Baterai Hp Kamu Cepat Habis? Ikuti Cara Membuat Baterai Hp Awet Kembali

Cara Membuat Baterai Hp Awet Kembali


gadgetmiaw.com - Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin hari semakin canggih. Kini banyak orang memiliki smartphone yang akan memudahkan dalam kegiatan sehari-hari, seperti bekerja, belajar, bahkan untuk asik-asikan nonton video streaming hingga bermain game.

Smartphone, kerap memiliki masalah pada baterai dan masalah ini sudah dialami oleh rata-rata pengguna smartphone di seluruh dunia. Faktor ini disebabkan oleh waktu pengisian daya atau bahkan faktor usia yang memerlukan penggantian baterai baru.

Jika melihat di setiap cafe juga telah disediakan stopkontak gratis yang ditujukan untuk pengunjung warnet untuk mengisi baterai hp mereka, hal ini bukan tanpa alasan karena pihak cafe sudah menyadari bahwa manusia jaman sekarang khususnya pengguna hp sangat membutuhkan colokan listrik atau stopkontak.


Nah buat kamu yang ingin membuat baterai hp kamu awet kembali dan mencegah baterai kembung, coba ikuti tips-tips dibawah ini.


1. Tidak Mengisi Baterai Hp Semalam

Banyak pengguna Smartphone melakukan hal yang merugikan ini, karena mereka ingin Smartphone mereka terisi penuh saat bangun dari tidur.

Bahkan banyak yang beranggapan bahwa mengisi daya hp saat dalam keadaan mati lebih baik dan dianggap lebih aman karena pengisian baterai akan terhenti saat baterai sudah penuh. Padahal, baterai akan terus diisi hingga charger hp kamu dicabut. Sebaiknya isilah daya sebelum tidur hingga kurang lebih 50%, untuk mengisi baterai sampai pagi sangat tidak dianjurkan ya sob!

2. Kurangi Tingkat Kecerahan Hp kamu

Layar merupakan komponen yang menghabiskan banyak daya baterai hp. Untuk itu sebaiknya kamu mengurangi tingkat kecerahan, selain itu kamu juga dapat mengatur kecerahan hp kamu dalam keadaan auto-brightness, pasti ada dong di hp kamu!

Namun, jika kamu menggunakan auto brightness, baterai kamu akan lebih hemat karena sensor cahaya akan mengatur eksposur cahaya. Jadi tingkat kecerahan akan menyesuaikan dengan cahaya yang ada, jika kamu bermain hp diruang yang redup, maka kecerahan layar hp kamu juga akan ikut redup secara otomatis yang menyesuaikan cahaya. 

3. Menggunakan Tema Gelap

Pengguna smartphone dengan layar AMOLED mendapatkan keuntungan dari fitur tema gelap atau Mode Gelap. Tidak seperti LCD biasa yang hanya memblokir cahaya beberapa piksel, tema gelap pada layar AMOLED sama sekali tidak menggunakan cahaya. Namun jika hp kamu bukan AMOLED meski menggunakan tema gelap maka tidak ada perubahan pada peningkatan daya baterai.

4. Matikan aplikasi media sosial yang bekerja di latar belakang

Tanpa disadari, setelah menggunakan media sosial para pengguna smartphone tidak benar-menutup aplikasi sosial media mereka sepenuhnya. Dalam artian sosial media akan tetap aktif dan bekerja dilatar belakang hp. Perlu diketahui, beberapa aplikasi media sosial memiliki fitur melacak lokasi secara otomatis, ini salah satu faktor yang membuat baterai hp kamu cepat habis dan tidak awet.

5. Aktifkan Batas Waktu Layar

Terkadang pengguna Smartphone lupa untuk mematikan layar atau mengunci layar setelah digunakan, oleh karena itu layar akan terus bekerja hingga Smartphone menajadi panas dan memakan banyak daya baterai.

Dengan begitu, kamu harus menyetel Batas Waktu Layar secara otomatis. Hal ini bertujuan untuk membuuat baterai lebih awet. Kamu dapat memilih waktu antara 30 detik hingga 1 menit.


Nah, itulah beberapa tips atau cara membuat baterai hp awet kembali. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu ya sob !