GadgetMiaw - Blog Gadget dan Teknologi

Gadgetmiaw adalah situs yang membahas mengenai informasi, tips dan trik menarik seputar gadget.

7 Cara Mengatasi Hp Xiaomi Lemot Kembali Seperti Baru Menjadi Ngebut Lagi

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Lemot Kembali Seperti Baru

Cara mengatasi hp Xiaomi lemot kembali cepat seperti baru tentu saja bisa dilakukan. Kondisi dimana hp Xiaomi menjadi lemot atau lambat pasti akan mengganggu segala kegiatan penggunanya. Maka dari itu pengguna yang bijak dalam menggunakan Smartphone Xiaomi harus mencari tahu terlebih dahulu apa sebabnya. 

Sebenarnya ada beberapa penyebab kenapa hp Xiaomi menjadi lemot, namun secara umum penyebabnya adalah hp Xiaomi yang digunakan memiliki spesifikasi yang rendah. Tentu saja hal ini membuat hp menjadi lemot, secara aplikasi sekarang sudah lebih banyak memakan banyak data baik itu RAM maupun memori penyimpanan internal. 

Selain masalah pada spesifikasi hp yang rendah, penyebab lainnya dikarenakan adanya sampah aplikasi yang menumpuk, banyak proses yang berjalan di latar belakang dan aplikasi atau game yang terlalu banyak di instal. 


Cara Mengatasi Hp Xiaomi Lemot Kembali Seperti Baru

Jika masalah teknis seperti yang demikian, maka masih ada solusi untuk mengatasi hp Xiaomi yang lemot. Beberapa langkah dibawah ini mungkin dapat membantu : 

1. Menghapus File Sampah dan Tidak Penting

Langkah yang dapat kamu lakukan pertama adalah menghapus data-data yang tidak penting atau file sampah yang sudah menumpuk. Terkadang tanpa disadari, sudah banyak data yang tidak penting dan tentunya ini juga akan mengganggu kinerja hp Xiaomi. 

Data yang tidak penting dapat berupa foto, dokumen, video, audio, atau berkas yang duplikat. Jika hp kamu memiliki ruang penyimpanan kecil dibawah 64 GB, maka disarankan untuk menggunakan penyimpanan Eksternal dengan menggunakan memori MicroSD.

2. Hapus Aplikasi atau Game Yang Tidak Diperlukan

Langkah selanjutnya adalah dengan menghapus atau menguninstal aplikasi atau game yang tidak diperlukan atau jarang digunakan. Tanpa disadari, aplikasi atau game yang jarang digunakan ini ternyata menjadi penyebab kenapa hp Xiaomi menjadi lemot karena memakan ruang penyimpanan yang tidak banyak. Tak hanya ruang peyimpanan, aplikasi dan game tersebut juga menguras RAM. 

Berikut adalah langah-langkah menghapus atau menguninstal aplikasi atau game di hp Xiaomi : 
  • Buka menu Settings atau Setelan
  • Kemudian scroll kebawah dan pilih Kelola Aplikasi
  • Cari aplikasi yang akan di hapus
  • Kemudian klik pada aplikasi lalu scroll kebawah dan ketuk Uninstall lalu ketuk Ok 

3. Mematikan Proses yang Berjalan di Latar Belakang

Lankah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan mematikan proses yang berjalan di latar belakang. Proses ini dapat dihentikan melalui "Opsi Pngembang", sebelumnya kamu harus aktifkan pengembang terlebih dahulu. 

Dengan mematikan proses yang berjalan di latar belakang, dapat menghemat penggunaan RAM. Namun yang perlu diingat, untuk mematikan proses yang berjalan di latar belakang ini akan menonaktifkan notifikasi, seperti notifikasi WA, Panggilan telepon, dan notifikasi di aplikasi lainnya. 

