Apa Sih Perbedaan Keyboard Mechanical dan Membran? Berikut Penjelasannya

 

Perbedaan Keyboard Mechanical dan Membran

Bagi sobat gaming pasti sudah tidak asing lagi nih dengan Keyboard Mechanical. Apakah sama saja dengan keyboard biasa (membran)? tentu tidak. Keyboard Mechanical biasanya digunakan oleh seorang gaming atau programmer profesional bahkan banyak digunakan oleh para editor dan penulis. Kenapa sih banyak para profesional memilih keyboard Mechanical sebagai keyboard andalan mereka? tentu saja dikarenakan fungsionalitas dan yang palig utama adalah kenyamanannya.

Baiklah untuk penjelasan yang lebih lengkap, mari kita ulas perbedaan Keyboard Mechanical dan Membran, baca terus artikel ini sampai selesai supaya kamu dapat menyimpulkan keyboard jenis mana yang paling cocok utuk kamu. 


1. Keyboard Mechanical

Perbedaan Keyboard Mechanical dan Membran


Sebenarnya keyboard Mechanical sudah ada sebelum keyboard yang berteknologi membran. Karena keberadaan teknologi membran yang terasa lebih effisien dikarenakan tidak sebising keyboard Mechanical, maka banyak produsen keyboard yang memutar arah untuk memproduksi keyboard berteknologi membran.

Keyboard Mechanical yang sering kita lihat sekarang adalah penyempurnaan dari keyboard Mechanical sebelumnya. Perubahan yang dapat kita lihat adalah dari sistem kerja keyboard, material, menawarkan beberapa jenis switch, dan tentu sudah menggunakan RGB yang akan memikat para gamers.

Keyboard Mechanical memiliki teknologi yang tidak miliki oleh keyboard berteknologi membran. Keyboard Mechanical menggunakan Individual Swicth pada masing-masing tombol. Jadi intinya setiap tombol memiliki mekanik tersendiri yang telah dilengkapi dengan pegas yang membuat tombol akan terasa memantul dengan sempurna setelah pengguna menekannya.

Keyboard Mechanical diyakini dapat bertahan lebih lama daripada keyboard normal yang berteknologi membran. Switch keyboard Mechanical menggunakan material plastik dan metal, dan bobot keyboard Mechanical terasa lebih berat yang membuatnya terlihat lebih kokoh.

Keyboard Mechanical juga dikenal sebagai keyboard yang sangat nyaman untuk mengetik. Jika dibandingkan dengan keyboard normal berteknologi membran, keyboard Mechanical memiliki sensasi yang berbeda apalagi adanya suara "clicky" yang membuat pengalaman mengetik lebih kerasa serta akan meningkatkan mood mengetik.

Bagi kamu yang suka mengutak-ngatik dan ingin tampil beda, keyboard Mechanical juga dapat di custom sesukamu dengan menggantikan keycaps yang dapat kamu temukan di pasaran maupun di toko online.

 Baca juga : 7 Keyboard Mechanical Tenkeyless (TKL) Terbaik Dibawah 1 juta


Keyboard Mechanical juga sangat handal karena kemampuan anti-ghostingnya. Jadi kamu dapat menekan tombol secara bersamaan yang akan membuat pengalaman gaming kamu lebih baik lagi. Ini dikarenakan teknologi terbaru dari keyboard Mechanical yang menggunakan individual switch disetiap tombolnya.

Keyboard Mechanical juga terlihat lebih kece karena sudah dilengkapi dengan Backlight LED RGB yang dapat kamu atur sesuai selera. Wah, jika kamu seorang Gamer atau Programmer kamu wajib deh menggunakan keyboard Mechanical !!

2. Keyboard Normal (Membran)

Perbedaan Keyboard Mechanical dan Membran


Keyboad Membran biasanya banyak digunakan oleh para pekerja kantor. Keyboard Normal terdapat 3 lapisan yang ditempatkan dibawah tombol-tombol pada keyboard. Membran terbuat dari material lembut yakni silikon dan dibawahnya dilengkapi dengan lapisan granit. Membran berfungsi sebagai penghantar sinyal ketukan yang kemudian akan mengaktifkan lapisan sirkuit dibawahnya.

Keyboard Membran mengeluarkan suara lebih lembut dan halus, ini disebabkan ketukan tombol pada keyrboard dilapisi oleh material berbahan silikon sebelum mengenai sirkuit dibawahnya. Karena itulah keyboard Membran tidak memiliki suara ketikan yang keras dan tidak bising, maka dari itu keyboard jenis ini banyak digunakan diperkantoran.

Keyboard Membran rata-rata terbuat dari material plastik, maka dari itu keyboard ini terasa lebih ringan saat dibawa kemana-mana. Karena terbuat dari plastik maka keyboard ini jauh lebih murah daripada keyboard Mechanical.


Nah, itulah penjelasan mengenai perbedaan keyboard Mechanical dan Membran. Yang dapat kami simpulkan sangat banyak keunggulan keyboard Mechanical dibandingkan dengan keyboard normal yang berteknolgi membran. Namun, keyboard Mechanical tidak direkomendasikan untuk digunakan dikantor karena akan menimbulkan kebisingan dengan suara "clicky"nya. Semoga informasi ini bermanfaat ya sob!