Waspadalah ! Inilah Beberapa Penyebab Laptop Mati Tiba-Tiba

 

Penyebab Laptop Mati Tiba-Tiba

gadgetmiaw.com - Laptop yang mati tiba-tiba seolah tanpa penyebab nya adalah sesuatu yang menjengkelkan, apalagi pas timing-nya lagi kejar deadline, disaat harus mempresentasikan project didepan klien, atau melakukan aktifitas komputasi yang lain.  Tak dapat dipungkiri, hal ini pasti sewaktu-waktu akan terjadi, dan tentu ada sebab nya yang membuat laptop mati secara tiba-tiba. 

 Hal ini bukan jarang terjadi, bahkan kebanyakan pengguna laptop pernah mengalami hal ini. Lalu apa sih penyebab laptop mati tiba-tiba? nah supaya kamu tau, yuk disimak terus artikel ini sampai selesai ya guys.. 


Penyebab Laptop Mati Tiba-Tiba

Berikut adalah penyebab-penyebab yang membuat laptop mati secara tiba-tiba : 

1. Overheat

Faktor utama yang sering terjadi yang menyebabkan laptop mati tiba-tiba adalah Overheat atau laptop terlalu panas. Hal ini bisa jadi dikarenakan laptop yang sedang digunakan yang ditempatkan di permukaan tidak rata, seperti bantar, kasur, diatas paha dan lain sebagainya. Ini akan menghambat sirkulasi udara yang menyebabkan laptop overheat dan mendadak mati karena perangkat hardware laptop juga ikut panas. 


2. Kipas Pendingin Prosesor Kotor

Faktor kedua yang menyebabkan laptop mati mendadak adalah, dikarenakan kipas pendingin prosesor yang sudah kotor dan sudah ditumpuki oleh debu. Jika kipas pendingin laptop dalam keadaan sangat berdebu maka secara otomatis akan menghambat kinerja kipas pendingin tersebut. Saat kipas pendingin mulai tidak bekerja dengan optimal dikarenakan debu, maka ini akan menyebabkan suhu prosesor meningkat hingga overheat, secara otomatis prosesor tidak dapat bekerja dengan baik lalu laptop pun mati. 


3. Pasta Prosesor Mengering

Pasta prosesor berguna untuk menghambat panas dari prosesor ke heatsink. Jika kamu belum tau, heatsink merupakan komponen bermaterial logam yang didesai khusus yang dipadukan dengan alumunium dan tembaga, ini berfungsi untuk menyebarkan proses transfer panas dari prosesor. Maka dari itu, jika pasta prosesor kering maka ini akan membuat panas akan menuju heatsink dan akan memperngaruhi prosesor dan sangat rentan rusak, dan membuat laptop mati secara tiba-tiba. 


4. Memaksakan Penggunaan Laptop

Memaksakan penggunaan laptop yang dimaksud adalah, menggunakan laptop diluar kemampuan sesuai spesifikasinya. Misalnya laptop menggunakan intel celeron dan hanya mengandalkan VGA dari intel HD, kamu melakukan akitivitas komputasi secara multitasking dengan aplikasi-aplikasi yang berat, atau bermain game berat yang memerlukan VGA yang khusus untuk gaming, maka ini akan sangat memberatkan laptop. Tak heran, jika laptop mati secara tiba-tiba disaat menggunakannya diluar batas kemampuannya. 


5. RAM Kotor

RAM memang berada didalam laptop, namun bukan berarti RAM tidak bisa kotor. Biasanya ram kotor karena debu yang menumpuk atau kaki-kaki ram (kuningan) yang mulai bekerak karena jarang dibersihkan atau faktor usia. RAM merupakan komponen krusial untuk mengoptimalkan kinerja laptop, karena ini berfungsi sebagai penyimpanan sementara. Maka dari itu kamu harus memeriksanya secara berkala. 


6. Motherboard Bermasalah

Motherboard juga merupakan salah satu komponen laptop yang sangat penting, motherboard berguna untuk menghubungkan satu komponen ke komponen yang lain sehingga laptop dapat bekerja dengan semestinya. Jika motherboard bermasalah otomatis kinerja akan terhambat, dan tidak menutup kemungkinan laptop akan mati secara tiba-tiba, dan lebih parahnya lagi laptop tidak dapat dihidupkan kembali. Masalah pada motherboard bisa jadi dikarenakan faktor usia, atau melakukan aktifitas komputasi diluar wajar atau memaksa laptop untuk bekerja secara terus menerus. 


Akhir kata, itulah beberapa penyebab laptop mati tiba-tiba yang sering dikeluhkan oleh kebayakan orang. Semoga artikel ini bermanfaat, dan juga akan mendorongmu untuk menggunakan laptop sesuai dengan spesifikasi standarnya. Jangan lupa di share ke teman-teman kamu jika artikel ini bermanfaat ya sob !