Namun jika kamu tetap mau mencoba cara ini, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut : 
  • Buka menu Settings atau Setelan
  • Piilih "Tentang Telepon"
  • Ketuk "Versi MIUI" beberapa kali hingga muncul notifikasi Anda Telah Mauk ke Opsi Pengembang
  • Setelah itu kamu dapat mematikan proses yang berjalan di latar belakang dengan mengetuk "Settings" atau "Setelan" dan pilih "Setelan Tambahan"
  • Lalu pilih "Opsi Pengembang"
  • Ketuk pada "Batas Proses Latar Belakang"
  • Kemudian ganti dengan "Tidak ada proses latar belakang"

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Sumber Yang Tidak Dikenal Hp Xiaomi (MIUI 12, 11, 10)

4. Kurangi Widget Aplikasi

Sebagian aplikasi memiliki widget sebagai shortcut untuk menggunakan aplikasi tersebut. Misalnya seperti WA, menyediakan Widget dimana pengguna dapat menghubungi kontak tertentu dengan lebih cepat melalui widget. 

Tahukah kamu, penggunaan widget ini juga dapat menguras pengguaan RAM sehingga hp Xiaomi kamu terasa lemot atau lambat. 

Kamu dapat menggunakan widget-widget tertentu yang sekiranya penting, yang harus digarisbawahi adalah bukan berarti kamu tidak dapat menggunakan widget, namun kamu hanya perlu membatasi penggunaanya saja. Apalagi jika hp kamu memiliki spesifikasi yang minim. 

5. Hapus Cache

Langkah berikutnya adalah menghapus Cache di hp Xiaomi kamu. FYI Xiaomi telah menyediakan fitur atau aplikasi bawaan yang memugkinkan penggunanya untuk menghapus cache aplikasi yang bernama Cleaner. 

Untuk menggunakan fitur atau apikasi Cleaner ini, berikut adalah langkah-langkahnya : 
  • Buka menu "Keamanan"
  • Pilih "Pembersih"
  • Setelah itu kamu cukup ketuk "Bersihkan"
  • Tunggu beberapa detik hingga proses pembersihan cache selesai

6. Menggunakan Aplikasi Pengoptimalan RAM

Selain menggunakan fitur bawaan Xiaomi untuk menghapus cache dan berkas sampah, kamu juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat di download di Playstore. 

Aplikasi ini merupakan aplikasi pembersih RAM yang biasanya memiliki nama dengan embel-embel Booster (misalnya RAM Booster) yang dapat mengoptimalkan penggunaan RAM. 

Aplikasi ini akan menutup aplikasi yang berjalan, setelah itu RAM akan tersisa lebih banyak dan dapat memaksimalkan dalam penggunaan aplikasi-aplikasi tertentu. 

7. Update MIUI

Langkah berikutnya adalah dengan mengupdate MIUI untuk mengoptimalkan performa kinerja hp Xiaomi. Update MIUI ini bertujuan untuk mendapatkan fitur  terbaru atau mengoptimalkan sistem, lebih stabil, perbaikan bug, dan yang paling utama adalah untuk meningkatkan performa. 

Berikut adalah langkah-langkah update MUI di hp Xiaomi : 
  • Buka "Settings" atau "Setelan"
  • Kemudian pilih "Tentang Ponsel" dan ketuk pada "Pembaruan Sistem" untuk mengecek ketersediaan pembaruan
  • Jika tersedia pembaruan sistem, kamu dapat mengupdate dengan mengikuti langkah-langkah yang tersedia untuk memperbarui sistem
  • Tunggu hingga selesai, biasanya tidak memakan waktu yang terlalu lama

Note : 

Jika ingin mengupdate MIUI pastikan dalam keadaan baterai memadai untuk proses pembaruan atau sekurang-kurangnya 30%


Akhir kata, nah sob itulah beberapa cara mengatasi hp Xiaomi lemot kembali seperti baru menjadi ngebut lagi. Kesimpulannya adalah, pengguna harus bijak dalam menggunakan hp. Kamu dapat dengan rutin menghapus aplikasi sampah, dan batasi aplikasi yang berjalan di latar belakang.
Author Profile

About Initial I

Anak teknik yang terobsesi dengan dunia Gadget.

Bottom Ads