5 Cara Mengatasi Hp Android Tidak Bisa Di Cas Khsusunya Baterai Tanam

Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa Di Cas Baterai Tanam

gadgetmiaw.com - Cara mengatasi hp tidak bisa di cas khususnya baterai tanam, merupakan istilah kata kunci yang cukup banyak dicari oleh pengguna hp Android dengan berbagai merk (Samsung, Oppo, Xiaomi, Vivo, Infinix, dll).

Hp Android memiliki banyak kasus mengenai Charging, dimana pengguna hp Android khususnya sudah menggunakan baterai tanam tidak dapat melakukan Charging. Tentu ini adalah masalah yang serius mengingat baterai merupakan komponen sebagai sumber daya sebuah smartphone. 

Sebenarnya hp yang tidak bisa di cas merupakan permasalahan umum pada smartphone, namun masalah ini sering terjadi pada smartphone yang menggunakan OS Android. 


Cara Mengatasi Hp Android Tidak Bisa Di Cas 

Nah, bagi kamu yang sedang mengalami masalah hp baterai tanam yang tidak bisa di cas, mungkin beberapa cara mengatasi hp tidak bisa di cas khususnya baterai tanam berikut ini dapat membantu : 


1. Bersihkan Port Charger Hp (Lubang cas)

Salah satu penyebab hp tidak bisa cas adalah karena port charger kotor. Untuk itu kamu dapat memastikan bahwa port charger tetap bersih dari kotoran yang menumpuk. Kamu dapat membersihkan debu dan kotoran yang menumpuk dengan alat-alat seadanya dan bersihkan dengan hati-hati.

Penyebab hp tidak bisa di cas karerna debu dan kotoran yang menumpuk di port charger hp merupakan masalah yang ringan. Namun berhati-hatilah saat membersihkannya dan gunakan alat seadanya seperti tusuk gigi dan hindari alat yang bermaterial besi.

2. Gunakan Kabel Charger Yang Lain

Cara kedua adalah dengan menggunakan kabel charger yang lain, mungkin masalah kenapa hp tidak bisa di cas secara optimal atau bahkan sama sekali tidak bisa di cas adalah masalah adanya kerusakan pada kabel USB charger. 

Kamu jangan buru-buru membeli yang baru, untuk memastikan kelayakan pakai kabel charger kamu dapat mencoba menggunakan kabel charger miliki saudara atau teman. Jika benar masalahnya ada di kabel, kamu dapat membeli kabel charger yang baru dan disarankan untuk membeli yang Original. 

3. Copot SIM Card dan Micro SD

Cara berikutnya untuk mengatasi hp yang tidak bisa di cas adalah dengan cara mencopot SIM Card dan Micro SD sebelum mulai melakukan Charging. 

Salah satu penyebab kenapa hp tidak bisa di cas adalah karena faktor sistem hp Android lemot, yang disebabkan oleh aplikasi dan data penyimpanan yang sudah menumpuk dan kinerja hp yang bekerja keras. 

Kamu dapat menghapus beberapa aplikasi yang tidak penting atau jika perlu cobalah mencopot SIM dan Micro SD dan coba cas kembali hp kamu. 

4. Mengganti Kepala Charger

Kepala charger yang tidak tepat juga dapat menyebabkan baterai hp tidak bisa di cas. Saya pribadi pernah mengalami hal seperti ini, membeli hp second batangan dan coba menggunakan cas Samsung untuk hp Xiaomi, alhasil tidak naik. 

Setelah komplain dan penjual menyarankan untuk menggunakan kepala charger lainnya, akhirnya berhasil naik dan pengisian daya berlangsung normal hingga penuh. 

5. Membawa Langsung ke Teknisi Hp

Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan adalah membawa hp ke teknisi yang profesional untuk di cek lebih mendalam. Teknisi akan memeriksa lebih mendalam apakah ada kerusakah pada Hardware, dan biasanya jika kerusakan Hardware biaya jasa perbaikannya akan lebih mahal. Masalah seperti ini sudah umum terjadi diberbagai merk hp Android, mulai dari Samsung, Xiaomi, Realme, Oppo hingga Vivo. 

Akhir kata

Itulah beberapa tips cara mengatasi hp tidak bisa di cas khususnya baterai tanam. Pentingnya menggunakan hp dengan bijak dan menjaga sumber daya hp supaya tetap bekerja dengan optimal. 

Kamu dapat mencoba melakukan kalibrasi hp secara berkala, dan jangan sering memainkan hp sambil di cas. Kamu dapat cas hp ketika baterai hp berada di 20%, dan hentikan Charging ketika sudah sampai 90%. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya sob!