Cara Mengatasi Hp Dicas Tapi Tidak Mengisi, Ternyata Ini Penyebabnya



Melakukan pengisian daya baterai hp sudah menjadi rutinitas harian setiap orang saat presentase daya baterai sudah hampir habis. Namun, sayangnya sebagian orang mengalami masalah pengisian daya dimana hp di cas tapi tidak mengisi daya baterai. 

Selain daya baterai yang tidak bertambah saat mengisi daya, ada juga masalah yang serupa dimana baterai hp tidak bisa 100 persen saat diisi ulang daya baterai. Namun hal ini bisa jadi merupakan tanda bahwa kualitas baterai sudah menurun akibat masa pemakaian yang lama. 

Bagi kamu pengguna iPhone dapat langsung cek kesehatan baterai iPhone melalui Battery Health di pengaturan. Sedangkan cara cek kesehatan baterai hp Android harus melalui aplikasi pihak ketiga sob. 

Baca juga : 7 Tips Agar Baterai iPhone Awet Dapat Menjaga Battery Health Tetap Diatas 80%

Kualitas baterai akan yang menurun disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari cara menggunakannya, jumlah aplikasi, terdapat data yang menumpuk, bahkan ternyata notifikasi yang terlalu banyak juga dapat mempengaruhi menurunnya kualitas baterai. 

Hal ini disebabkan hp telalu terbebani dengan notifikasi masuk, sehingga dapat menurunkan kualitas baterai hp. Salah satu dampaknya adalah saat hp di cas tapi tidak mengisi sama sekali atau dapat megisi namun tidak sampai 100 persen. 


Cara Mengatasi Hp Di Cas Tapi Tidak Mengisi

Bagi kamu yang sedang mengalami maslaah ini, ikuti langkah-langkah mengatasi hp yang tidak mengisi saat di cas sebagai berikut : 

1. Cek Lubang Charger

Cobalah untuk memeriksa lubang Charger, mungkin ada kotoran yang menumpuk atau terjadinya kerusakan karena terkena air. Selain itu keursakan lubang charger juga dapat terjadi jika pin didalamnya bengkik atau bahkan patah. 

2. Pastikan Kabel dan Kepala Charger Dalam Keadaan Baik

Langkah berikutnya adalag dengan memastikan kabel dan kepala charger dalam keadaan baik. Pastikan kabel yang digunakan tidak bermasalah (misalnya jika dibengkokkan sedikit tidak bisa melakukan charging). 

Disarankan menggunakan kepala charger yang original, karena akan kompatible dengan hp kamu. Jika terdapat masalah, gantilah dengan kepala charger maupun kabel yang original yang dapat kamu beli secara offline maupun online. 

3. Coba Cas Dengan Charger Yang Lain

Jika sekiranya kabel atau kepala charger hp kamu bermasalah, cobalah menggunakan kabel dan keala charger yang lain. Kamu dapat meminjamnya dengan orang sekitar, dan jika berhasil berarti masalahnya ada pada carger kamu sehingga dapat disimpulkan penyebab tidak mengisi baterai hp saat di cas ada pada charger yang sudah rusak. 

4. Isi Daya Baterai Hp Dalam Keadaan Off

Jika hp terus menerus tidak dapat mengisi daya baterai, cobalah untuk melakukan pengisian daya dalam keadaan "Off". Kamu dapat mematikan hp kamu sementara saat mengisi daya baterai, selain mematikan hp kamu juga dapat menyalakan Mode Pesawat.

Hal ini bertujuan untuk mematikan aktivitas sementara, sehingga hp akan fokus pada pengisian baterai saja yang dapat dipercaya dapat mengoptimalkan pegisisan daya baterai hp. 

5. Update Software Jika Dibutuhkan

Cara berikutnya yang dapat kamu lakukan adalah, dengan memperbarui software ke versi yang baru. Namun sebelumnya pastikan dulu pembaruan tersedia, lalu kamu dapat memperbaruinya dengan menggunakan jaringan WiFi. 

Kenapa mengupdate software ini penting? dikarenakan setiap pembaruan akan membawa beberapa perbaikan bug atau masalah-masalah sistem lainnya, tak terkecuali pembaruan ini juga dapat mengoptimalkan kinerja smartphone hingga penggunaan baterai. 

6. Ganti Dengan Baterai Hp Yang Baru

Cara mengatasi baterai hp yang tidak terisi penuh saat di cas yang terakhir adalah dengan cara mengganti baterai dengan yang baru. Alasannya dikarenakan bisa jadi baterai sudah benar-benar harus diganti, yang disebabkan oleh umur baterai yang lama dan juga faktor pemakaian yang membuat keadaan baterai memburuk. 

Gantilah dengan baterai yang original secara resmi yang dapat kamu beli di toko terdekat maupun membeli secara online. 


Akhir kata, itulah beberapa cara mengatasi hp di cas tapi tidak mengisi. Semoga artikel ini bermanfaat ya sob!