Cara Mengaktifkan VoLTE Telkomsel, Ketahui Dulu Syarat-Syarat Ini Loh!!

Cara Mengaktifkan VoLTE Telkomsel, Ketahui Dulu Syarat-Syarat Ini

gadgetmiaw.com - Bagi kamu pengguna Telkomsel pasti sudah tidak asing dengan VoLTE (Voice Over LTE), yang memungkinkan pengguna dapat melakukan telepon melalui jaringan LTE atau 4G. Layanan VoLTE ini tidak hanya ada di Operator Telkomsel saja, juga ada di beberapa Operator di Indonesia. 

VoLTE merupakan layanan yang cukup menarik pengguna, karena dapat melakukan panggilan telepon melalui data sekaligus menggunakan internet tanpa mengalami ganguan.

Untuk informasi tambahan, Telkomsel sendiri sudah menyediakan layanan VoLTE di 514 kota/kabupaten di Indonesia, dan sudah dapat gunakan pada 100 jenis hp yang dijual resmi di Indonesia. 

Jika kamu ingin menikmati layanan ini, pastikan hp kamu sudah mendukung jaringan 4G/LTE, dan pastikan juga bahwa daerah tempat kamu tinggal sekarang sudah menjangkau layanan VoLTE Telkomsel. Jangan lupa pastikan juga bahwa hp kamu juga sudah mendukung fitur VoLTE. 


Cara Mengaktifkan VoLTE Telkomsel

  • Buka Settings di hp kamu
  • Kemudian pilih menu Koneksi
  • Lalu pilih Jaringan Seluler
  • Lalu klik Toggle Panggilan VoLTE


Note : 
Setiap hp memiliki cara mengakses menu VoLTE yang berbeda-beda, namun tidak jauh beda dari langkah diatas. Pada langkah diatas saya contohkan menggunakan Hp Samsung, dimana SIM 1 merupakan SIM Default untuk fitur VoLTE. 

Setelah mengaktifkan fitur VoLTE, kamu sudah dapat menikmati layanan VoLTE ke sesama perangkat yang sudah mendukung fitur VoLTE juga. 

Kelebihan Layanan VoLTE

  • Dapat melakukan panggilan telepon dan internet secara bersamaan
  • Pangguilan telepon memiliki kualitas suara yang lebih baik dan jernih dibandingakan dengan panggilan telepon biasa
  • Dapat melakukan Video Call dengan sesama pengguna VoLTE yang sama mudahnya melakukan panggilan seperti biasa


Kekurangan Layanan VoLTE 

  • Tidak semua pengguna Telkomsel dapat menggunakanannya
  • Hp harus mendukung fitur VoLTE
  • Hanya dapat digunakan/dinikmatik di daerah tertentu saja yang sudah menjangkau VoLTE


Walaupun layanan ini sudah menjangkau 514 kota/kabupaten di Indonesia, nyatanya banyak pengguna masih setia menggunakan telepon menggunakan paket data menggunakan aplikasi perpesanan seperti WhatsApp dan Telegram. 

Perbedaan diantara keduanya adalah, jika aplikasi perpesanan menggunakan kuota utama, melakukan panggilan telepon menggunakan layanan VoLTE ini terkadang menggunakan kuota data daru paket khususnya. 



Penutup

Sekian penjelasan mengenai apa itu VoLTE Telkomsel dan bagaimana cara mengaktifkan VoLTE untuk dapat melakukan panggilan telepon melalui paket data. Semoga informasi ini bermanfaat ya!