Cara Agar Laptop Tetap Nyala Saat Ditutup Di Windows 10/11 - Gadgetmiaw

Cara Agar Laptop Tetap Nyala Saat Ditutup Di Windows 10/11

Apakah bisa membuat laptop tetap nyala saat di tutup? jawabannya tentu saja bisa sob. Secara default, laptop akan otomatis Sleep atau Hibernate saat layar ditutup, namun tahukan sobat tenyata kita juga dapat mengaturnya supaya laptop tetap menyala sehingga tidak mengganggu pekerjaan yang sedang kamu lakukan di laptop. 

Mode seperti ini sangat dibutuhkan pada moment-moment tertentu, misalnya ketika buru-buru ingin pergi ngampus namun transfer data yang dihubungkan Flashdisk belum selesai. Dalam keadaan seperti ini kamu dapat membuat laptop tetap menyala walau ditutup, sehingga tidak mengganggu proses transfer data. 

Namun dengan catatan tidak mengganggu Flashdisk, supaya proses transfer data tidak terhambat.

 

Cara Agar Laptop Tetap Nyala Saat Di Tutup

Nah, bagi kamu yang belum tahu bagaimana caranya, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan tutorial cara agar laptop tetap menyala walau layar ditutup.

Langkah pertama adalah buka Control Panel dengan mengetik "Control Panel" di kolom pencarian lalu tekan Enter. Selain itu kamu juga dapat mengakses Control Panel melalui menu Run dengan cara menekan tombol Windows + R lalu ketik Control kemudian tekan Enter maka secara otomatis kamu akan dibawa ke menu Control Panel. 

Setelah masuk ke Control Panel pilih Hardware and Sound kemudian pilih Power Options

Kemudian pada menu bagian samping kiri, pilih Choose what closing the lid does

Cara Agar Laptop Tetap Nyala Saat Ditutup Di Windows 10/11


Pada opsi "When i close the lid" pilih Do Nothing seperti pada gambar dibawah ini, lalu Save Changes

Cara Agar Laptop Tetap Nyala Saat Ditutup Di Windows 10/11

Setelah melakukan langkah-langkah diatas, laptop kamu akan tetap menyala walaupun layar di tutup. Untuk mengubahnya menjadi seperti semula (default), kamu dapat mengulangi langkah diatas lalu pada opsi "When i close the lid" pilih Sleep ataupun Hibernate


Akhir kata, itulah cara agar laptop tetap menyala saat layar ditutup yang dapat kamu lakukan di Windows 10 ataupun Windows 11. Semoga informasi ini bermanfaat ya sob!