Tanda VGA Rusak Yang Harus Kamu Waspadai, Begini Cara Merawatnya Supaya Awet

 

Tanda VGA Rusak Yang Harus Kamu Waspadai

Tanda VGA rusak seharusnya diketahui pleh pengguna perangkat komputer baik itu Laptop maupun PC rakitan. Sebab, VGA yang rusak akan menimbulkan masalah pada kinerja pengolah grafis dan akan menampilkan tampilan gambar yang buruk, komputer macet atau hang. 

Dengan mengetahui ciri atau tanda VGA rusak, kamu dapat dengan cepat mengetahui penyebab masalah yang terjadi pada komputer dan dapat segera menggantinya. Pada kesempatan kali ini gadgetmiaw.com akan memberikan informasi mengenai tanda-tanda VGA rusak yang harus kamu ketahui. 

Tanda-Tanda VGA Rusak

Ada beberapa tanda VGA yang rusak yang harus kamu waspadai : 

1. No Display

No Display merupakan salah satu tanda bahwa VGA telah rusak. No Display tidak menampilkan gambar apapun selain background hitam karena VGA gagal terkoneksi dengan monitor. 

2. Kinerja Melemah

Performa atau kinerja yang melemah juga merupakan tanda bahwa VGA komputer telah rusak. Kinerja yang lemah membuat laptop terasa lemot saat menjalakan sebuah program ringan, apalagi menjalankan program seperti desain grafis maupun bermain game. 

3. Driver Sering Mendadak Berhenti Bekerja

Tanda selanjutnya adalah driver sering mendadak berhenti atau macet atau berjalan tidak normal. Namun beberapa kasus, masalah seperti ini dapat diatasi dengan mengupdate Driver untuk mengatasi Bug yang terjadi. Jika setelah update masalah seperti ini sering muncul, maka dapat diawapadai bahwa VGA kamu kemungkinan rusak. 

4. Video RAM Artifacts

Video RAM Artifact adalah salah satu tanda bahwa VGA komputer rusak. Kondisi ini digambarkan terjadinya masalah visual dengan menampilkan garis-garis horizontal atau vertikal, pixel yang terdistorsi, dan masalah gambar yang terlihat kabur atau buram. Masalah ini terjadi dikarenakan karena umur pemakaian VGA dan sering menggunakan program terlalu berat.

5. GPU Artifacts

GPU Artifact memiliki kondisi yang sama dengan RAM Artifacts yang mengalami masalah pad atampilan gambar. GPU Artifacts menunjukan gambar garis vertikal maupun horizontal, terkadang memiliki bintik-bintik yang berwarna, gambar distrosi dan juga adanya warna yang salah pada bagian tertentu atau dapat dikatakan tidak memberikan warna yang akurat.

GPU Artifacts ini disebabkan oleh komputer sering mengalami Overheat, kerusakan fisik pada kartu grafis, dan juga adanya masalah pada driver.  

6. BUS Artfacts

BUS Artefacts atau disebut juga Artifacting adalah kondisi dimana adanya distrosi atau noise pada gambar yang ditampilkan oleh VGA. Distrorsi yang tampil merupakan warna yang tidak akurat, pola-pola yang aneh atau bintik-bintik yang cukup mengganggu. 

Masalah ini biasanya terjadi pada VGA slot AGP, dan terjadi dikarenakan adanya Confflict ketika proses pemindahan data dari memori utama ke VGA. 

7. DVI Corruption

Tanda berikutnya adalah DVI Corruption, masalah ini menggambatkan ketidakstabilan sinyal video digital yang dikirim melalui kabel DVI. Masalah ini terjadi dengan menampilkan garis yang horizontal maupun vertikal di monitor. 

8. Tinted Screen

Tinted Screen adalah kondisi dimana adanya perubahan warna pada layar yang biasanya menampilkan warna Hijau. Tinted Screen disebabkan oleh terjadinya Misadjusted ataupun komponen monitor yang rusak. 

9. VGA Mati Total

VGA mati total berarti tidak menampilkan gambar sama sekali, dan ini adalah kerusakan paling fatal dan solusinya adalah mengganti VGA yang baru. 

Cara Merawat VGA Supaya Awet

Untuk menghindari kerusakan, ketahui dulu beberapa cara merawat VGA supaya lebih awet dan tahan lama : 

1. Membersihkan VGA Secara Teratur

Bersihkan debu dan kotoran secara teratur dari ventilasi dan kipas pendingin pada VGA. Kotoran yang menumpuk pada VGA akan menghambat sirkulasi udara sehingga menyebabkan overheat.

2. Jangan Melakukan Overclocking Secara Berlebihan

Untuk meningkatkan perfrorma VGA, overclicking yang berlebihan bukan ide yang bagus. Overclocking yang berlebihan dapat menyebabkan VGA menjadi terlalu panas dan menyebabkan kerusakan.

3. Perbarui Driver Secara Teratur

Pastikan selalu memperbarui Driver, karena Driver terbaru biasanya akan memperbaiki bug dan meningkatkan kinerja VGA.

4. Hindari Mematikan Komputer Secara Paksa

Jangan pernah mematikan komputer secara paksa atau dengan cara yang tidak normal. Mematikan komputer secara paksa seperti dengan menekan tombol power secara tiba-tiba dapat merusak VGA dan juga komponen lainnya.

5. Hindari Perubahan Konfigurasi

Jika tidak diperlukan, jangan mengubah konfigurasi dikarenakan hal ini juga dapat memicu terjadinya kerusakan pada VGA. 


Akhir Kata

Nah, tulah beberapa ciri atau tanda VGA rusak yang harus kamu waspadai dan cara merawat VGA supaya awet. Dengan mengetahui tanda-tanda yang sudah disebutkan diatas, kamu dapat cepat mengetahui inti masalah yang dialami oleh laptop atau PC kamu sehingga dapat segera mengatasinya atau mengganti dengan yang baru.