Cara Mengetahui WhatsApp Disadap, Ini Tanda-Tandanya

Berikut adalah cara mengetahui tanda-tanda WhatsApp (WA) sedang disadap oleh orang lain.
Cara Mengetahui WhatsApp Disadap

gadgetmiaw.com - Cara Mengetahui WhatsApp Disadap - Dizaman teknologi seperti sekarang ini, data-data pengguna rentan tidak aman jika pengguna sendiri tidak bisa menjaga akun pribadi. Pengguna seharusnya lebih paham dalam menjaga keamaanan data pribadi, dikarenakan banya kasus peretasan yang terjadi dimana-mana oleh pihak tertentu demi mendapatkan keuntungan. 

Biasanya, pelaku peretasan akan menjual data-data korban kepada pihak lain ataupun memanfaatkan data yang dicuri untuk tujuan tertentu. Misalnya seperti pinjaman online, penipuan mengatasnamakan korban, dan lain sebagainya. 

Peretasan dapat terjadi dimana saja, seperti website perusahaan, bank, email, akun sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan tak terkecuali  akun aplikasi chatting WhatsApp. 

Beberapa tahun ini banyak kasus peretasan atau WhatsApp yang disadap, yang akan mengakibatkan akun korban disalahgunakan untuk berbagai kepentingan yang menguntungkan pelakunya seperti yang kita jelaskan diatas. 

Jika kamu dapat mengetahui WhatsApp yang disadap, kamu dapat menghentikan WhatsApp yang disadap dengan cepat. Namun bagaimana jika kamu telat menyadari bahwa akun WhatsApp kamu sedang disadap dan pelaku sudah melakukan tindak kejahatan? 

Nah, untuk itu pentingnya kamu kamu ketahui dulu ciri-ciri WhatsApp yang disadap. Berikut adalah cara mengetahui WhatsApp yang disadap : 


Cara Mengetahui WhatsApp Disadap


1. Pengguna Tidak Bisa Akses Akun / Login

Cara mengetahui WhatsApp yang disadap pertama dan yang paling mudah adalah, kamu akan kesulitan login dari biasanya. Ini dikarenakan nomor telepon haya bisa dipakai pada satu aplikasi WhatsApp saja. Jika aplikasi WhatsApp tiba-tiba logout kemungkinan besar ada pihak lain yang sedang menggunakan nomor telepon kamu untuk mengakses akun WA. 

Biasanya untuk login ke akun WhatsApp, untuk melakukan verifikasi kepemilikan akun WhatsApp akan memberikan OTP yang dikirim ke nomor akun yang terdaftar. Namun, dalam kasus penyadapan WhatsApp ini pelaku penyadapan memiliki banyak cara untuk login, dan mungkin melibatkan pemiliki akun tanpa disadari. 

2. Pesan Belum Dibuka, Tapi Telah Terbaca

Jika ada pesan masuk padahal kamu belum membukanya namun pesan tersebut statusnya sudah dibaca, ini juga menjadi salah satu tanda bahwa akun WA kamu sedang disadap. Kemungkinan pesan tersebut telah dibuka oleh pelaku penyadapan. 
 

3. Terlihat Online, Padahal sedang Tidak Aktif

Karena merasa aneh pada akun WA kamu, akan membuatmu penasaran dan mencoba memantau akun WA kamu dari hp orang lain. Saat kamu melihat status WA kamu online padahal kamu tidak membuka WA, bisa dipastikan akun WhatsApp kamu sedang disadap. 

4. Ada Kiriman OTP Yang Tidak Kamu Kehendaki

Jika kamu mendapatkan pesan yang berisi kode OTP, maka disarankan tidak memberikan kode OTP tersebut ke siapapun. Karena pelaku pintar memanfaatkan situasi, misalnya seperti berinteraksi dengan pengguna melalui platform lain, dan meminta pengguna untuk mengirimkan kode OTP yang baru saja dikirimkan untuk mendapatkan keuntungan / hadiah yang dijanjikan pelaku. 

Jika kode tersebut kamu berikan ke pelaku, alih-alih mendapatkan keuntungan yang dijanjikan akun kamu malah kesulitan mengakses akun WhatsApp kamu karena pelaku berhasil mengelabui untuk menyadap WhatsApp kamu. 

5. Mengirim Pesan Sendiri

Jika kamu merasa tidak mengirimkan pesan, tetapi ada status pesan yang terkirim itu berarti WhatsApp kamu sedang digunakan oleh orang lain. Ini adalah salah satu tanda sangat mudah diketahui, bahwa akun WhatsApp sedang disadap. 


Akhir kata, itulah beberapa cara mengetahui WhatsApp sedang disadap oleh Hacker atau pihak tertentu. Semoga informasi ini bermanfaat ya!
A Content Creator, Design CAD 3D, i like all about Technology.