Apa Itu PDAF Pada Kamera Hp? Simak Penjelasannya

Apa Itu PDAF Pada Kamera Hp

gadgetmiaw.com - PDAF adalah singkatan dari Phase Detection Auto Focus, yang kini menjadi salah satu tekonologi penting yang sudah disematkan pada banyak kamera smartphone untuk menghasilkan foto yang lebih baik. 

Teknologi PDAF merupakan teknologi autofokus, yang memiliki kemampuan dalam mengunci fokus yang lebih cepat dan tepat daripada CDAF (Contrast detection autofokus) yang hanya dalam waktu 0,3 detik. PDAF dapat bekerja pada objek foto yang bergerak, baik jauh maupun dekat. 

Pada PDAF sebagian sensor kameranya membandingkan cahaya dari sisi yang berbeda pada lensa kamera. Jika profil cahaya memiliki kesamaan, maka gambar akan mencapai titik fokusnya. Sedangkan jika cahayanya tidak sama, maka sistem akan melakukan penyesuaian. 

Teknologi PDAF banyak digunakan dalam inovasi baru karena memiliki kemampuan dalam mengatur fokus kamera yang lebih mumpuni sehingga mampu menghasilkan gambar yang lebih jernih. 

Teknologi PDAF ini sudah sangat banyak ditemukan di berbagai smartphone, mulai dari smartphone kelas menengah hingga atas karena para produsen sadar bahwa teknologi ini benar-benar harus disematkan dalam produk-produk ponsel mereka.