Cara Menggunakan VPN Di Laptop Dengan Aman dan Benar

 Cara Menggunakan VPN Di Laptop

Cara menggunakan VPN di laptop harus kamu ketahui, tentunya bertujuan untuk melakukan kegiatan positif seperti menjcari bahan belajar maupun mempermudah pekerjaan. Seperti yang kita ketahui, banyak situs yang diblokir di Indonesia, salah satunya adalah situs Reddit yang merupakan platform berita dan hiburan yang ternyata banyak ruang diskusi disana. 

Dengan memanfaatkan VPN, kita dapat berselancar di internet dengan bebas dan dapat membuka situs-situs terlarang atau yang diblokir di Indonesia. Banyak pengguna yang menggunakan VPN lewat smartphone mereka, sayangnya sebagian orang belum mengetahui bagaimana cara menggunakan VPN di laptop. 

Dengan mengetahui cara menggunakan VPN di laptop, pengguna dapat mengakses materi atau konten dan dapat langsung dikerjakan seperti mengedit pada aplikasi Office sehingga dapat bekerja lebih efektif. 


Apa itu VPN? 

VPN merupakan kepanjangan dari Virtual Private Network merupakan teknologi untuk mengkoneksi satu jaringan publik untuk terhubung ke jaringan lokal ataupun pribadi dengan aman. VPN dapat mengenkripsi lalu lintas internet, dengan begitu informasi yang dikirim melalui VPN akan lebih aman dan tidak dapat diakses oleh pihak yang tidak berwenang.

VPN dapat membuka semua situs yang diblokir oleh negara tertentu, salah satunya di Indonesia. Namun sayangnya VPN ini sering disalahgunakan oleh penggunanya untuk mengakses situs-situs yang tidak bermanfaat dan merugikan diri sendiri. 

Cara Menggunakan VPN di Laptop

Selain dapat digunakan pada smartphone, VPN juga dapat digunakan pada perangkat komputer maupun laptop. Berikut cara menggunakannya : 

1. Menggunakan VPN di Laptop Dengan Ekstensi Browser

Selain mendownload aplikasi, pengguna juga dapat memanfaatkan ekstensi di browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dan lain sebagainya. 

Sebagai contoh, kamu dapat menggunakan VPN melalui ekstensi Google Chrome kamu harus membua dulu halaman Chrome Web Store lalu ketik pencarian VPN atau kamu juga dapat mengklik link ini. Setelah itu carilah ekstensi VPN yang kamu inginkan, sebagai contoh Touch VPN seperti pada gambar dibawah ini. 

Cara Menggunakan VPN Di Laptop




Untuk memasang ekstensi di Google Chrome, kamu tinggal klik Tambahkan ke Chrome kemudian kamu akan melihat pesan Pop-up lalu kik Add Extension.

Untuk menggunakannya, kamu cukup membuka ekstesi VPN yang sudah dipasang tadi yang dapat kamu akses pada menu ekstensi pada bar Google Chrome lalu klik Connect untuk mengaktifkan VPN. Setelah itu kamu dapat berselancar di internet dan dapat membuka situs-situs yang diblokir. 

2. Menggunakan VPN di Laptop Dengan Settingan Manual

Selain menggunakan aplikasi dan ekstensi, kamu juga dapat menggunakan VPN menggunakan pengaturan manual. Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut : 
  • Buka VPN di laptop dengan mengetik kata kunci "VPN" di Search Bar Windows, kemudian klik VPN
  • Aktifkan Toggle Allow VPN over metered networks dan Allow VPN while roaming sehingga dalam kadaan "ON"
  • Kemudian klik tombol Add atau ikon "+" pada Add Connections
  • Setelah itu kamu akan dibawa ke jendela baru, klik pada kolom VPN Provider dan pilih Windows (built-in)
  • Kemudian pada kolom Connection name dan Server name or address ketikkan informasi berdasarkan layanan atau aplikasi VPN yang kamu gunakan
  • Kemudian isi informasi Username dan Password
  • Untuk menggunakannya, kamu dapat mengklik ikon WiFi di taskbar laptop kamu, kemudian pilih koneksi VPN yang telah kamu buat dan klik Connect untuk mengaktikannya
  • Setelah itu kamu dapat membuka berbagai situs yang diblokir tanpa adanya hambatan

Dengan mengikuti langkah menggunakan VPN di laptop, kamu dapat mengakses internet dengan bebas dan dapat membuka situs yang diblokir. Walaupun diklaim aman menggunakna VPN, kamu juga harus waspada karena saat menggunakan VPN akan rentan terhadap virus atau Malware atau bahkan bisa jadi terjadinya kebocoran data di internet. 

Nah, itulah cara meggunakan VPN di laptop dengan cara menggunakan ekstensi browser mapunpun menggunakan settingan manual dari Windows. Gunakan VPN dengan bijak, dan semoga informasi ini bermanfaat ya sob!