Mesin Pencari Microsoft Bing Sudah Menghadirkan AI, Mirip ChatGPT!


gadgetmiaw.com - Mesin pencari Bing buatan Microsoft sekarang sudah menerapkan teknologi AI. Selain Bing teknologi ini juga diterapkan di Edge Browser. AI atau Artificial Intelegent ini akan sangat membantu memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna. 

Microsoft resmi menerapkan teknologi AI sejak pada tanggal 7 Februari yang lalu, kerjasama antara Microsoft dan OpenAI ini diharapkan dapat membawanya lebih baik lagi, khususnya dalam memberikan hasil pencarian yang lebih detail kepada penggunanya. 

Yang menariknya pengguna tak hanya dapat mencari informasi dari kolom pencarian saja, pengguna juga dapat berdialog dengan mesin pencari tersebut yang mirip dengan ChatGPT. Dalam demonstrasinya, Microsoft memperkenalkan Tab menu Chat.

Teknologi AI yang diterapkan oleh Microsoft ini, memungkinkan pengguna akan mendapatkan jawaban yang lebih relevan dan detail. 

Satya Nadella (CEO Microsoft) mengatakan, paradigma pencarian web tidak berubah dalam beberapa dekade, namun AI dapat mengirimkan informasi lebih lancar dibandingkan dengan metode Tradisional. 

Dalam demonstrasinya, Microsoft memberikan beberapa contoh pencarian seperti pencarian untuk resep masakan, tip perjalanan, hingga belanja disebuah tempat. Dalam satu contoh Bing diminta untuk "Membuat rencana perjalanan setiap hari dari perjalanan 5 hari ke kota Mexico". 

Pertanyaan tersebut dapat dijawab sepenunya oleh Chatbot, dan menjelaskan bagaimana rencana perjalanan beserra tautan ke sumber untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. 

Microsoft mengklaim semua fitur yang terdapat di Bing dan Edge didukung oleh GPT 3.5 yang ditingkatkan. Versi yang digunakan sekarang ini adalah "Model Prometheus" yang dilaim itu lebih canggih dibandingkan dengan GPT 3.5 yang mampu menjawab permintaan atau pertanyaan pengguna dengan informasi terupdate. 

Dilansir dari situs Tech Crunch, Microsoft memiliki hubungan yang cukup dekat dengan OpenAI. Setelah Microsoft berinvestasi sebanyak USD $1 miliar, mereka mengumumkan akan berinvestasi lebih bayak lagi dan memperluas kemitraan dengan OpenAI.