5 Kebiasaan Sepele Yang Membuat Laptop Cepat Rusak

 

Kebiasaan Sepele Yang Membuat Laptop Cepat Rusak

gadgetmiaw.com - 5 Kebiasaan Sepele Yang Membuat Laptop Cepat Rusak  - Dijaman sekarang gadget yang gak kalah penting dari hp adalah laptop. Laptop dapat digunakan dalam mengerjakan tugas, melakukan berbagai pekerjaan, atau bahkan dapat dijadikan sebagai alat untuk diajak bersenang-senang seperti menonton film maupun bermian game hingga videocall. 

Namun sayangnnya, banyak pengguna tidak bijak dalam menggunakan laptop alapagi merawatnya. Mungkin bukan disengaja, melainkan ketidaktahuan mereka bahwa hal-hal sepele yang sering mereka lakukan ternyata berbahaya karena akan membuat laptop cepat rusak. 

Berikut adalah 5 kebiasaan sepele yang membuat laptop cepat rusak, yang sebaiknya dihentikan. 


1. Meletakkan Laptop Diatas Permukaan Yang Empuk

Terkadang karena lelah duduk seharian dikantor, kebanyakan orang akan menonton film di laptop diatas kasur sambil menunggu waktu tidur. Kebiasaan ini mungkin terlihat nyaman, padahal hal ini akan membuat laptop cepat rusak secara perlahan.

Permukaan yang empuk seperti bantal, kasur maupun sofa akan membuat lubang-lubang sirkulasi udara dibawah laptop akan tertutup, dan membuat laptop menjadi cepat panas. Tentu ini akan mebahayakan laptop karena akan mengalami Overheat pada komponen-komponen inti. Maka sebaiknya, kebiasaan menaruh laptop dipermukaan yang empuk dihentikan mulai sekarang ya sob!


2. Meletakkan Minuman Yang Sangat Dekat Dengan Laptop

Ketika menggunakan laptop, kebanyakan orang akan meletakkan minuman yang sangat dekat dengan laptop. Lantas kenapa meletakkan minuman didekat laptop masuk kedalam daftar ini? 

Sebenarnya meletakkan minuman yang sangat dekat dengan laptop tidak ada kaitannya dengan kerusakan laptop. Justru, hal ini akan membuat penggunanya secara tidak sengaja menumpahi minuman lalu mengenai laptop dan akan membuat laptop rusak. 

Jika hal ini terjadi, cobalah untuk mengikuti tips-tips berikut ini


3. Jarang Membersihkan Laptop

Para pengguna laptop biasanya suka menyepelekan mengenai kebersihan laptopnya, padahal tanpa disadari jika laptop kotor dan komponen dalamnya dipenuhi dengan debu, maka hal ini akan mengurangi kinerja laptop dan laptop pun rentan panas. Sebaiknya kamu memerhatikan kebersihan laptop dengan membuat jadwal pembersihan komponen dalam selama 3 bulan sekali. Jika kamu tidak dapat membongkar casing laptop, kau dapat membawanya ke toko komputer terdekat. 

Selain itu, kebersihan  layar laptop juga harus tetap dijaga. Kamu dapat membersihkannya secara rutin dalam waktu seminggu sekali. 


4. Mengisi Daya Baterai Laptop Diatas 30%

Jika kamu kebiasaan mengisi daya baterai laptop diatas 30%, maka kebiasaan ini harus segera dihentikan. Mengisi daya baterai diatas 30% akan membuat kemampuan baterai dalam penyimpanan daya menjadi berkurang, ini akan mengakibatkan baterai laptop cepat rusak. Maka dari itu, ada baiknya mengisi ulang baterai laptop pada saat baterai sudah 10%. 


5. Membiasakan Menaruh Hp Didekat Laptop

Pas lagi bikin tugas biasanya kebanyakan orang menaruh hp di saming laptop, gunanya supaya ketika membutuhkan hp maka tidak repot-repot lagi untuk mengambil hp di saku celana. 

Sebagian bersar orang pasti pernah melakukan ini, tanpa disadari hal ini juga akan memicu terjadinya kerusakan pada laptop. 

Smartphone dapat mengeluarkan medan magnet, tentu ini berbahaya jika diletkkan dengan benda yang memiliki medan yang sama. Tak hanya merusak laptop, kebiasaan ini juga dapat merusak ponselmu. Berikan jarak antara 15 hingga 30 cm dan usahakan tidak menaruh hp yang terlalu berdekatan dengan laptop. 



Akhir kata, itulah 5 kebiasaan sepele yang membuat laptop cepat rusak. Apakah sobat pernah melakukan salah sati dari 5 hal sepele diatas? atau malah pernah melakukan semuanya? untuk menjaga laptop supaua lebih awetm sebaiknya kebiasaan-kebiasaan sepele tersbeut dihentikan ya sob !