Ukuran Postingan Instagram Terbaru dan Terlengkap 2022

Ukuran Postingan Instagram Terbaru dan Terlengkap 2022

gadgetmiaw.com - Bagi kamu yang sangat gemar mengunggah postingan berupa foto maupun video ke Instagram atau IG, pastinya ingin membuat unggahan kamu lebih rapi. Apalagi bagi kamu yang menggunakan Instagram untuk bisnis. 

Dengan begitu, kamu harus tahu berapa ukuran ideal untuk feed di Instagram. Setiap konten yang diunggah ke Instagram berbeda-beda, mulai dari foto, video, story, dan reels yang memiliki ukuran idealnya masing-masing. 

Sebagai pengguna Instagram khususnya untuk bisnis, ukuran dan resolusi harus diperhatikan supaya tampilan feed Instagram lebih enak dilihat. Dengan mempertahatikan ukuran dan resolusi, akan membuat tampilan feed tidak pecah setelah diposting dan gambar yang terpotong. 


Ukuran Feed Foto Instagram



Sejak bulan Juli tahun 2015 yang lalu, Instagram memperbarui ukuran foto menjadi 1080 x 1080. Ini bertujuan untuk menyesuaikan layar pada setiap perangkat yang dugunakan. 

Terdapat 3 mode ukuran foto Instagram, yaitu Portrait, Landscape, dan Square. 

  • Portrait  : Menggunakan ukuran gambar resolusi 1080 x 1350 pixel atau rasio 4:5. 
  • Landscape : Menggunakan ukuran gambar dengan resolusi 1080 x 608 pixel atau rasio 1.91:1. 
  • Square  : Menggunakan ukuran gambar dengan resolusi 1080 x 1080 atau Rasio 1:1. 

Ukuran Feed Video Instagram



Selain dapat mengunggah feed berupa foto, Intagram juga memberikan fitur dimana pengguna dapat mengunggah video. Jadi pengguna dapat mengunggah video menarik yang ingin dibagikan seperti video saat liburan, momen bersama teman, bahkan sangat cocok bagi pengguna yang ingin menawarkan sebuah produk berupa video demo suatu produk. 

Ukuran video Instagram juga ada 3, yaitu Portrait (Vertkal), Landscape (Horizontal) dan Square (Kotak).

  • Portrait  : Rasio maksimalnya adalah 4:5 dengan resolusi video1080 x 1350 pixel 
  • Landscape : Rasio maksimalnya adalah 1.91:1 dengan resolusi video 1080 x 608 pixel
  • Square  : Rasio maksimalnya adalah 1:1 dengan resolusi video 1080 x 1080 


Ukuran Story Instagram



Selain memiliki fitur dapat megunggah feed berupa foto dan video, pengguna juga dapat merekam momen atau mengunggah foto maupun video melalui fitur Instagram Story. Ini merupakan fitur yang cukup populer, karena pengguna dapat menciptakan postingan dengan banyak stiker dan efek yang unik dan kekinian. 

Pengguna dapat membagikan video singkat, dengan menambahkan coretan, stiker, fitur poling dan lain sebagainya. Postingan Instagram Story akan hilang otomatis setelah 24 jam. Fitur ini sangat cocok untuk pelaku bisnis untuk mempromosikan produk. 

Tidak seperti ukuran feed foto dan video, Instagram Story memiliki ukuran yang berbeda yang akan menyesuaikan dengan ukuran layar hp. Disini ukuran dan resolusi tidak terlalu penting, dikarenakan akan foto atau video akan menyesuiakan dengan ukuran rasio layar hp. 

Ukuran Instagram Story berupa foto yang ideal adalah 1080 x 608 pixel dengan rasio 1.91:1. Sedangkan untuk video menggunakan ukuran 1080 x 1920 pixel dengan rasio 9:16.

Ukuran Reels Instagram

Instagram Reels merupakan fitur terbaru di Instagram yang akan menampilkan konten berupa video singkat yang berdurasi 15 detik. Disini pengguna dapat mengunggah video dengan menambahkan audio, efek video, dan dapat berkreasi dengan tools yang disediakan. Jadi sekilas Reels di Instagram mirip dengan TikTok. 

Hasil video yang telah kamu edit dapat disimpan terlebih dahulu di draf sebelum diposting. Setelah diposting maka akan langsung muncuk di profil Intagram kamu di Tab Reels. 

Untuk rasio dan ukuran video ideal sama dengan Instagram Story, 1080 x 1920 dengan rasio 9:16. 



Nah, itulah beberapa panduan untuk menentukan ukuran postingan Instagram yang ideal. Dengan menggunakan ukuran-ukuran yang direkomendasikan diatas, akan membuat postingan Intagram terlihat lebih menarik dan konten yang ditampilkan tidak pecah.