Cara Mengatasi Laptop Terkena Air, Segera Lakukan Tindakan Ini !

Cara Mengatasi Laptop Terkena Air




gadgetmiaw.com - Cara Mengatasi Laptop Terkena Air - Saat mengerjakan laptop, seperti mengerjakan skripsi dan menyelesaikan pekerjaan project klien, tentunya lebih nikmat bila ditemani secangkir teh atau kopi hangat sehingga akan menambah mood dan mengatasi kantuk. Tapi bagaimana ceritanya jika kopi atau teh yang kita taruh di samping laptop tumpah dan membasahi laptop? pasti kejadian seperti ini akan membuat kita kesal apalagi saat mengejar deadline dengan waktu yang semakin sempit. 

Lalu, bagaimana cara menangani laptop yang kena air? dan bagaimana penanganan pertamanya? nah buat sobat yang mengalami hal-hal yang mengganggu seperti ini, mungkin tips berikut ini bisa membantu sobat semua untuk mengatasi laptop yang terkena air untuk mencegah kerusakan. 

Cara Mengatasi Laptop Terkena Air

1. Cabut kabel pengisi daya 

Ini adalah hal terpenting dan terpenting yang dapat Anda lakukan, mengingat laptop yang terkena air akan memberikan arus listrik yang jauh lebih tinggi yang tentunya akan mengakibatkan sengatan listrik. Oleh karena itu, hal ini mengakibatkan komponen penting di dalam laptop rusak akibat efek korosi yang disebabkan oleh tumpahan air.

2. Bersihkan air yang terlihat dipermukaan

Tindakan kedua yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan cairan yang terlihat di permukaan laptop dengan kain atau tisu tipis. Tisu tipis sangat disarankan karena memiliki daya serap yang cukup tinggi sehingga akan lebih cepat mengeringkan air pada permukaan laptop.

3. Melepaskan komponen laptop yang mudah dibuka

Jika laptop terkena air setelah mencabut charger saat laptop sedang mengisi, dan membersihkan permukaan air yang terlihat, tindakan selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melepas komponen laptop seperti keyboard dan baterai (bukan baterai yang tanam).

4. Balikkan laptop dengan layar menghadap ke bawah

Setelah melepas komponen laptop yang mudah dibuka seperti baterai atau keyboard, langkah selanjutnya buka laptop selebar-lebarnya kemudian balikkan laptop hingga layarnya mengarah ke bawah, sehingga air yang sudah masuk celah bisa langsung turun dan mengering. Biarkan laptop dalam posisi itu selama kurang lebih 2 jam. Jika cairan yang tumpah lengket seperti kopi dan sebagainya, sambil menunggu kamu bisa membersihkan keyboard menggunakan cotton bud, kuas atau kain dengan menambahkan sedikit air agar mudah dibersihkan.

5. Melepaskan perangkat keras

Jika kamu berani melangkah lebih jauh maka ini lebih baik, kamu juga dapat melepas semua perangkat keras di dalam laptop seperti motherboard, RAM, dan hard drive. Perangkat keras tersebut dapat kamu bersihkan satu persatu menggunakan kain yang bertekstur lembut, khusus untuk RAM kuningan dapat anda bersihkan pada RAM menggunakan penghapus pensil. Untuk melepas hardware sebaiknya dilakukan dengan cara yang benar agar tidak mengalami kerusakan lainnya seperti casing yang kendor dan kabel flexibel yang putus. Kamu dapat melihat tutorialnya di YouTube sesuai dengan merk dan tipe laptop yang kamu miliki.

6. Memasang dan menghidupkan kembali

Setelah 5 langkah diatas anda lakukan dan laptop serta hardware / komponen lainnya sudah dibersihkan dan dikeringkan, anda dapat memasang kembali kemudian coba hidupkan laptop menggunakan daya baterai terlebih dahulu, sebelum mencoba mengisi daya listrik secara keseluruhan.


Itulah beberapa langkah cara mengatasi laptop yang terkena air sebelum kamu membawanya ke tempat perbaikan komputer. Jika semua langkah diatas sudah anda lakukan namun hasilnya nihil, maka terpaksa kamu bawa laptop anda ke tempat perbaikan komputer untuk mendapatkan penanganan dan perawatan lebih lanjut, bisa jadi ada hardware / komponen lain yang perlu diganti atau penyebab yang lain. 
Iska Maulana
Iska Maulana A Content Creator, Designer CAD 3D & Mechanical Engineering. I like technology!