Perbedaan Antara RAM DDR3 Dan DDR3L Yang Harus Kamu Ketahui

gadgetmiaw.com - Perbedaan Antara RAM DDR3 Dan DDR3L  - Seperti kita ketahui bersama, RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah komputer atau laptop. Karena jika RAM pada laptop rusak atau bermasalah maka laptop tidak dapat berjalan dengan baik, apalagi tidak menggunakan RAM.

Jika berbicara tentang RAM pasti sudah tidak asing lagi istilah Double Data Rate atau disingkat DDR, hingga saat ini RAM sudah mencapai generasi DDR5, karena ini masih tergolong baru, biasanya RAM DDR5 hanya terdapat pada laptop baru saja .

Percaya atau tidak, hingga saat ini banyak pengguna laptop yang masih menggunakan RAM DDR3 atau DDR3L, mungkin penyebabnya karena mereka masih menggunakan laptop generasi sebelumnya. Namun perlu diingat, sebagian besar laptop yang menggunakan prosesor Intel generasi ke-4 dilengkapi dengan RAM DDR3L secara default. Lalu apa perbedaan antara RAM DDR3 dan DDR3L? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

PERBEDAAN RAM DDR3 DAN DDR3L


Jika dilihat dari segi fisik, RAM DDR3 dan DDR3L akan terlihat sama dan tidak ada perbedaan, hal ini terlihat dari dimensi dan posisi celah pada RAM tersebut. Namun ternyata ada kode khusus yang membedakan RAM DDR3 dan DDR3.

RAM yang memiliki kode PC dan diakhiri dengan L adalah DDR3L, dan jika RAM yang memiliki kode PC tanpa L adalah DDR3. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar di bawah ini.
Perbedaan Antara RAM DDR3 Dan DDR3L
Source: akshatblog.com

Untuk perbedaan dari segi teknis, DDR3 membutuhkan tegangan 1,5 V kemudian hanya bekerja pada tegangan tersebut, DDR3L membutuhkan tegangan 1,35 V dan terus bekerja pada tegangan 1,5 V. Selain itu, secara teknis DDR3 dikenal sebagai Single Voltage Capable Memory yang hanya dapat bekerja pada tegangan 1,5 V dan tidak dapat bekerja pada tegangan 1,35 V. Sedangkan DDR3L dikenal dengan Dual Voltage Capable Memory yang dapat bekerja pada tegangan 1,35 V dan 1,5 V.v

Bisakah Anda menggunakan RAM DDR3L pada laptop DDR3?

Dengan melihat kapasitas kerjanya, DDR3L yang dapat bekerja pada tegangan 1,35 V dan 1,5 V serta dipasang pada slot RAM yang pada dasarnya adalah DDR3 sehingga dapat dikatakan BISA. Namun jika RAM DDR3 dipasang pada slot RAM DDR3L maka ini TIDAK BISA karena RAM DDR3 hanya mampu bekerja pada tegangan 1,5 V saja.

Walaupun RAM DDR3 dapat diganti dengan RAM DDR3L, sebaiknya gunakan RAM sesuai dengan ketentuan dasarnya, karena beberapa kasus pada pengguna yang menggunakan DDR3L pada laptop yang pada dasarnya menggunakan DDR3 awalnya tidak berdampak, setelah beberapa bulan penggunaan RAM tidak berfungsi dengan baik atau malah tidak berfungsi dengan baik. dikatakan dengan terjadinya ERROR.

Nah, sekarang kalian sudah tau apa sih perbedaan RAM DDR3 dan DDR3L? Dengan begitu sobat mendapat ilmu baru dan kedepannya sudah paham dalam memilih RAM untuk laptop. Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa share ke teman-teman kalian ya!
Iska Maulana

A Content Creator, Designer CAD 3D & Mechanical Engineering. I like technology!

Lebih baru Lebih lama