen atau developer handsfree juga menambahkan tombol Prev dan Next untuk mengontrol musik. Biasanya handsfree sering dijumpai di dashbook ponsel, dan juga sering dijumpai di pasaran.

Akhir kata, sekian artikel mengenai perbedaan antara headset, earphone, headphone, dan handsfree. Keempat perangkat tersebut sebenarnya memiliki perbedaan secara fungsional, namun orang sangat familiar dengan kata Headset atau hendset yang dikenal sebagai perangkat untuk mendengarkan musik atau untuk panggilan telepon. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan sobat semua. Terima kasih telah berkunjung..