Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Lenovo, Ternyata Sangat Mudah!

 

Cara menyalakan lampu keyboard di laptop Lenovo sebenarnya sangat mudah, namun sayangnya sebagain pengguna belum tahu cara melakukannya. Seiring berkembangnya teknologi komputer dibuat semakin canggih tetunya untuk memudahkan penggunanya. 

Salah satu fitur yang cukup berguna adalah lampu pada keyboard laptop atau disebut degan Backlit. Dengan adanya Backlit, pengguna dapat melakukan pengetikan dimana saja walaupun ditempat yang minim cahaya. 

Seblum adanya Backlit, sebenarnya ada satu fitur yang memudahkan pengguna untuk melakukan pengetikan di tempat yang minim cahaya. Fitur yang dimaksud adalah adanya lampu dibagian layar, jadi jika ingin melakukan pengetikan ditempat yang gelap pengguna harus mengaktifkan lampu tersebut secara manual untuk menerangi keyboard laptop. 

Namun seiring berkembangnya teknologi, fitur yang memudahkan pengguna untuk mengetik di tempat gelap tidak perlu manual seperti dulu dan terkesan repot. Backlit keyboard sangat efektif untuk memudahkan pengguna, apalagi tidak memakan daya yang banyak saat aktif. 

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Lenovo

Lenovo Thinkpad adalah seri laptop untuk kelas bisnis, namun laptop ini juga ternyata cukup populer dan banyak digunakan oleh semua kalangan. Desain yang simpel, compact, dan elegan cukup membuat peminatnya jatuh hati. 

Lenovo seri Thinkpad memiliki fitur Backlit, bagi yang belum tahu cara mengaktifkannya ikuti langkah-langkah berikut untuk menyalakan lampu keyboard di laptop Lenovo. 
  • Pastikan bahwa laptop kamu sudah mendukung fitur Backlit
  • Buka laptop dan nyalakan seperti biasa
  • Setelah sudah masuk ke tampilan Lock Screen atau Desktop, tekan tombol FN +Spasi secara bersamaan
Setelah menekan tombol diatas, seharusnya lampu keyboard laptop sudah menyala. Selain menggunakan kombinasi tombol diatas, kamu juga dapat menggunakan kombinasi tombol FN + PageUp untuk menyalakan lampu keyboard. 

Selain Thinkpad, cara ini juga dapat digunakan pas laptop Lenovo seri lain seperti seri IdeaPad. Namun, beberapa seri IdeaPad memiliki tombol kombinasi yang berbeda. Jika pengguna tidak dapat menggunakan tombol kombinasi FN + Spasi, berarti menggunakan tombol kombinasi FN + ESC untuk menyalakan keyboard. 

Penyebab Lampu Keyboard Lenovo Tidak Menyala

Jika setelah melakukan langkah diatas namun keyboard laptop tidak bisa menyala, ada beberapa sebab yang harus kamu ketahui sebagai berikut : 

Laptop Tidak Mendukung Backlit

Tidak semua laptop Lenovo mendukung Backlit, sebelum mencoba menyalakannya ketahui dulu apakah laptop seri dan tipe yang kamu punya sudah mendukung Backlit atau tidak. 

Masalah Driver

Penyebab kedua kenapa keyboad laptop Lenovo tidak bisa menyala adalah disebabakan oleh Driver yang tidak terinstal dengan benar. Driver keyboard yang tidak terinstal dengan benar tidak akan mengenai kombinasi tombol untuk menyalakan Backlit. Ini berarti kamu dapat mencoba menginstal atau mengupdate driver laptop Lenovo secara online di situs resmi Lenovo. 

Keyboard Rusak

Penyebab berikutnya adalah dikeranakan keyboard rusak, sehigga tombol kombinasi yang kamu tekan tidak berfungsi sama sekali. Untuk memastikan keyboard masih berfungsi dengan baik dapat menggunakan mengeceknya secara online di situs https://keyboardchecker.com/.

Jika benar masalahnya dikarenakan keyboard rusak, maka cara satu-satunya adalah dengan mengganti keyboard baru di tempat servis profesional.



Akhir kata, itulah cara menyalakan keyboard laptop Lenovo dengan mudah. Semoga informasi ini bermanfaat ya sob!