Cara Mengatasi iPhone Masuk Air, Jangan Panik Dulu!

 


gadgetmiaw.com - Seperti yang kita ketahui barang elektronik sangat rentan rusak jika terkena air karena terendam, tercebur, atau tenggelam, tak terkecuali smartphone dari Apple yaitu iPhone. Jika iPhone masuk air dari kelalaian atau ketidaksengajaan pengguna, ada beberapa langkah yang akan memberikan pertolongan dan masih ada harapan mencegah iPhone mengalami kerusakan. 

Namun, jika terlambat dan sudah mengalami kerusakan yaang cukup parah mau tidak mau kamu harus memperbaiki iPhone tersebut ke Service Center sesegera mungkin. 

Tentu jika membawa ke Service Center, kamu akan dikenakan biaya yang lumayan besar. Nah, sebelum membawa iPhone yang masuk air ke Service Center, ada baiknya lakukan langkah-langkah saat iPhone masuk air dan mungkin saja masih iPhone kamu masih dapat tertolong. 


Cara Mengatasi iPhone Masuk Air

Berikut adalah langkah atau pertolongan pertama jika iPhone kemasukan air : 

Angkat iPhone Dari Air Sesegera Mungkin

Jika iPhone masuk ke air karena tercebur karena tidak sengaja, jangan panik dulu. Jangan biarkan iPhone didalam air dalam wkatu yang lebih lama. Langsung ngkat iPhone dari dalam air, supaya air tidak sempat masuk kedalam komponen mesin didalamnya. 

Matikan iPhone

Setelah mengangkat iPhone dari dalam air, langkah selanjutnya adalah mematikan iPhone jika iPhone kamu belum mati saat kamu angkat. Ini bertujuan untuk meminimalisir konslet, atau hubungan arus pendek (short) listrik. 

Bersihkan Kotoran Jika Terkena Air Yang Kotor

Jika iPhone masuk kedalam air yang kotor seperti kubangan atau lumpur, maka kamu harus membersihkan iPhone hingga bebas dari kotoran. Kamu dapat membersihkan dengan menggunakan kain basah, namun perlu hati-hati supaya air yang berasal dari kain tidak masuk kedalam mesin. Disarankan tidak membasahi kain secara berlebihan. 

Keringkan iPhone

Langkah selanjutnya adalah mengeringkan iPhone sampai benar-benar kering. Kamu dapat mempercepat pengeringan menggunakan tisu atau kain kering, dan Hair Dryer yang dapat memberikan hawa hangat ke sela-sela casing iPhone. 

Masukan iPhone Kedalam Beras Selama Beberapa Hari

Langkah seperti ini sering dilakukan oleh pengguna ponsel, jika ponsel mereka masuk air. Cara ini sudah ada sejak dulu, dan dipercaya berhasil untuk menangani ponsel yang masuk air seperti aksus iPhone masuk air ini. Karena beras dapat menyerap air bahkan dari dalam tempat yang sulit dijangkau. 

Kamu dapat memasukan iPhone kedalam beras dalam keadaan mati, dan diamkan selama beberapa hari disana. Hingga waktunya tiba dan iPhone sudah benar-benar kering, kamu dapat mencoba menyalakan kembali dan pastikan iPhone kamu dapat berfungsi kembali dengan baik. 


Akhir kata, itulah beberapa pertolongan pertama saat iPhone masuk air sebelum membawanya ke Service Center. Jadi saat kamu mengalami kejadian seperti ini jangan langsung panik, terapkan dulu langkah-langkah diatas dan mungkin saja iPhone kamu masih dapat terselamatkan. Jika setelah menerapkan beberapa pertolongan diatas, mungkin iPhone kamu sudah rusak parah dan harus segera dibawa ke Service Center untuk dilakukan perbaikan yang lebih mendalam. Semoga informasi ini bermanfaat ya!