Cara Mengatasi Hp Samsung Tidak Bisa Melakukan Panggilan Keluar

 

Cara Mengatasi Hp Samsung Tidak Bisa Melakukan Panggilan Keluar

gadgetmiaw.com - Samsung merupakan salah satu merk smartphone yang banyak diminati oleh penggunanya di seluruh dunia, karena memiliki inovasi dan fitur-fitur yang canggih yang dapat bersaing keras di pasaran. 

Namun, setiap hal pasti tidak ada yang sempurna tak terkecuali smartphone merk Samsung ini. Walaupun memiliki inovasi dan fitur-fitur yang canggih, Samsung juga memiliki kekurangan dan memiliki masalah. 

Salah satunya adalah hp Samsung tidak dapat melakukan panggilan keluar yang kerap terjadi hampir disemua pengguna. 

Ada beberapa alasan kenapa hp tidak bisa melakukan panggilan keluar, diantaranya seperti hp sudah terlalu panas (Overheat), mengunduh dan menginstal aplikasi secara berlebihan, dan disebabkan juga terkena Malware dari link yang dibagikan di berbagai plafrorm media sosial maupun Website tertentu. 

Tentunya, masalah tidak bisa melakukan panggilan keluar ini sangat mengganggu penggunanya terlebih disaat situasi saat genting. 


Cara Mengatasi Hp Samsung Tidak Bisa Melakukan Pangilan Keluar

Jika hp Samsung kamu juga mengalami masalah seperti ini, beberapa tips berikut ini mungkin dapat membantu : 

1. Dengan Cara Mematikan Mode 4G Only

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan mematikan mode 4G Only, langkah-langkahnya sebagai berikut : 

  • Buka Dial Phone Number 
  • Kemudian ketik *#*#4636#*#*
  • Kemudian secara otomatis kamu akan dilihkan ke bagian Penguji Perangkat, lalu pilih Informasi Telepon
  • Kemudian scroll kebawah, di bagian Setel Jenis Jaringan yang Disukai pilih WCDMA Prefered (jangan pilih mode 4G Only) lalu restart hp kamu dan coba lakukan panggilan keluar


2. Membersihkan Riwayat Panggilan

Cara mengatasi hp Samsung tidak bisa melakukan panggilan keluar berikutnya adalah dengan cara membersihkan riwayat panggilan. 

Riawayat panggilan yang sudah menumpuk juga merupakan salah satu penyebab tidak dapat melakukan panggilan keluar, dengan begitu kamu harus membersihkannya secara manual. 


3. Bersihkan SIM Card

Mungkin ini adalah cara yang disepelekan, namun sebenarnya SIM Card yang kotor juga dapat menjadi penyebab tidak bisa melakukan telelepon loh!

Kamu dapat melepas SIM Card dan coba bersihkan  menggunakan tisu atau kain yang kering, dengan cara menggosok-gosokkan dipermukaan SIM Card. 


4. Setting Jaringan Pioritas

Cara mengatasi hp tidak bisa melakukan panggilan berikutnya adalah dengan cara mengatur jaringan prioritas, berikut langkah-langkahnya :

  • Buka pengaturan di hp kamu
  • Cari opsi Jaringan kemudian klik opsi Tipe Jaringan Prioritas
  • Pastikan jaringan 4G (LTE) bukan jaringan prioritas utama, jika settingan awalnya 4G (LTE) merupakan jaringan prioritas, maka kamu dapat ganti dengan jaringan 2G/3G
  • Setelah itu kamu dapat mencoba melakukan panggilan keluar dan lihat hasilnya


5. Menggunakan SIM Card Yang Baru

Jika cara-cara diatas tidak ada yang berhasil, maka kemungkinan besar masalahnya ada pada SIM Card kamu. Kamu dapat memastikannya dulu memasang SIM Card ke hp yang lain, jika tidak dapat melakukan panggilan keluar juga sudah dipastikan SIM Card bermasalah dan kamu dapat menggunakan SIM Card yang baru. 


Akhir Kata

Akhir kata, itulah beberapa cara mengatasi hp Samsung yang tidak bisa melakukan panggilan keluar. Semoga artikel ini bisa membantu ya sob!